Sukses

Cara Zodiak dalam Menghadapi Putusnya Pertemanan, Ada yang Kepoin Sahabatnya

Beberapa zodiak pasti akan menguntit mantan sahabatnya di Instagram. Kamu salah satunya?

Liputan6.com, Jakarta - Anda mungkin sudah beberapa kali mengalami rasanya putus cinta dengan pasangan. Namun begitu, tidak ada yang bisa mengalahkan putusnya pertemanan dengan sahabat Anda. Entah karena alasan tertentu atau sudah berbeda tujuan, sebagian dari kita tidak benar-benar siap terhadap hal itu. 

Itulah salah satu alasan mengapa putus persahabatan bisa dibilang lebih buruk daripada berpisah dengan pasangan. Butuh waktu lama untuk pulih dari putus cinta, tetapi Anda mungkin tidak akan pernah bisa sepenuhnya melupakan kehilangan seorang teman. Terutama jika Anda termasuk zodiak yang sensitif.

Melansir dari Bustle, Senin (16/9/2024), menurut Letao Wang, seorang astrolog dan konselor spiritual, setiap zodiak menghadapi putusnya pertemanan dengan cara yang berbeda. Beberapa orang menganggapnya sangat pribadi dan terlalu memikirkan kesalahan yang mungkin telah mereka lakukan.

Sementara yang lain mungkin bereaksi dengan marah dan bersumpah untuk tidak pernah memikirkan mantan teman mereka lagi — kecuali sesekali mengecek kehidupan mereka di Instagram. Dan beberapa orang yang beruntung mungkin bisa menerima semuanya dengan tenang, meskipun mereka diam-diam terluka di dalam hati.

Seperti yang dikatakan Wang, ini akan sangat menyakitkan bagi zodiak yang menghargai kesetiaan dan kepercayaan dalam hubungan mereka. Teruslah membaca untuk mengetahui cara masing-masing zodiak menangani putusnya hubungan dengan sahabat, menurut seorang astrolog.

Kira-kira apakah ini sangat menggambarkan dengan diri Anda juga? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Aries

Ketika Aries mengalami putus persahabatan, mereka cenderung bereaksi dengan banyak emosi. Sebagai fire sign yang dikuasai oleh Mars, planet aksi, ada kemungkinan besar mereka akan meninggalkan beberapa komentar Instagram atau mengirim beberapa paragraf melalui teks kepada mantan sahabat mereka.

Mereka ingin melampiaskan perasaan mereka, dan mereka bahkan mungkin meminta beberapa teman untuk mendukung mereka dan berada di pihak mereka selama kondisi ini. Namun, pada akhirnya, Wang mengatakan Aries akan tenang, move on, dan banyak belajar dari pengalaman tersebut.

2. Taurus

"Mereka yang lahir di bawah zodiak Taurus menghargai stabilitas dan kesetiaan dalam persahabatan mereka," kata Wang.

"Ketika menghadapi putus persahabatan, mereka mungkin mengalami rasa dikhianati dan membutuhkan waktu untuk memproses emosi mereka," sambungnya.

Sebagai earth sign dengan pandangan yang seimbang, Taurus akan menjauh dari lingkungan sosial mereka, menghabiskan waktu di rumah, dan merenungkan apa yang salah.

"Mereka akan berusaha memahami dinamika hubungan mereka sambil meyakinkan diri mereka sendiri tentang harga diri dan ketahanan mereka," ucapnya.

3 dari 7 halaman

3. Gemini

Saat pertama kali ada masalah, Gemini secara naluriah akan meminta bantuan teman-teman lainnya untuk mengatasi putusnya hubungan pertemanan. Sebagai zodiak yang sangat suka bersosialisasi, Wang mengatakan mereka mungkin juga akan merusak obrolan grup saat mereka membutuhkan kenyamanan dan dukungan.

Zodiak berelemen udara ini, yang dikuasai oleh Merkurius yang komunikatif, kemungkinan akan menyelami media sosial teman mereka juga. Tujuan mereka? Untuk melihat apa yang telah mereka lakukan tanpa teman-teman mereka.

Meskipun mereka mungkin berjuang menghadapi putusnya hubungan pada awalnya, "Gemini seringkali bangkit kembali dengan cepat," kata Wang.

Begitu mereka keluar dan beraktivitas, tidak butuh waktu lama bagi mereka untuk merasa optimis lagi.

4. Cancer

Sebagai zodiak yang sangat sensitif dan penyayang, Cancer cenderung merasakan beban emosional putusnya hubungan pertemanan lebih dari zodiak lainnya.

"Mereka mungkin menarik diri, meluangkan waktu untuk berduka atas kehilangan dan merenungkan perasaan mereka," kata Wang.

Sebagai water sign yang mencintai dan menghargai support system mereka, mereka cenderung akan bergantung pada keluarga dan teman dekat lainnya untuk meminta bantuan. Mereka juga akan menghargai keputusan mantan teman mereka untuk melanjutkan hidup — bahkan ketika mereka ingin menghubungi dan menyapa.

Setelah merenung sejenak, Cancer cenderung menyadari bahwa hubungan itu tidak cocok untuk mereka berdua, dan mereka akan mendoakan yang terbaik untuk teman mereka.

4 dari 7 halaman

5. Leo

Leo menghargai kelompok pertemanan mereka, jadi berselisih dengan salah satu anggotanya selalu merupakan kehilangan yang besar. Sebagai fire sign, "Mereka mungkin merespons dengan menunjukkan emosi yang dramatis, berusaha mengekspresikan rasa sakit mereka," kata Wang.

Mereka mungkin juga meminta untuk bertemu dengan teman mereka untuk terakhir kalinya sehingga mereka dapat berbagi perasaan mereka atau mengajukan pertanyaan yang membara. Putusnya hubungan akan menghabiskan pikiran mereka selama beberapa bulan, hingga suatu hari mereka bangun dan menyadari bahwa mereka telah resmi melupakannya.

Pada saat itu, "Seorang Leo mungkin menyalurkan perasaan mereka ke dalam kegiatan yang penuh gairah atau proyek kreatif sebagai cara untuk mendapatkan kembali energi dan fokus mereka," kata Wang.

6. Virgo

Seorang Virgo adalah tipe yang kurang tidur setelah putus persahabatan. Jika mereka adalah orang yang mengakhiri hubungan, mereka akan bertanya-tanya apakah mereka telah membuat pilihan yang tepat.

Termasuk kalau mereka menjadi orang yang dicampakkan, mereka akan menulis jurnal, berbicara dengan terapis mereka, dan menelepon ibu mereka untuk mencari jawaban.

Earth sign yang analitis ini akan mengatasi perasaan mereka dengan melakukan yoga, berjalan-jalan, dan berfokus pada pengembangan diri.

"Mereka akan menetapkan tujuan pribadi sebagai cara untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit emosional mereka," kata Wang.

5 dari 7 halaman

7. Libra

Seorang Libra akan melakukan apa pun untuk memperbaiki persahabatan yang gagal.

Seperti yang dikatakan Wang, "Mereka akan berusaha untuk membahas dampaknya dan berusaha untuk berdamai, karena menjaga keharmonisan adalah hal yang paling penting bagi mereka."

Air sign yang dikuasai Venus ini, yang diwakili oleh timbangan, akan mengajak teman mereka makan malam atau minum untuk mendapatkan mereka kembali. Mereka mungkin juga menelepon ibu teman mereka untuk mencari informasi yang berguna.

"Dalam upaya mereka untuk mencapai keseimbangan, mereka bahkan mungkin mencari mediasi dari teman bersama, menekankan komunikasi untuk memulihkan keseimbangan sosial mereka," kata Wang.

Jika tidak berhasil, mereka akan meminta teman-teman lain untuk menginap, menonton film, dan mengalihkan perhatian mereka sampai mereka merasa lebih baik.

8. Scorpio

"Scorpio memiliki perasaan yang mendalam dan bisa sangat setia, jadi ketika persahabatan berakhir, mereka mungkin merasa dicemooh," kata Wang.

Ini terutama berlaku jika persahabatan mereka benar-benar mendalam dan bermakna. Semakin dekat mereka dengan teman mereka, semakin besar kemungkinan mereka tidak akan pernah berbicara dengan mereka lagi.

Water sign yang intuitif ini, yang diperintah oleh Mars dan Pluto yang transformatif, akan merasa sangat terluka setelah putus cinta, sehingga mereka akan membutuhkan panggilan darurat dengan terapis mereka.

Mereka akan melampiaskan, menangis, dan mengeluarkan semuanya, lalu bersumpah untuk tidak pernah terluka dengan cara yang sama lagi.

“Introspeksi ini terkadang dapat membuat mereka muncul lebih kuat tetapi lebih waspada,” kata Wang. “Scorpio ingin melindungi diri mereka dari patah hati di masa mendatang.”

6 dari 7 halaman

9. Sagitarius

Meskipun Sagitarius tidak menikmati kegagalan dalam persahabatan, mereka sangat pandai bangkit dan melanjutkan hidup setelah hubungan mereka memburuk.

"Mereka akan menerima perubahan dan menganggapnya sebagai kesempatan untuk menjelajahi persahabatan dan petualangan baru," kata Wang.

Daripada membuang-buang tenaga untuk memikirkan apa yang salah atau apa yang mungkin terjadi, mereka akan berpegang teguh pada kenangan mereka dan mulai mencari yang baru. Sebagai zodiak yang diperintah Jupiter, mereka jarang membutuhkan waktu lama untuk menciptakan koneksi.

10. Capricorn

Capricorn cenderung memiliki reaksi yang tenang terhadap kegagalan dalam persahabatan.

"Mereka mungkin merasa kecewa tetapi akan fokus untuk mempertahankan tujuan dan tanggung jawab mereka, memperlakukan pengalaman itu sebagai pelajaran penting dalam perjalanan hidup mereka," kata Wang.

Jika mereka merasa sedikit sedih, mereka akan menemui terapis mereka, membicarakannya, dan melanjutkan hidup dalam seminggu.

"Dengan menekankan disiplin diri, mereka cenderung merenungkan apa yang dapat mereka pelajari dari berakhirnya hubungan dan mungkin mengambil langkah-langkah untuk memastikan persahabatan di masa depan lebih selaras dengan ambisi mereka," katanya.

7 dari 7 halaman

11. Aquarius

Aquarius melewati masa-masa sulit dalam persahabatan dengan mudah.

​​"Dikenal karena kemandiriannya, mereka seringkali bersikap acuh tak acuh," kata Wang.

Dalam beberapa kasus, mereka bahkan butuh beberapa hari untuk menyadari bahwa teman mereka mengabaikan mereka. Air sign ini, yang dikuasai Uranus yang inovatif, tidak akan merasa perlu menangis atau membuat masalah besar — ​​dan beberapa bahkan mungkin merasakan kelegaan karena hubungan yang menegangkan dan menyebalkan telah berakhir.

"Pemikiran progresif mereka juga dapat membuat mereka memandang berakhirnya persahabatan sebagai kesempatan untuk mengevaluasi kembali lingkaran sosial mereka, mencari koneksi yang lebih sesuai dengan nilai-nilai mereka yang terus berkembang," katanya.

"Kemampuan beradaptasi ini memungkinkan mereka untuk dengan cepat mengintegrasikan teman-teman baru ke dalam kehidupan mereka tanpa berkutat pada kehilangan di masa lalu."

12. Pisces

Pisces tidak pernah bisa melupakan masa-masa sulit dalam persahabatan. Mereka ingat pertengkaran yang mereka alami dengan sahabat mereka di kelas dua dan pertengkaran yang mereka alami dengan teman sekamar di perguruan tinggi. Setiap pengalaman membentuk mereka sebagai pribadi.

Sebagai water sign yang sangat sensitif, mereka akan berkubang di tempat tidur selama berhari-hari setelah putus pertemanan dan kemudian merasa seperti berada dalam kabut selama berbulan-bulan setelah itu.

Sebagai cara untuk pulih, Wang mengatakan seorang Pisces mungkin akan mencari cara untuk merasa lebih baik. Mereka akan menyalurkan emosi mereka ke halaman jurnal atau ke hobi baru.

Karena Pisces sangat berempati, mereka mungkin akan bertanya-tanya bagaimana mantan teman mereka menghadapi putus pertemanan, dan mereka bahkan mungkin mengirim surat atau pesan teks beberapa bulan kemudian untuk meminta maaf dan mendoakan yang terbaik bagi mantan teman mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.