Sukses

Shogun Sapu Bersih Emmy Awards 2024, Menang di 18 Kategori Termasuk Best Drama

Serial TV berbahasa Jepang “Shogun” mendominasi kategori serial drama di Emmy Awards 2024. Dengan total 18 kemenangan, serial ini memecahkan rekor untuk Emmy terbanyak untuk serial drama dalam satu tahun.

Liputan6.com, Jakarta Serial TV berbahasa Jepang “Shogun” mendominasi kategori serial drama di Emmy Awards 2024 pada hari Minggu, memenangkan empat kategori utama, termasuk: drama terbaik, penyutradaraan terbaik untuk serial drama, aktor utama luar biasa dalam serial drama, dan aktris utama luar biasa dalam serial drama.

Dengan total 18 kemenangan, serial ini memecahkan rekor untuk Emmy terbanyak untuk serial drama dalam satu tahun.

“Shōgun,” sebuah fiksi sejarah yang menggambarkan Jepang feodal abad ke-17 yang berada di tengah perang saudara, hampir memecahkan rekor Emmy Awards tahun ini dengan total 25 nominasi. Jumlah tersebut hanya terlampaui satu kali: pada tahun 2019, ketika “Game of Thrones” menerima 32 nominasi.

“Itu adalah proyek impian Timur-bertemu-Barat dengan penuh rasa hormat,” kata Hiroyuki Sanada, yang memerankan Yoshii Toranaga, saat menerima penghargaan untuk aktor utama dalam serial drama. "Dan ‘Shōgun' mengajarkan saya bahwa ketika orang bekerja sama, kita dapat membuat keajaiban."

Selain penghargaan akting besar, "Shōgun" juga dinominasikan untuk sejumlah penghargaan teknis, seperti desain produksi, musik dramatis orisinal, dan penampilan akrobat. Acara ini mengukir sejarah sebagai acara pertama yang membawa pulang 14 Emmy di upacara Creative Arts.

"Saya suka olahraga tim ini," kata Néstor Carbonell, yang memenangkan penghargaan untuk aktor tamu terbaik dalam sebuah drama, tentang kru.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dibuat selama satu dekade

Dibuat oleh FX, serial terbatas 10 episode ini memakan waktu satu dekade untuk dibuat dan memiliki pemutaran perdana yang memecahkan rekor di seluruh platform streaming pada bulan Maret. Menurut perusahaan induk Disney, acara ini mengumpulkan 9 juta penayangan secara global hanya dalam enam hari, melampaui pemutaran perdana "The Bear" Musim 2.

"Saya menangis sebelum nama saya diumumkan. Saya kacau hari ini," kata Anna Sawai saat menerima penghargaannya untuk aktris terbaik dalam serial drama. Menurut Variety, Sawai adalah pemain Asia pertama yang memenangkan kategori tersebut.

Sawai memerankan Toda Mariko, yang disebutnya sebagai "peran seumur hidup."

"Ini untuk semua wanita yang tidak mengharapkan apa pun dan terus menjadi contoh bagi semua orang," katanya.

 

3 dari 5 halaman

Mengungguli Squid Game

"Shōgun" adalah serial berbahasa asing Asia terbaru yang berkembang pesat di pasar AS dan internasional. Serial ini mengikuti "Squid Game," serial Netflix Korea Selatan yang juga membuat sejarah di Emmy pada tahun 2022. Aktor utama Lee Jung-jae menjadi orang Asia pertama yang memenangkan penghargaan untuk aktor utama luar biasa dalam serial drama.

Namun, 25 nominasi "Shōgun" tahun ini mengungguli "Squid Games" yang hanya memperoleh 14 nominasi dua tahun lalu.

Pakar film mengatakan orang Amerika menjadi lebih bersedia menonton produksi berbahasa asing dan membaca subtitle dalam beberapa tahun terakhir.

Sanada, yang juga berbicara dalam bahasa Jepang saat menerima penghargaan untuk drama terbaik, berterima kasih kepada mereka yang telah mewarisi kisah-kisah drama periode Samurai "hingga saat ini."

"Semangat dan impian yang kami warisi dari Anda telah melintasi lautan dan batas," katanya.

 

4 dari 5 halaman

Tentang apa Shogun?

Berdasarkan novel James Clavell dengan judul yang sama, drama ini berlatar tahun 1600. Dalam episode perdana dari serial 10 episode tersebut, Taiko (mantan penasihat utama kaisar) meninggal. Namun sebelum kematiannya, ia mengungkapkan rencananya untuk membentuk Council of Regents—yang terdiri dari lima panglima perang yang berseberangan—untuk memerintah hingga putranya cukup dewasa untuk menggantikannya. Di antara mereka adalah Lord Yoshii Toranaga.

“Lord Yoshii Toranaga berjuang untuk hidupnya saat musuh-musuhnya di Council of Regents bersatu melawannya,” ungkap FX, “ketika sebuah kapal Eropa misterius ditemukan terdampar di desa nelayan terdekat.”

Seperti yang dijelaskan oleh jaringan tersebut, serial tersebut mengikuti kisah Toranaga dan juga kisah pilot Inggris Protestan John Blackthorne—yang kapalnya terdampar di Jepang dan menerima informasi yang dapat memengaruhi para pesaingnya (pedagang Portugis dan pendeta Jesuit) serta Toranaga—dan Lady Toda Mariko, seorang wanita bangsawan dan penerjemah Kristen yang sedang menghadapi masa lalunya dan menjalin hubungan dengan Blackthorne.

Siapa saja yang berperan dalam Shogun?

Hiroyuki Sanada berperan sebagai Lord Yoshii Toranaga sementara Anna Sawai memerankan Lady Toda Mariko dan Cosmo Jarvis berperan sebagai John Blackthorne. Pemeran lainnya termasuk Tadanobu Asano, Hiroto Kanai, Takehiro Hira, Moeka Hoshi, Tokuma Nishioka, Shinnosuke Abe, Yuki Kura, Yuka Kouri, dan Fumi Nikaido.

 

5 dari 5 halaman

Di mana Anda dapat menonton Shogun?

Anda dapat menonton serial FX di Hulu dan Disney+.

Apakah akan ada musim kedua Shogun?

Ya! FX sebelumnya mengumumkan bahwa jaringan tersebut, Hulu, dan Estate of James Clavell tengah berupaya untuk memperpanjang serial tersebut untuk musim kedua dan musim ketiga.

Mengingat bagian pertama sudah ditayangkan dalam novel Clavell, bagian kedua kini harus lebih dari sekadar halaman.

"Ada banyak kekacauan, tetapi kekacauan kreatif, di mana kami mengerahkan segala daya yang kami miliki, melihat apa yang berhasil," Rachel Kondo, yang menciptakan acara tersebut bersama Justin Marks, mengatakan kepada The Hollywood Reporter pada bulan Juni. "Ini mengasyikkan sekaligus menegangkan karena, jelas, ini adalah wilayah yang belum dipetakan — kami tidak memiliki peta jalan, kami hanya memiliki sejarah."

Jadi dengan bantuan estate Clavell, lanjutnya, mereka "berusaha mempelajari proses kurasinya." Namun, Marks menambahkan, masih banyak pertanyaan yang tersisa.

"Ada banyak teori konspirasi hebat dalam sejarah, banyak teori berbeda tentang, 'Oh, konon ini terjadi, tapi ini benar-benar terjadi,' dan sudut-sudut gelap kecil itulah yang sangat kami nikmati untuk dijelajahi," katanya kepada The Hollywood Reporter—meskipun tampaknya tidak banyak pertanyaan tentang berapa lama serial ini akan berjalan.

"Musim ketiga benar-benar sebuah akhir," lanjutnya. "Kami tahu di mana itu dimulai, dan kami tahu di mana itu berakhir, dan kami tahu siapa yang ada di perjalanan itu. Kami hanya fokus pada bagian kedua sekarang untuk benar-benar memastikan kami bisa sampai ke titik itu. Namun, bagian kedua, seperti bab kedua, merupakan bab yang lebih gelap."

Kapan Shogun musim kedua akan tayang perdana?

Meskipun tanggal rilis resmi belum diumumkan, Sanada—yang juga merupakan salah satu produser acara tersebut—menyatakan bahwa mereka masih dalam tahap awal pengembangan.

"Kami memutuskan untuk terus maju," ungkapnya kepada Television Academy di belakang panggung Emmy Awards 2024, "tetapi hanya memulai ruang penulisan dan kemudian berpikir tentang di mana akan melakukan syuting."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.