Sukses

5 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Memperlancar Aliran Darah

Buah naga memiliki khasiat untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan zat besi di dalamnya mampu menjaga aliran tubuh agar tetap mengalir lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Buah naga, dengan kulitnya yang merah menyala dan bentuknya yang menyerupai sisik naga, bukan hanya menarik perhatian, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Keunikan tampilannya yang berbeda dari buah pada umumnya membuatnya menjadi salah satu buah yang paling mencolok.

Dikenal dengan rasa manis, buah naga juga menyegarkan tubuh. Bagian daging buahnya bisa berwarna merah atau putih, dan memiliki tekstur yang mengandung serat yang menyehatkan. Namun, keistimewaan buah ini tidak berhenti pada tampilannya saja. Buah naga juga kaya akan manfaat kesehatan.

Buah naga mengandung zat besi, vitamin C, dan antioksidan yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Oleh karena itu, ketahui beberapa manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh, Melansir dari Prevention, Selasa (17/9/2024).

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Buah naga, dengan teksturnya yang tebal dan biji-bijinya yang melimpah, bukan hanya memikat dengan penampilannya, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Biji-biji kecil pada buah ini mengandung asam lemak Omega-3 dan Omega-9, yang penting untuk menjaga kesehatan jantung.

Penelitian yang dipublikasikan dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences oleh Ehsani pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa Omega-3 memiliki sifat antiperadangan yang bermanfaat. Sifat ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung serta nyeri sendi. Selain itu, buah naga juga dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mental, seperti depresi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menyehatkan Tulang

Salah satu keunggulan buah ini adalah kandungan magnesiumnya yang cukup tinggi, mencapai sekitar 18%. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan banyak buah lainnya, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memperkuat tulang dan mencegah pengeroposan.

Magnesium memainkan peran penting dalam kesehatan tulang dengan membantu penyerapan kalsium dan mendukung kekuatan struktur tulang. Oleh karena itu, buah naga sangat bermanfaat bagi semua usia, tetapi terutama bagi mereka yang berada pada tahap usia pascamonopause.

Pada usia ini, wanita lebih rentan terhadap osteoporosis, sebuah kondisi yang menyebabkan pengeroposan tulang.

3 dari 5 halaman

3. Baik untuk Usus

Usus menjadi tempat bagi mikroorganisme bakteri untuk berkembang. Usus menjadi salah stau organ di tubuh yang menopang kesehatan tubuh. Untuk menjaga kesehatan usus diperlukan asupan yang mengandung banyak serat, salah satunya adalah buah naga.

Buah naga mengandung 7 gram serat yang baik untuk kesehatan usus. Kandungan seratnya mampu meningkatkan perkembangan bakteri baik seperti asam laktat dan bifidobacteria. Kedua bakteri ini mampu mengurangi risiko penyakit pada sistem pencernaan dan diare.

Bagi Anda yang mengalami sembelit atau diare ada dapat mengonsumsi buah ini dengan dimakan secara langsung atau diolah menjadi salad dan lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Memperlancar Aliran Darah

Buah naga memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi 8% dibandingkan dengan buah lainnya. Kandungan zat besi memiliki manfaat yang baik untuk memperlancar aliran darah pada tubuh. Dengan mengonsumsi zat besi, tubuh akan memproduksi hemoglobin lebih baik yang dapat membantu sel darah merah mengangkat oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi memiliki fungsi memecahkan makanan menjadi sumber energi bagi tubuh. Tidak hanya mengandung zat besi, buah naga juga mengandung vitamin C yang dapat menyerap zat besi.

Selain buah naga, beberapa sumber makanan mengandung zat besi yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah seperti ikan, daging, kacang-kacangan dan polong-polongan.

5 dari 5 halaman

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah naga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, terutama menjaga kekebalan tubuh. Ditambah dengan kandungan karotenoid-nya dapat mencegah kerusakan pada sel darah putih.

Sehingga, buah naga menjadi pilihan yang baik bagi orang yang mengonsumsinya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Ketika seseorang mengalami flu atau pilek, kemungkinan besar akan memilih buah jeruk sebagai asupan buah yang sehat. Namun, perlu diketahui bahwa Anda dapat mencoba untuk mengonsumsi buah naga yang kaya akan vitamin C untuk mengatasinya.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya mampu mencegah stres oksidatif yang dapat mencegah tertular penyakit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.