Sukses

Buktikan Umur Hanyalah Angka, Deretan Idol K-pop Ini Debut di Usia yang Lebih Tua dari Rata-Rata

Mereka berhasil membuktikan prestasi bahwa umur yang lebih tua saat debut bisa menjadi jaminan untuk tetap sukses di industri Kpop.

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang kita tahu bahwa beberapa agensi banyak memiliki trainee dan mendebutkan grup di usia yang relatif sangat muda. Meskipun sampai saat ini tampaknya bukanlah hal yang aneh karena ada beberapa idol Kpop yang umurnya masih di bawah usia legal di Korea Selatan yaitu 18 tahun. 

Namun rupanya, ada beberapa idol dari generasi sebelumnya yang berhasil melawan segala rintangan dan debut di usia yang "lebih tua" dari biasanya! Walaupun bisa dikatakan bahwa mulai dari usia 18 tahun ke atas hingga awal dua puluhan adalah usia yang paling umum untuk debut.

Ya, mungkin karier mereka bisa dikatakan "terlambat" dibandingkan yang lain, tapi kualitas mereka tetap mumpuni. Tidak jarang mereka menjadi anggota kesayangan dari grup mereka di kalangan penggemar. 

Dilansir dari Koreaboo, Rabu (18/9/2024), ini dia daftar idol Kpop yang memulai karier di usia yang jauh lebih tua dari biasanya. Di antaranya pun masih tetap eksis sampai sekarang, lho. Kira-kira ada idola Anda tidak, ya?

1. Park Bom (Ex 2NE1)

Park Bom lahir pada tanggal 24 Maret 1984, yang berarti usianya juga tua saat debut. Saat 2NE1 debut pada tanggal 17 Mei 2009, usianya 25 tahun, dan merupakan anggota tertua dalam grup tersebut (tetapi hanya berselisih beberapa bulan).

Setelah grup tersebut bubar, ia merilis album mini solo pertamanya pada tanggal 13 Maret 2019 di usianya yang hampir 35 tahun.

2. Sandra (Ex 2NE1)

Dara lahir pada tanggal 12 November 1984, hanya beberapa bulan lebih muda dari mantan anggota 2NE1 lainnya, Park Bom, Dara berusia 24 tahun saat grup tersebut debut pada bulan Mei 2009.

Sebelum debut, Dara aktif di Filipina sebagai selebritas dan baru bergabung dengan YG Entertainment sebagai trainee pada tahun 2007, saat berusia 23 tahun. Setelah dua tahun menjalani pelatihan, Dara debut sebagai visual dan vokalis grup K-Pop yang merupakan perwakilan girl crush pada tahun 2009! 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Irene Red Velvet

Irene Red Velvet adalah leader dan anggota tertua di grupnya, dan sebenarnya berlatih dan debut di usia yang jauh lebih tua daripada kebanyakan idol Kpop, lho!

Ia menjadi trainee setelah menamatkan sekolah menengah atas, pada usia 18 tahun di tahun 2009. Irene kemudian berlatih di bawah SM Entertainment selama 5 tahun, dan memulai debutnya sebagai leader, main rapper, main dancer, visual, dan center Red Velvet pada tahun 2014.

4. Kahi (Ex After School)

Mantan anggota After School, Kahi, memulai debutnya sebagai group leader dan anggota tertua pada tahun 2009!

Kahi bergabung dengan Pledis Entertainment setelah grup sebelumnya bernama S.Blush bubar, dan ia membantu merekrut anggota untuk girl grup baru agensi tersebut. Dia akhirnya debut sebagai pemimpin grup pada tahun 2009, di usia 29 tahun (30 tahun menurut usia Korea!)

5. Sojin (Girl's Day)

Sojin dari Girl's Day debut sebagai anggota tertua, leader, dan vokalis utama grupnya pada tahun 2010! Setelah diterima di Dream T Entertainment, Sojin debut di usia 25 tahun pada tahun 2010!

3 dari 5 halaman

6. Yoon Jisung

Walaupun Yoon Jisung kini telah menjadi artis solo, tetapi sebelum debut solonya, ia aktif sebagai pemimpin grup proyek Wanna One. Setelah menempati posisi ke-8 dalam acara survival Produce 101 Season 2, Jisung memulai debutnya sebagai pemimpin Wanna One pada tahun 2017, di usia 26 tahun!

Dua tahun kemudian, ia melakukan debut solo resminya di bawah LM Entertainment di usia 28 tahun!

7. CHECKMATE

Meskipun grupnya sudah bubar, bisa dibilang CHECKMATE menarik perhatikan karena menjadi grup campuran (co-ed) dengan usia anggota rata-rata yang lebih tua daripada kebanyakan grup lain yang debut pada saat itu. 

Di mana usia para anggota berkisar antara 22-27 tahun. Anggota tertua Sieun berusia 27 tahun, sedangkan maknae Noah berusia 22 tahun!

4 dari 5 halaman

8. J.Seph (KARD)

J.Seph dari KARD memulai debutnya sebagai rapper utama dan penari utama grup pada tahun 2016. Ia menjadi trainee di bawah naungan DSP Media pada tahun 2011 saat ia berusia 19 tahun, dan tetap berada di bawah naungan agensi tersebut sebagai trainee selama 5 tahun.

Ia akhirnya memulai debutnya pada tahun 2016 bersama KARD, saat ia berusia 24 tahun.

9. BM (KARD)

Tidak hanya J.Seph, BM adalah anggota KARD lainnya yang memulai debutnya di usia yang lebih tua.

BM bergabung dengan DSP Media sebagai trainee sekitar tahun 2011, saat ia berusia 19 tahun. Ia berlatih selama 4 setengah tahun, dan memulai debutnya sebagai penari utama dan rapper utama KARD pada tahun 2016, di usia 24 tahun.

5 dari 5 halaman

10. Solar (MAMAMOO)

Solar MAMAMOO seumuran dengan Irene, dan menjadi trainee di bawah naungan RBW Entertainment pada tahun 2011 saat ia berusia 20 tahun.

Bisa dibilang, ia "ditemukan" di sebuah mal tempat ia bernyanyi untuk mendapatkan hadiah. Lalu, setelah berlatih selama tiga tahun, ia debut sebagai leader, main vocal, dan visual MAMAMOO pada usia 23 tahun.

11. Moonbyul (MAMAMOO)

Moonbyul MAMAMOO adalah anggota lain dari grup yang menjadi trainee di usia yang jauh lebih tua dari biasanya!

Lahir pada tahun 1992, Moonbyul menjadi trainee di bawah naungan RBW Entertainment beberapa bulan sebelum Solar, pada usia 19 tahun. Sebelum bergabung dengan RBW, Moonbyul juga pernah berlatih di agensi lain, tetapi akhirnya memulai debutnya sebagai main rapper dan main dancer pada tahun 2014 pada usia 22 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kpop adalah kepanjangan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

    kpop

  • Idol kpol atau Idola Pop Kore adalah selebriti populer K-Pop, yang telah berlatih keras selama bertahun-tahun. Yang telah melewati berbagai

    Idol Kpop

  • Girlband asal Korea Selatan asuhan YG Entertainment
    Girlband asal Korea Selatan asuhan YG Entertainment

    2NE1

  • red velvet