Sukses

Mudah Dilakukan, Ikuti 6 Cara Agar Irisan Apel Tidak Cepat Berubah Warna

Ini dia kiat dan trik dari ahli untuk apel yang tidak cepat berubah warnanya menjadi kecokelatan.

Liputan6.com, Jakarta Jika ditanya apa buah favorit, mungkin sebagian besar dari Anda akan menjawab buah berwarna merah yang satu ini. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah buah apel.

Bisa dibilang apel merupakan salah satu buah kesukaan dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Terlebih saat masuk ke dalam mulut, rasa segar dan manis, serta tekstur renyahnya pasti membuat tenggorokan lebih nyaman.

Ada beberapa cara dalam menikmati buah ini. Pertama ada yang suka memakannya secara langsung. Namun, ada juga yang lebih suka mengirisnya lebih dahulu baru dikonsumsi. Ada orang-orang yang mengupas kulitnya dulu baru dimakan. Nah, Anda sendiri lebih suka yang mana?

Anda mungkin juga menyadari bahwa apel yang sudah diiris gampang sekali berubah warna menjadi kecokelatan. Padahal, Anda sudah berusaha untuk menyiapkan bekal yang sehat dan bernutrisi untuk diri sendiri, anak atau pasangan.

Menghimpun informasi dari Parade, Kamis (19/8/2024), ada beberapa kiat-kiat terbaik dari para ahli agar irisan apel tidak cepat berubah warna menjadi cokelat. Apa pun cara Anda dalam mengirisnya, pengalaman mengemil apel Anda akan menjadi jauh lebih baik.

Kenapa Irisan Apel Menjadi Cokelat?

Kita semua pernah mengalaminya: Anda mengiris apel di pagi hari dan pada waktu makan siang, daging apel yang tadinya putih berubah menjadi cokelat. Anda dapat menyalahkan enzim yang disebut polyphenol oxidase (PPO), yang menyebabkan apel teroksidasi saat dipotong. Oksigen + PPO = irisan apel yang tampak kecokelatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Apel Menjadi Cokelat

Sekarang setelah kita tahu penyebabnya, bagaimana cara mencegah apel menjadi cokelat? Para ahli telah merangkumkannya dengan beberapa cara. Anda sendiri tinggal menyesuaikannya saja dengan kebutuhan:

1. Lapisi apel dengan larutan madu dan air

Anna McGorman, VP of Culinary di Milk Bar dan orang kepercayaan Christina Tosi, mengatakan larutan air madu adalah metode rumahan yang disukainya untuk mencegah apel teroksidasi. Selain yang sudah jelas, jangan potong sampai Anda membutuhkannya.

"Madu bersifat asam secara alami, jadi cara kerjanya sama seperti lemon, tetapi saya lebih suka rasa yang sangat sedikit yang diberikannya," ungkapnya. "Tambahkan satu sendok makan madu per 1 cangkir air untuk membuat apel Anda berendam dalam air madu yang nikmat."

2. Makan segera mungkin

Ini mungkin tidak perlu dikatakan, tetapi semakin cepat Anda memakan apel, semakin sedikit warna cokelat yang akan terjadi, kata petani buah premium dan pendiri Gee Whiz Apple, Grady Auvil.

3 dari 4 halaman

3. Tambahkan perasan lemon

"Yang penting kadar asamnya tetap tinggi," kata Olivia Yi, yang mengelola Twin Star Orchards dan Brooklyn Cider House di New Paltz, NY, bersama ayahnya, Peter Yi.

"Memeras lemon akan membantu mencegah apel menjadi cokelat. Kami juga memperhatikan bahwa apel kami yang sangat asam tidak terlalu cepat berubah warna menjadi cokelat, jadi ingatlah bahwa apel yang lebih asam akan lebih tahan lama dipotong daripada varietas yang lebih manis yang lebih cepat berubah warna menjadi cokelat," katanya.

4. Cobalah rendaman garam

Meskipun madu mungkin merupakan cara yang lebih manis, menggunakan rendaman garam telah lama berhasil.

"Celupkan apel dalam air dingin yang diberi sedikit garam, lalu tiriskan dan keringkan," saran Auvil.

Anda tidak perlu banyak garam (sekitar 1/2 sendok teh garam kosher per cangkir air) dan Anda hanya perlu merendam irisan apel selama sekitar 10 menit. Jika Anda merasakan rasa asin, bilas irisan apel sebelum dimakan.

4 dari 4 halaman

5. Batasi paparan udara

Jika Anda tidak memiliki jus lemon, madu, atau garam seperti misalnya mungkin Anda sedang berkemah, gunakan kiat lain dari Auvil. Bungkus irisan apel dengan rapat dalam plastik atau simpan dalam kantong kedap udara.

6. Petik apel saat musimnya dan beli yang lebih keras

"Semakin lunak apel, semakin besar kemungkinan warnanya akan kecokelatan," Auvil memperingatkan. Kiat profesional lainnya untuk rak buah dan sayur di toko kelontong? "Periksa buah yang bebas dari noda," tambahnya. "Seperti halnya buah yang memar, memar akan cenderung lebih cepat kecokelatan atau membusuk."

Bisakah Anda Mengiris Apel Sebelum Waktunya?

Menurut McGorman, jika Anda menggunakan salah satu metode di atas, Anda akan sangat berhasil mengiris apel sebelum waktu yang ditentukan.

"Saya cenderung tidak membiarkannya lebih dari 12 jam (bahkan yang sudah diolah), tetapi jangan khawatir—apel yang agak kecokelatan masih layak untuk dimakan," katanya.

Berapa Lama Apel Irisan Dapat Bertahan?

Auvil mengatakan apel irisan dapat bertahan selama 2-5 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara dan kering di kulkas yang bebas dari kelebihan air. Hanya memiliki kantong plastik? Tempat penyimpanan makanan silikon yang dapat digunakan kembali juga akan berguna untuk menyimpan sisa apel, seperti halnya wadah penyimpanan apel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.