Sukses

5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Salah Satunya Meningkatkan Fungsi Otak

Buah alpukat baik untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau diolah menjadi jus. Buah ini mampu mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.

Liputan6.com, Jakarta - Buah alpukat adalah salah satu jenis buah yang mengandung lemak tinggi. Lemak tinggi baik untuk tubuh manusia di antaranya sebagai sumber energi, mampu membantu meyerap vitamin yang masuk ke tubuh, dan dapat melindungi organ tubuh.

Buah dengan kulit dan daging khas berwarna hijau serta bagian dalamnya tampak biji dikotil ini mampu memberikan kesehatan bagi tubuh. Jika Anda rutin mengonsumsinya Anda akan memperoleh banyak khasiat yang dapat mencegah berbagai penyakit. Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan cara diolah dan dijadikan jus atau langsung dimakan.

Buah ini baik untuk melindungi tubuh dari beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit kardiovakular dan penyakit berbahaya lainnya. Dilansir dari Health, Kamis (19/09/2024) ditemukan khasiat dari buah alpukat bagi kesehatan tubuh sebagai berikut

1. Melindungi Mata

Buah berwarna hijau ini mampu memberikan khasiat untuk kesehatan mata. Kandungan antioksidan, lutein, dan zeaxanthin di dalamnya memberikan khasiat membuat penglihatan menjadi lebih jelas. Hal ini terjadi karena kandungan antioksidan tersebut mengandung pigmen makula yang baik untuk mata.

Dengan mengonsumsi alpukat setiap hari, Anda telah membantu meningkat pigmen makula dan melindungi mata dari berbagai penyakit seperti rabun. Selain itu, alpukat dapat menyerap lutein karena memberikan lemak sehat. Sehingga, bagi Anda yang memiliki gangguan mata disarankan untuk rutin mengonsumsi alpukat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya memberikan kesehatan pada mata, alpukat juga mampu meningkatkan fungsi otak manusia. Alpukat kaya akan lutein fitokimia berupa beta karoten dan vitamin A. Lutein tidak hanya ditemukan di mata, tetapi juga ada pada otak.

Jika Anda rutin mengonsumsi alpukat setiap hari, maka Anda telah berupaya meningkatkan kesehatan kognitif. Anda telah meningkatkan cara kerja pada tes memori. Sehingga, Anda mampu mengingat sesuatu dengan baik dan tidak mudah lupa.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Usus sebagai tempat pencernaan makanan di dalam tubuh mampu menampung mikroorganisme dan materi genetik sebanyak triliunan. Selain itu, usus juga bertugas memisahkan mikroorganisme bakteri baik dan jahat di dalam tubuh manusia. Bakteri baik di dalam tubuh memiliki fungsi memberikan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit peradangan serta penyakit kronis yang menyerang.

Jika Anda sering mengonsumsi alpukat maka akan memberikan perubahan yang positif dengan meningkatnya jumlah mikroba yang bertugas mendukung kesehatan usus. Sehingga, usus Anda menjadi sehat dan sistem pencernaan Anda menjadi lancar.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah alpukat juga dapat tubuh dari penyakit jantung. Hal ini terjadi karena buah alpukat mampu memperbaiki profil lipid atau kadar lemak di dalam darah. Buah ini mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Sehingga, setelah Anda rutin mengonsumsi buah ini Anda akan mendapatkan tubuh yang sehat dan berat badan yang stabil. Dengan mengonsumsi buah ini Anda terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan. Selain itu, kandungan kalium di dalamnya mampu mengurangi dan mengobati tekanan darah tinggi.

5 dari 5 halaman

5. Mencegah kanker

Tidak hanya mencegah penyakit jantung, buah alpukat juga dipercaya mampu mencegah penaykit kanker yang akan menyerang tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya memberikan kesehatan dipercaya untuk mencegah penyakit kanker. Kandungan antioksidan di dalam buah ini yang mampu mencegah penyakit kanker di antaranya lutein, zeaxanthin, beta karotein, dan vitamin E.

Kandungan di dalam buah alpukat ini dipercaya mengobati penyakit kanker seperti menghentikan perkembangan sel kanker prostat dan kanker mulut. Buah ini dapat diolah menjadi jus jika Anda ingin meminumnya. Jika Anda memiliki riwayat penyakit kanker, Anda dapat mengonsumsi buah ini dengan rutin untuk membantu mengobatinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.