Sukses

5 Bahan Alami yang Dapat Diolah Menjadi Masker Wajah untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak disebabkan oleh meningkatnya zat minyak berupa sebum. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat menggunakan beberapa bahan alami yang dapat meredakan penumpukan minyak di wajah.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit berminyak merupakan hasil dari produksi sebum yang berlebihan dalam kelenjar sabasea yang terlentang di bawah kulit. Sebum dapat meningkatkan faktor seperti genetik, perubahan hormon, atau karena stres.

Sebum merupakan zat berminyak yang terbuat dari lemak. Sebum mampu melindungi dan melembabkan kulit agar tetap sehat dan berkilau. Namun, jika sebum diproduksi secara berlebihan maka akan menimbulkan kulit berminyak, pori-pori terhambat, dan munculnya jerawat.

Hal ini yang terkandung menjadi masalah bagi seseorang yang memiliki wajah berminyak dan berjerawat. Namun, untuk mengatasi hal tersebut ditemukan bahan-bahan alami yang dapat meredakan kulit berminyak seperti yang dilansir dari Healthline, Jumat (20/09/2024) berikut ini

1. Madu

Madu adalah makanan yang memberikan kesehatan bagi tubuh. Madu dipercaya dapat mengatasi masalah pada kulit wajah. Kandungan antibakteri dan antiseptik baik untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Selain itu, humektan alami pada madu dapat memberikan kelembaban pada kulit dan tidak menghasilkan minyak. Jika wajah Anda adalah tipe wajah yang berminyak, Anda dapat menggunakan masker madu untuk meredakan jerawat dan kulit berminyak. Oleskan madu tipis ke wajah, kemudian tunggu hingga 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal memiliki khasiat menenangkan kulit dari peradangan dan mengatasi minyak berlebihan yang menyerap ke kulit. Sereal gandum ini mampu melepaskan sel kulit mati pada kulit. Anda dapat mengaplikasikannya ke wajah dengan cara membuat masker oatmeal.

Untuk membuat masker oatmeal pertama yang harus Anda lakukan adalah campuran oatmeal dengan air panas, kemudian aduk hingga menjadi sebuah pasta. Tambahkan madu di dalam campuran air dan oatmeal. Kemudian, oleskan pasta otmeal ke wajah Anda. Tunggu hingga 5 - 10 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3 dari 5 halaman

3. Lidah Buaya

Tidak hanya memberikan kesehatan pada rambut, kulit buaya juga dapat meredakan luka bakar dan kondisi kulit. Lidah buaya baik untuk meredakan kulit yang berminyak. Bahkan, mampu meredakan kulit bersisik akibat minyak yang menumpuk di wajah.

Namun, perlu diketahui bahwa lidah buaya memiliki sensitivitas terhadap kulit yang menyebabkan alergi jika Anda tidak cocok. Untuk mengeceknya coba letakan lidah buaya ke lengan bagian bawah jika selama satu hingga dua hari tidak ada tanda-tanda alergi, maka tanaman ini cocok untuk Anda gunakan sebagai masker wajah yang meredakan kulit berminyak. Oleskan lidah buaya pada wajah Anda sebelum tidur dan biarkan hingga pagi. Kemudian, bilas dengan air bersih.

4 dari 5 halaman

4. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang dapat mengobati jerawat. Kandungan asam ini mampu menyerap minyak berlebihan pada kulit wajah dan membersihkan pori-pori. Anda dapat mencoba untuk menggunakan masker wajah.

Cara membuat masker wajah dengan tomat sangat mudah. Belah tomat menjadi beberapa bagian. Kemudian, oleskan ke kulit wajah dengan cara diputar-putar dengan merata. Tunggu hingga 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

5 dari 5 halaman

5. Lemon dan Putih Telur

Campuran lemon dan putih telur dipercaya sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi kulit berminyak. Bahan alami ini dapat mengencangkan pori-pori di wajah Anda. Lemon mengandung antibakteri yang dapat membantu menyerap minyak.

Namun, bagi Anda yang memiliki alergi terhadap telur disarankan untuk tidak menggunakan masker lemon dan telur ini. Untuk membuat masker ini langkah pertama campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon. Kemudian, oles ke wajah Anda hingga merata. Tunggu sampai kering dan bilas dengan air hangat, lalu keringkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.