Sukses

Mudah Didapat, 5 Bahan Alami Ini Mampu Melembabkan Kulit Kering

Kulit kering disebabkan oleh kulit wajah yang tidak mampu memproduksi minyak dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu menggunakan sunscreen dengan baik. Selain itu, Anda juga dapat mmecoba masker alami.

Liputan6.com, Jakarta - Kulit kering bisa menjadi masalah bagi banyak individu. Wajah yang memiliki tipe kulit kering seringkali terlihat kusam, kaku, dan bahkan terasa ditarik.

Masalah ini umumnya disebabkan oleh rendahnya produksi sebum, zat minyak alami yang berfungsi melembapkan kulit. Ketika sebum tidak diproduksi dengan baik, kulit menjadi kekurangan kelembapan.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi produksi sebum. Salah satunya adalah kurangnya perlindungan dari sinar matahari. Tidak menggunakan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan dapat memperburuk kondisi kulit.

Selain itu, pemilihan kosmetik yang tidak sesuai, perubahan hormon, serta paparan radikal bebas juga berkontribusi pada masalah kulit kering.

Untuk mengatasi kulit kering, penting untuk memilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Rutin menggunakan sunscreen juga menjadi langkah kunci agar kulit tetap terhidrasi. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan beberapa bahan alami yang efektif meredakan kulit kering.

Namun, ada beberapa bahan alami yang mampu mengatasi masalah kulit kering di wajah, seperti melansir dari Wild & Stone, Jumat (20/9/2024).

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mampu memberikan kelembaban pada kulit. Memiliki sifat merekatkan serta kandungan asam lemak di dalamnya mampu menutrisi dan mengelastiskan kulit Anda. Minyak kelapa membantu melembabkan kulit bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengambil sedikit minyak kelapa. Kemudian, oles dan pijatkan pada bagian wajah. Setelah itu, keringkan sekitar 5 menit dan bilas dengan air bersih. Pilihlah minyak kelapa yang organik dan tidak terhidrogensi serta mengandung minyak kelapa dengan jumlah yang tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Tidak hanya menyehatkan tipe kulit berminyak, tanaman ini juga ampuh untuk menyehatkan tipe kulit kering. Sebab kandungan antioksidan di dalamnya mampu melembabkan dan menghidrasi.

Khasiat lainnya dari lidah buaya adalah mampu memperbaiki sel kulit mati dan memberikan kekuatan pada struktur kulit. Untuk membuat masker wajah lidah buaya sangat mudah, Anda cukup mengambil ekstrak gel yang ditutupi oleh daun lidah buaya. Kemudian, oleskan ke kulit wajah Anda.

3 dari 5 halaman

3. Madu

Madu dapat menarik air dari dalam kulit. Sehingga, cocok bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kering. Kandungan nutrisi dan antioksidan di dalamnya dapat meregenerasi kulit mati dan mengurangi kemerah pada kulit wajah.

Sehingga, madu adalah obat tradisional yang cocok untuk mengobati kulit kering. Anda dapat membuat olahan masker madu. Kemudian, oleskan pada wajah dengan cara dipijat tujuannya untuk menghidrasi kulit Anda serta meningkatkan elastisitas dan kekencangan kulit. Setelah merata, tunggu hingga kering dan bilang dengan air hangat.

4 dari 5 halaman

4. Timun

Secara keseluruhan, kandungan antioksidan dan vitamin di dalam timun mampu menyehatkan kulit. Timun memiliki kandungan air sebanyak 96% yang mampu memberikan kelebaban pada kulit. Tidak hanya melembabkan kulit, timun juga dapat memberikan sensasi menenangkan ke kulit Anda.

Untuk mengaplikasikan masker timun caranya mudah, Anda hanya perlu mem-blender timun hingga halus. Kemudian, saring air timun dan sari-sarinya. Ambil sari-sari timun tersebut dan oleskan ke wajah Anda secara merata. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

5 dari 5 halaman

5. Oatmeal

Oatmeal dapat membantu menghilangkan sel kulit mati. Sifat antiperadangan dan antioksidan yang dimiliki oatmeal membantu menyediakan lapisan pelindung kulit untuk mencegah kehilangan air berlebihan dan tetap melembabkan. Untuk pengaplikasian ke kulit wajah Anda dapat menjadikan oatmeal sebagai masker.

Anda cukup mencampurkan air hangat dan oatmeal, kemudian aduk hingga menjadi pasta. Lalu dioleskan ke wajah Anda hingga kering. Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan berendam dengan menggunakan bubuk oatmeal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.