Sukses

5 Item Starter Pack Mahasiswa Baru yang Bikin Kuliah Lebih Mudah

Memasuki semester baru sudah saatnya memulai kehidupan dan suasana baru. Di sinilah pentingnya punya starter pack mahasiswa baru biar kamu nggak kaget menghadapi semuanya.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki semester baru sudah saatnya memulai kehidupan dan suasana baru, mulai dari jadwal kuliah yang padat, tugas-tugas yang menumpuk, kerja kelompok bahkan organisasi dan juga adaptasi di lingkungan baru. Nah, di sinilah pentingnya punya starter pack mahasiswa baru biar kamu nggak kaget menghadapi semuanya.   

Berbeda dengan masa sekolah, kamu hanya dihadapi dengan tugas-tugas seperti kerja kelompok dan individual. Jika sudah memasuki perkuliahan, bukan hanya buku-buku mata pelajaran spesifik yang perlu dipersiapkan, tapi ada banyak hal lain yang harus masuk dalam starter pack mahasiswa baru kamu.

Penasaran apa saja starter pack mahasiswa baru yang wajib dibawa? Yuk kita kupas tuntas satu persatu agar perkuliahanmu semakin mudah dan asik.

1. Laptop dengan Spesifikasi Mumpuni

Laptop menjadi salah satu device yang wajib mahasiswa miliki, karena laptop akan menjadi teman belajar dari awal masuk hingga kamu lulus nanti. Mulai dari presentasi hingga menjalani praktikum kamu akan menggunakan laptop. 

Bukan hanya itu, kamu juga wajib bertanya spesifikasi apa yang cocok berdasarkan jurusan yang kamu ambil. Hal ini akan memengaruhi kinerja kamu selama belajar. Sebagai contoh, jika kamu jurusan IT, maka yang perlu kamu perhatikan seperti RAM, processor, storage, resolusi layar laptop dan baterai. 

Jika kamu jurusan di luar IT atau teknik, maka kamu hanya membutuhkan spesifikasi laptop yang memadai untuk menyimpan dokumen kuliah selama pembelajaran berlangsung.

2. Notebook dan Alat Tulis

Bukan hanya laptop, di perkuliah juga masih membutuhkan alat tulis layaknya di sekolah. Namun, di sini kita dapat melihat perbedaan tipe notebook dan alat tulis yang kita gunakan. Kamu bisa menggunakan notebook digital atau notebook biasa untuk mencatat materi perkuliahanmu. 

Untuk mahasiswa baru, setidaknya membutuhkan 2-3 notebook khusus untuk mencatat materi kuliah. Kamu juga bisa menyediakan notebook sebanyak mata kuliah yang kamu ambil. Tujuannya adalah agar catatanmu lebih terorganisir dan memudahkan kamu jika nanti ada ujian atau praktik. 

Selain itu, ada beberapa alat tulis juga yang wajib kamu siapkan, terutama pen, sticky notes dan juga stabilo. Ketiga jenis alat tulis tersebut sangat dibutuhkan untuk meng-highlight poin-poin penting pada catatanmu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Smartphone dengan Aplikasi Penunjang

Smartphone menjadi salah satu alat komunikasi yang tak dapat dipisahkan, apalagi di era yang serba digital. Memiliki smartphone bukan hanya sebagai alat komunikasi, namun juga perlu menginstall beberapa aplikasi penting yang wajib kamu punya.

- Google Drive

Agar memori laptopmu tidak cepat habis, kamu bisa menginstall Google Drive pada smartphone untuk menyimpan dokumen penting seperti, file catatan kuliah, foto dan video. Aplikasi ini juga dapat membuat dokumen lebih terorganisir.

- Duolingo dan Aplikasi Penerjemah

Berbeda dengan sekolah yang hanya fokus satu bahasa, di perkuliahan setidaknya kamu bisa menggunakan bahasa asing misalnya saja bahasa Inggris. Hal ini karena hampir segala materi seperti jurnal yang dosen bagikan itu dalam bahasa Inggris.

- Transportasi Online

Aplikasi transportasi online sangat dibutuhkan selama kamu menjalani kuliah. karena kita juga perlu memiliki manajemen waktu yang baik agar tidak telat datang ke kampus. 

4. Tas yang Nyaman dan Multifungsi

Starter Pack yang tak kalah penting dan wajib kamu siapkan adalah tas yang nyaman dan multifungsi. Mahasiswa baru identik dengan ospek, yang mana kamu perlu membawa banyak barang untuk kebutuhan selama ospek. Hindari tote bag atau shoulder bag dengan kapasitas besar karena dapat membahayakan punggung karena tidak seimbang. Kamu bisa menggunakan backpack agar segala macam barang-barangmu muat dalam satu tas.

 

3 dari 3 halaman

5. Baju yang Rapi, Sopan dan Nyaman

Tidak seperti semasa sekolah yang menggunakan seragam, salah satu starter pack mahasiswa baru yang tak kalah penting adalah dengan menggunakan outfit bebas tapi tetap rapi, sopan, dan nyaman. Kamu perlu menyesuaikan kebijakan dengan masing-masing fakultas, karena terdapat perbedaan di setiap fakultas atau jurusan yang menandakan ciri khas suatu fakultas itu sendiri. 

Dengan menyiapkan 5 starter pack mahasiswa baru di atas, perjalananmu menjadi mahasiswa baru akan lebih menyenangkan dan jauh lebih efisien. Tak hanya membantu kamu dalam menyelesaikan tugas, namun 5 item di atas juga dapat mempermudah manajemen waktu selama mengikuti perkuliahan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan mental dan fisik selama menjalani kuliah. Jadikan momen sebagai langkah menuju masa depan yang lebih baik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.