Sukses

Old Shanghai Hadirkan Tradisi dan Kuliner Nusantara dalam Festival Kue Bulan

Dengan dukungan Perempuan Indonesia Tionghoa (PINTI), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, acara ini menjadi salah satu perayaan besar yang memadukan budaya Tionghoa dan Nusantara.

Liputan6.com, Jakarta Old Shanghai kembali menggelar acara tahunan "Shanghai’s Mooncake Festival" di Sedayu City, Kelapa Gading, mulai 10 hingga 22 September 2024. Dengan dukungan Perempuan Indonesia Tionghoa (PINTI), Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, acara ini menjadi salah satu perayaan besar yang memadukan budaya Tionghoa dan Nusantara.

Festival Kue Bulan, atau dikenal juga sebagai Festival Pertengahan Musim Gugur, merupakan salah satu tradisi penting dalam budaya Tionghoa selain Tahun Baru Imlek. Dirayakan selama lebih dari 3.000 tahun, festival ini menjadi simbol kebersamaan, persatuan keluarga, dan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah.

Di Old Shanghai, pengunjung dapat merasakan perpaduan unik budaya Tionghoa dan Nusantara, menikmati kuliner dari pelaku UMKM, mengikuti lomba menyanyi lagu Mandarin, serta memenangkan berbagai doorprize menarik.

Jarenta Sinaga, Operation Commercial Retail 1 Deputy Division Head - Commercial Retail 1 Sedayu City, menyampaikan, “Konsep acara ini menggabungkan budaya Nusantara dan Tionghoa, sehingga semua lapisan masyarakat dapat merasakan suasana kebersamaan. Bukan sekadar merayakan budaya, tetapi juga mempererat persaudaraan antar komunitas dan memperkenalkan budaya Tionghoa kepada khalayak luas. Kami juga berharap festival ini memberikan dukungan bagi UMKM lokal dalam mengembangkan usaha mereka.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Puncak acara mooncake festival

Puncak acara "Shanghai’s Mooncake Festival" berlangsung pada 17 September 2024, dengan pelepasan balon Zeppelin yang membawa ratusan harapan dari para pengunjung dalam program "Flight To The Moon." Momen ini menjadi simbol harapan yang disaksikan oleh pengunjung tepat pukul 19.30 WIB.

Selama festival, pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan seperti Wayang Hokkian, Tari Wayang Jekdong, pertunjukan Wushu, Lomba Menghias Lampion, Demo Membuat Mooncake, Barongsai, dan Fashion Show. Acara-acara ini menambah kekayaan pengalaman budaya yang bisa dinikmati seluruh kalangan.

 

3 dari 3 halaman

Hingga 80 tenant

Terletak di Sedayu City Kelapa Gading, Old Shanghai menghadirkan lebih dari 80 tenant yang terdiri dari makanan halal hingga restoran legendaris. Pengunjung juga dapat menikmati promo dan diskon spesial sepanjang bulan September dari berbagai tenant.

Selain menikmati kuliner, Old Shanghai menawarkan arsitektur autentik kota Shanghai dengan spot foto Instagramable, seperti mural artistik, pagoda, dan lampion-lampion indah yang tersebar di area Dragon Alley, Empress Garden, hingga Phoenix Gate.

Old Shanghai buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, dan khusus akhir pekan serta hari libur nasional, mulai pukul 07.00 hingga 23.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.