Sukses

Tidak Hanya Rutin Minum Air Putih, 4 Cara Alami Ini Mampu Meredakan Sakit Sinus

Penyakit sinus menyebabkan produksi lendir berlebihan yang dapat menekan wajah. Untuk meredakannya Anda dapat melakukan uap dan banyak minum air putih.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda memiliki riwayat penyakit sinus? Penyakit sinus menyebabkan batuk berlebihan hingga sakit kepala.

Sinus adalah peradangan yang terjadi di bagian sinus di antaranya rongga kosong dahi, hidung, hingga tulang pipi. Ketika sakit sinus menyerang yang terjadi adalah sinus meradang menyebabkan pembengkakan dan produksi lendiri berlebihan. Lendir yang berlebihan membuat tekanan dan nyeri di wajah Anda.

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit infeksi pernapasan atas, alergi, dan asma mungkin untuk terserang penyakit sinus. Penyakit ini dapat diatasi dengan cara melakukan pemeriksaan ke dokter.

Namun, untuk meredakan dan mengobati secara alami dilansir dari Everyday Health, Minggu (22/09/2024) ditemukan beberapa cara alami dan kebiasaan mudah untuk dilakukan di rumah sebagai berikut

1. Uap Wajah

Ada cara yang dapat lakukan untuk meredakan infeksi sinus Anda yang dapat dilakukan di rumah yaitu dengan melakukan uap. Menghirup uap mampu membersihkan jaringan sinus dan membersihkannya. Selain itu, dengan melakukan uap saluran sinus akan menghangat dan melembab.

Cara melakukan uap wajah ini sebelumnya Anda perlu merebus air di panci hingga sedikit merebus. Kemudian, tutup kepala Anda dengan handuk dan bungkukkan badan sehingga wajah menghadap ke panci yang terisi air hangat. Beri jarak antara wajah dan air hangat agar tidak terkena mata dan bagian wajah lainnya. Anda dapat melakukan kegiatan ini sekitar 15 – 30 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Yoga

Latihan yoga juga dapat membantu meredakan sinus Anda. Posisi kepala ditinggikan dapat memberikan sedikit tekanan pada sinus. Posisi ini memberikan kelegaan pada jaringan sinus.

Bentuk yoga yang cocok untuk meredakan sinus adalah bhastrika Pranayama. Pertama yang harus Anda lakukan adalah duduk dengan kedua kaki disilang dengan kondisi tubuh rileks. Kemudian, tarik napas secara mendalam dan hembuskan. Latihan ini cocok untuk dilakukan pada pagi dan sore hari.

3 dari 5 halaman

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Tubuh membutuhkan asupan yang sehat baik orang yang sehat maupun yang sakit. Begitu pula dengan Anda yang memiliki riwayat sakit sinus, Anda perlu memberikan asupan makanan dan minuman ke tubuh Anda. Mengonsumsi jenis makanan seperti bawang, apel, teh hijau, dan anggur merah yang mengandung antioksidan adalah asupan yang baik untuk meredakan sinus Anda.

Kandungan antioksidan quercetin yaitu pigmen pada tumbuhan mampu meredakan peradangan. Untuk meredakan sinus, antioksidan ini mampu menstabilkan sel-sel tubuh yang melepaskan histamin. Histamin adalah zat yang menyebabkan gejala alergi bertugas merangsang lendir.

4 dari 5 halaman

4. Rutin Minum Air Putih

Sinus juga disebabkan oleh tubuh yang membutuhkan cairan. Kekurangan cairan menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi yang menyebabkan kekentalan lendir sinus. Bagi Anda yang memiliki riwayat sakit sinus disarankan untuk banyak minum air putih.

Anda dapat minum air putih sebanyak enam sampai delapan gelas per hari. Jika tubuh sudah memperoleh air yang cukup maka sinus Anda akan tetap lembab dan kekentalan lendir berkurang. Selain itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol.

5 dari 5 halaman

5. Mengganti Pilihan Susu

Sebagian orang menyukai minuman susu karena rasanya yang khas. Susu memiliki fungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi. Namun, bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit sinus disarankan untuk tidak meminum susu.

Bagi penderita sinus, susu dapat memicu alergi dan menyebabkan produksi lendir sinus berlebihan. Namun, ada beberapa jenis susu yang dapat dikonsumsi dan baik untuk Anda seperti susu almond, susu gandum, dan susu kacang mete. Anda dapat memilah susu yang dapat diminum untuk meredakan sakit sinus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.