Sukses

5 Tips Hemat yang Dapat Kamu Lakukan untuk Menghindari Kebiasaan Belanja Berlebihan

Beberapa cara dapat kamu lakukan untuk mengubah gaya hidup boros menjadi gaya hidup hemat. Kamu dapat melakukan kebiasaan menabung dan mencoba untuk membuka bisnis.

Liputan6.com, Jakarta - Membeli barang-barang yang lucu dan menarik adalah hal yang paling menyenangkan bagi sebagai orang. Hal ini terkadang menjadi kepuasan bagi mereka karena dapat membeli barang tersebut.

Namun, terkadang hal semacam ini dapat mejadi kebiasaan seseorang menjadi implusive buying atau kebiasaan membeli barang yang bahkan tidak masuk ke dalam rincian belanjaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti dorongan untuk memenuhi keinginan, sebagai kesenangan saat sedang mengalami stress berlebihan, dan adanya diskon yang menggiurkan.

Terbiasa menerapkan gaya hidup boros akan akan menghabiskan uang dan menimbulkan penyesalan. Kamu akan merasa bahwa ada hal yang lebih penting untuk dilakukan dengan uang yang kamu punya. Untuk mengatasi hal tersebut kamu dapat melakukan beberapa cara menghemat uang seperti yang dilansir dari BFI Finance, Senin (23/09/2024) seperti di bawah ini

1. Biasakan Menabung

Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari gaya hidup boros adalah dengan menabung. Jika kamu adalah pemula mungkin akan sulit bagimu untuk menyisihkan uang. Namun, bukan tidak mungkin kamu tidak bisa bisa melakukan.

Coba untuk membuat target nominal harian yang harus kamu sisihkan. Tidak perlu langsung dengan nominal yang besar, sisihkan semampumu sesuai dengan perhitungan pengeluaran harian. Jika kamu melakukannya dengan konsisten, maka kamu akan terbiasa menyimpan uang dan tidak boros lagi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Berbelanja dengan Bijak

Setiap orang punya hak untuk berbelanja. Jika memiliki uang maka kamu bisa berbelanja apapun yang kamu inginkan. Namun, penting bagi dirimu untuk memilih barang yang kamu beli.

Hal ini dilakukan untuk menghindari godaan berbelanja sesuatu yang tidak dibutuhkan. Sehingga, kamu punya cukup uang untuk disimpan. Cara yang dapat kamu lakukanlah agar tidak berbelanja dengan boros adalah membuat rincian catatan tentang kebutuhan yang memang harus dibeli.

3 dari 5 halaman

3. Bawa Makanan dari Rumah

Membawa bekal adalah salah satu cara hidup hemat. Kamu tidak perlu membeli makanan di luar untuk makan siang atau saat sedang istirahat. Selain menghemat, kamu juga telah menjaga tubuhmu untuk selalu memberi asupan makanan sehat dan bergizi.

Berbeda jika kamu membeli makanan dari luar. Kamu akan mengeluarkan uang lebih untuk membelinya. Selain itu, kamu juga tidak mengetahui makanan tersebut higienis atau tidak. Hal ini juga dapat mengurangi risiko terjangkit penyakit.

4 dari 5 halaman

4. Belanja Saat Diskon

Jika kamu ingin membeli barang dengan harga yang cukup fantastis, maka kamu dapat menunggu saat diskon tiba. Hal ini dapat mengurangi pengeluaran berlebihan. Kamu juga akan memperoleh barang yang diinginkan.

Namun, ajang diskon ini jangan digunakan untuk melakukan belanja secara foya-foya. Sebab jika hal itu kamu lakukan akan menjadi kebiasaan yang membuat dirimu menjadi boros. Tetap berbelanja perhatian kebutuhan dari barang yang kamu beli.

5 dari 5 halaman

5. Mencoba Berbisnis

Salah satu cara hidup hemat dan menguntungkan adalah dengan mencoba berbisnis. Berbisnis tidak harus dilakukan dalam skala besar, kamu bisa memulai dengan skala kecil. Seperti bisnis barang, baju, atau makanan sesuai dengan modal yang kamu punya.

Berbisnis memang tidak sepenuhnya menguntungkan diri. Namun, dengan berbisnis kamu berusaha mengelola uang dengan tujuan memperoleh keuntungan. Sehingga, kamu tidak akan menghamburkan uang dengan hal-hal yang tidak penting karena kamu berpikir bahwa uang sangat berharga. Hal ini juga membuat dirimu menjadi bijak dalam menggunakan uang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.