Sukses

5 Manfaat Minum Air Jahe Sebelum Beraktivitas, Salah Satunya Menjaga Berat Badan

Rutin minum air jahe pada saat perut kosong memberikan khasiat bagi tubuh Anda. Terutama jika Anda minum air jahe saat perut kosong. Air jahe dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Jahe tergolong ke dalam rempah-rempah yang biasanya dijadikan sebagai bahan obat-obatan tradisional dan bumbu masakan untuk memberikan kelezatan pada makanan.

Selain itu, jahe juga dapat diolah menjadi minuman yang menyehatkan. Untuk membuat minuman jahe Anda dapat mengelolanya dengan cara direbus. Jahe juga dapat menjadi minuman yang menghangatkan tubuh. Jenis-jenis minuman jahe yang dapat menghangatkan tubuh seperti rebusan air jahe, sekoteng, wedang, bajigur, dan sebagainya.

Minum air jahe sangat cocok saat cuaca dingin dan saat tubuh mengalami kedinginan sepeti menggigil. Namun, tahukan Anda bahwa minum air jahe dapat dilakukan setiap hari. Anda cukup merebus air dengan jahe. Minum air jahe dapat dilakukan secara rutin setiap hari. Dilansir dari Times Entertainment, Selasa (24/09/2024) ada beberapa khasiat yang di dapat jika Anda rutin minum air jahe.

1. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Jahe dipercaya mampu membantu melancarkan pencernaan. Penelitian Journal of Gastroenterology and Hepatology mengatakan bahwa ketika Anda minum air jahe, Anda telah mengosongkan lambung dan membantu makanan bergerak dengan cepat menuju usus halus. Rutin minum air jahe saat perut kosong mampu meningkatkan sistem pencernaan sepanjang hari. 

Kandungan senyawa gingerol dan shogaol dalam jahe mampu menenangkan dan meningkatkan saluran pencernaan dan mengurangi gejala mual. Hal ini disebabkan oleh kandungan kedua senyawa tersebut memiliki sifat anti-inflamasi. Air jahe juga mampu menyerap nutrisi makanan secara efektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Air jahe dipercaya mampu menurunkan berat badan. Menurut penelitian di European Journal of Nutrition menjelaskan bahwa jahe dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan termogenesis yang dapat membakar kalori. Ketika Anda meminum air jahe saat tubuh kosong, maka Anda telah berupaya menurunkan beberapa kilo lemak di tubuh.

Selain menjaga metabolisme, jahe juga dapat mengendalikan nafsu makan. Sehingga, tubuh memiliki kontrol untuk menerima asupan makanan dan membuat Anda tidak memberikan makan ke tubuh Anda secara berlebihan. Hal ini membuktikan bahwa jahe dapat menjaga berat badan melakukan peningkatan metabolisme dan pengendali nafsu makan.

3 dari 5 halaman

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Secara signifikan jahe mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Jahe mengandung antioksidan yang berfungsi menetralisir radikal bebas yang berusaha masuk ke tubuh. Kandungan antioksidan di dalam jahe memberikan kekuatan dalam menjaga dan melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit kronis yang mungkin meyerang tubuh Anda.

Sifat anti-inflamasi pada jahe dapat menurunkan risiko infeksi yang membuat kekebalan tubuh menurun. Sehingga, minum air jahe menjadi pilihan terbaik untuk melindungi sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk memaksimalkan khasiatnya Anda dapat meminu air jahe saat perut sedang kosong atau pada pagi hari.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Peradangan dan Nyeri

Peradangan terjadi saat sistem imun berusaha melindungi tubuh dari infeksi dan cedera. Peradangan kronis menjadi penyebab tubuh terserang penyakit. Jenis sakit yang disebabkan oleh peradangan seperti radang sendi dan penyakit kardiovakular seperti stroke, jantung, kanker, dan paru-paru.

Kandungan senyawa gingerol dan shogaol dalam jahe memiliki sifat anti peradangan yang kuat. Menurut penelitian The Journal of Pain, jahe memiliki khasiat mengurangi nyeri dan sakit pada otot tubuh. Sehingga, minum air jahe cocok untuk menjaga kondisi peradangan agar tetap sehat.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebagian orang sangat menjaga kesehatan kulitnya. Sebab, kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang dapat dilihat oleh orang lain. Minum air jahe dengan rutin mampu menjaga kesehatan kulit Anda.

Kandungan Antioksidan yang ada pada jahe memiliki kekuatan untuk melawan radikan bebas. Sehingga, kulit Anda terhindar dari penuaan dan kerusakan. Jahe mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV dan meningkatkan elastisitas kulit. Sifat anti-peradangan jahe juga mampu melawan kerusakan kulit seperti jerawat dan iritasi kulit lainya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.