Sukses

Selain Menurunkan Kolestrol, Berikut 5 Khasiat Rutin Konsumsi Buah Apel

Buah apel memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat dan antioksidan di dalamnya mampu menjaga tubuh dari serangan penyakit berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Apel adalah buah yang simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat Anda dapat mengenggamnya.

Buah Apel kaya akan kandungan antioksidan dan serat yang memberikan kesehatan bagi tubuh manusia. Untuk mengkonsumsi buah apel, Anda dapat langsung memakannya atau mengolahnya menjadi sebuah jus.

Buah ini memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Jika Anda rutin menginsumsi buah Apel Anda akan terhindar dari berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Sehingga, tubuh Anda tetap sehat. Dilansir dari Cleverland Clinic, Selasa (24/09/2024) terdapat beberapa khasiat buah apel bagi kesehatan tubuh Anda sebagai berikut.

1. Menstabilkan Gula Darah

Apel kaya akan serat dan rendah gula. Ketika Anda makan buah apel kadar glukosa dalam darah akan tetap stabil. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung kadar glukosa tinggi, maka kemungkinan besar tubuh Anda akan terserang penyakit diabetes tipe 2.

Namun, jika Anda rutin mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan serat dan antioksidan maka tubuh Anda akan terhindar dari penyakit diabetes. Kandungan antioksidan dalam apel mampu menjaga pankreas dari kerusakan sehingga insulin tetap dapat diproduksi dengan baik. Selain itu, kandungan serat di dalamnya mampu menghambat penyerapan glukosa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol menyebabkan aliran darah menunju jantung terhambat. Hal ini terjadi karena kolesterol menyumbat arteri. Ketika Anda mengonsumsi buah apel kadar kolesterol dalam darah akan menurun.

Hal ini terjadi karena serat jenis pektin mengikat dan membuang kolesterol dalam sistem pencernaan. Dengan mengonsumsi buah apel setiap hari Anda telah mengurangi kadar kolesterol sekitar 5% sampai 8%. Sehingga, Anda terhindar dari penyakit yang membahayakan jantung Anda.

3 dari 5 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah

Darah yang mengalir melalui pembuluh darah akan rusak jika Anda memiliki tekanan darah yang tinggi. Hal ini memicu Anda terserang penyakit stroke dan serangan jantung. Untuk mencegah tekanan darah tinggi, Anda perlu menjaga pola makan yang sehat.

Penelitian di Amerika mengatakan bahwa apel mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Antioksidan di dalam kulit apel memiliki khasiat memperlancar aliran darah. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4 dari 5 halaman

4. Meredakan Peradangan

Peradangan adalah salah satu cara untuk melawan infeksi dan menyembuhkan kerusakan pada jaringan. Namun, peradangan hanya membutuhkan waktu sebentar. Jika peradangan terjadi secara terus-menerus yang terjadi adalah kerusakan dan menyebabkan penyakit.

Untuk meredakan sakit peradangan, Anda dapat mengonsumsi buah apel. Buah apel memiliki sifat antiperadangan yang dapat mengurangi peradangan. Dengan mengonsumsi buah apel Anda dapat memperbaiki peradangan yang kronis dengan bantuan protein c-reaktif dalam darah. Selain itu, buah apel dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan melindungi tubuh dari penyakit asam.

5 dari 5 halaman

5. Meningkatkan Kesehatan Usus

Usus menyimpan banyak mikroorganisme di dalam tubuh. Jenis mikroorganisme yang ada di dalam tubuh manusia dibedakan menjadi mikroorganisme baik dan mikroorganisme jahat. Untuk meningkatkan mikroorganisme baik dan menurunkan mikroorganisme jahat  dalam tubuh, Anda dapat mengonsumsi buah apel.

Buah apel mengandung Quercetin yang dapat menghambat mikroorganisme jahat yang tubuh di dalam usus. Sedangkan, kandungan pektin di dalam buah apel mampu meningkatkan mikroorganisme baik dalam tubuh. Ketika Anda rutin mengonsumsi buah apel artinya Anda telah meningkatkan kesehatan usus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.