Sukses

7 Resep Jus yang Bisa Bikin Rambut Sehat, Kuat dan Berkilau

Jus mengandung berbagai nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayuran, serta memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan rambut.

 

 

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki rambut panjang dan berkilau kini bukan lagi sekadar impian. Dengan mengonsumsi segelas jus buah dan sayuran segar, Anda bisa memberikan perawatan yang dibutuhkan rambut Anda.

Jus mengandung berbagai nutrisi yang terdapat dalam buah dan sayuran, serta memberikan hidrasi yang sangat dibutuhkan rambut. Nutrisi ini tidak hanya membantu memperkuat helai rambut, tetapi juga meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan.

Ketika diaplikasikan secara topikal, jus juga dapat menutrisi kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Beberapa jus buah efektif untuk pertumbuhan rambut yang kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral, dan antioksidan. Berikut jus yang bisa Anda konsumsi untuk membantu membuat rambut Anda lebih kuat, berkilau, dan bercahaya, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (26/9/2024).

1. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten dan vitamin E, dua nutrisi penting untuk kesehatan rambut. Beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan pertumbuhan sel folikel rambut. Selain itu, vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan kulit kepala.

Cara membuat:

  • Kupas dan potong wortel.
  • Blender wortel dengan setengah cangkir air, beberapa tetes air jeruk lemon, daun mint, dan sedikit garam hingga halus.
  • Setelah tercampur rata, gunakan menjadi masker rambut.

2. Bayam

Bayam merupakan sumber zat besi, vitamin A, dan vitamin C yang sangat baik. Zat besi penting untuk sirkulasi darah, yang mendukung nutrisi ke folikel rambut. Vitamin A membantu mengurangi kerontokan rambut, sementara vitamin C merangsang pertumbuhan sel folikel.

Cara membuat:

  • Ambil 10-15 lembar daun bayam.
  • Blender dengan secangkir air, dan tambahkan mentimun serta daun mint untuk rasa yang lebih segar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

3. Aloe Vera

 

Aloe vera dikenal karena kandungan vitamin dan asam amino yang baik untuk rambut. Enzim yang terdapat dalam aloe vera menutrisi kulit kepala dan membantu menjaga kelembapan, serta meredakan gatal dan ketombe.

Cara membuat:

  • Ambil satu atau dua daun aloe vera, bersihkan, dan biarkan tegak selama 30 menit.
  • Kupas dan ambil gelnya. Campurkan dengan mentimun dan daun mint untuk dikonsumsi, atau aplikasikan langsung pada rambut.
3 dari 6 halaman

4. Timun

 

Timun kaya akan antioksidan dan memberikan kelembapan pada kulit kepala, yang penting untuk pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin A dalam timun mendukung produksi sebum, minyak alami yang menjaga kelembapan kulit kepala.

Cara membuat:

  • Kupas dan potong satu timun.
  • Blender dengan sedikit garam hingga halus dan nikmati.
4 dari 6 halaman

5. Jeruk

 

Buah jeruk kaya akan vitamin C, yang berperan penting dalam meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C juga membantu mempercepat transisi fase telogen ke fase anagen, mendukung pertumbuhan rambut yang lebih baik. Selain itu, limonin dalam jeruk juga berperan dalam merangsang fase pertumbuhan rambut.

Cara membuat:

  • Ambil 1-2 buah jeruk, seperti jeruk manis atau jeruk bali.
  • Kupas dan potong menjadi dua bagian.
  • Blender dengan beberapa lembar daun mint dan sedikit garam sesuai selera.

 

5 dari 6 halaman

6. Kiwi

 

Kiwi adalah sumber vitamin C dan E yang kuat, yang membantu melindungi rambut dari kerusakan akibat radikal bebas. Mineral seperti seng, magnesium, dan fosfor dalam kiwi juga berperan penting dalam meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mendukung kesehatan kulit kepala dan rambut.

Cara membuat:

  • Ambil 2 buah kiwi, potong menjadi dua (tidak perlu dikupas).
  • Blender kiwi hingga halus.
  • Saring jika ingin mendapatkan jus yang lebih encer, atau nikmati begitu saja.

 

6 dari 6 halaman

7. Kelapa

 

Air kelapa mengandung banyak vitamin, mineral, dan elektrolit yang membantu menutrisi kulit kepala dan folikel rambut. Kalium dalam air kelapa meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, memberikan nutrisi ke akar rambut. Sifat hidrasi air kelapa juga mencegah kekeringan dan ketombe.

Cara membuat:

  • Ambil air kelapa dari satu atau dua buah kelapa muda.
  • Nikmati air kelapa segar untuk manfaat optimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.