Sukses

5 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Memiliki Tubuh Sehat dan Bugar

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar maka mulailah dengan rutinitas seperti berolahraga, memberikan asupan yang seimbang, dan tidak merokok. Dengan melakukan hal tersebut, tubuh Akan terpacu untuk menjalani hari dengan semangat.

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh yang sehat adalah kunci untuk menjalani kehidupan yang produktif. Ketika kita berbicara tentang kesehatan, kita merujuk pada kondisi tubuh yang bebas dari penyakit. Sementara itu, kebugaran menggambarkan kemampuan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari dengan penuh energi.

Ketika tubuh Anda dalam kondisi sehat dan bugar, segala aktivitas yang Anda lakukan akan terasa lebih ringan dan menyenangkan. Energi yang melimpah membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas harian dengan lebih efisien.

Selain itu, kesehatan fisik juga berdampak positif pada suasana hati. Ketika merasa bugar, Anda cenderung berpikir positif dan lebih siap menghadapi tantangan sehari-hari.

Sebaliknya, jika tubuh Anda tidak sehat atau sedang sakit, aktivitas sehari-hari bisa menjadi sangat sulit. Anda mungkin merasa lemas dan tidak berdaya, membuat semua tugas terasa berat. Rasa ingin beristirahat yang berkepanjangan akan menghambat produktivitas dan mengganggu mood Anda.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, ada berbagai rutinitas yang harus Anda lakukan. Penasaran apa saja? Ini dia ulasannya, seperti dilansir dari Godigit, Kamis (26/9/2024):

1. Tingkatkan kualitas tidur

Jika Anda ingin agar tubuh tetap sehat dan bugar setiap hari, salah satu cara yang harus Anda lakukan adalah meningkatkan kualitas tidur. 

Tidur yang cukup dapat menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Hal ini terjadi karena memiliki kualitas tidur yang baik mampu memberikan manfaat positif bagi suasana hati Anda, Sehingga Anda tidak mudah terpengaruh ke hal-hal yang negatif.

Selain itu, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan konsentrasi dan keterampilan motorik. Secara kesehatan, memiliki kualitas tidur yang baik mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular, kesehatan kognitif dan sistem kekebalan. Anda membutuhkan waktu tidur selama 6 hingga 8 jam sehari untuk memulihkan kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Asupan makanan yang seimbang

Tubuh yang sehat dan bugar berasal dari asupan makanan yang seimbang. Makanan seimbang artinya makanan yang terdiri dari jenis makanan dan jumlah serta kualitas makanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Sehingga, Anda tidak memberikan asupan makanan ke dalam tubuh secara berlebihan dan tidak sehat.

Makanan yang seimbang yakni makanan yang mengandung protein, vitamin, dan mineral dalam ukuran yang cukup. Biasanya orang memiliki pola makan yang berbeda, tetapi untuk memperoleh tubuh yang sehat dan bugar, Anda perlu memberikan asupan makanan yang seimbang ke dalam tubuh meskipun pola makannya berbeda dengan orang lain.

Selain itu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan siap saji. Mulailah dengan mengonsumsi buah-buahan sayur-sayuran kacang-kacangan dan biji-bijian segar.

3 dari 5 halaman

3. Berolahraga

Olahraga adalah kunci dari tubuh yang sehat dan bugar. Olahraga memiliki banyak jenis. Salah satu olahraga yang mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama adalah berjalan kaki.

Hal ini dapat dilakukan saat Anda beraktivitas atau menuju ke suatu tempat seperti sekolah kantor, dan sebagainya. Berjalan kaki juga dapat mengurangi berat badan berlebihan dan melancarkan peredaran darah, sehingga kebugaran otot meningkat. Berolahraga juga dapat membawa energi yang positif dalam kehidupan.

4 dari 5 halaman

4. Minum air putih

Minum air putih sangat dianjurkan untuk kesehatan tubuh. Hal ini membuat tubuh tetap terhidrasi dalam situasi apapun. Selain itu, air putih juga dapat memastikan tubuh tetap berfungsi secara optimal untuk menjaga energi seharian selama beraktivitas.

Untuk memperoleh energi yang baik, Anda perlu mengonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 16 gelas sehari. Tidak hanya memberikan energi yang cukup, air putih juga dapat menjaga sistem pencernaan.

Hal ini terjadi karena tubuh yang terhidrasi mampu membuang racun melalui kulit dan urine sehingga tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

5 dari 5 halaman

5. Hindari merokok dan minum alkohol

Jika Anda memiliki rutinitas merokok dan suka minum alkohol, maka bersiaplah untuk memperoleh tubuh yang tidak sehat dan selalu merasa lemas.

Ketika merokok, Anda akan merasa kecanduan dan hal ini terjadi karena kandungan nikotin di dalam rokok. Selain itu, rokok mengandung 4000 senyawa kimia dan 400 racun termasuk tar dan karbon monoksida.

Hal ini menyebabkan tubuh rentan terhadap penyakit seperti jantung, stroke, paru-paru, kanker mulut, tenggorokan, pankreas dan sebagainya.

Tidak hanya rokok, ketika Anda suka minum alkohol, maka Anda akan mengalami beberapa gejala penyakit seperti tekanan darah tinggi, sirosis hati, kanker hati, gangguan memori dan sebagainya. Gaya hidup semacam ini yang membuat tubuh Anda menjadi tidak sehat dan tidak bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.