Sukses

Maggie Smith Meninggal Dunia, Daniel Radcliffe hingga Raja Charles III Beri Penghormatan

Kepergian Maggies Smith meninggalkan duka. Sosok-sosok terkenal memberi penghormatan atas kepergiannya

Liputan6.com, Jakarta Dame Maggie Smith meninggal dunia di usia 89 tahun. Kepergian sosok yang terkenal lewat film Harry Potter dan Downton Abbey ini kemudian dikenang sebagai "legenda sejati" dunia akting.Penghormatan diberikan oleh Raja Charles III serta banyak lawan mainnya dari kariernya yang panjang.

Raja Charles III menggambarkannya sebagai "harta nasional", sementara Sir Keir Starmer mengatakan dia "dicintai banyak orang karena bakatnya yang hebat".

Bintang Harry Potter Daniel Radcliffe dengan senang hati mengenang "kecerdasannya yang hebat" dan "lidahnya yang sangat tajam".

Miriam Margolyes mengatakan dia adalah "yang terbaik dari yang terbaik", yang memadukan "keganasan, sedikit kenakalan, kegembiraan, dan kelembutan".

"Dan keberanian yang luar biasa. Saya kagum padanya, seperti semua rekannya," kata Margolyes kepada BBC News.

"Saya melihat betapa baiknya dia sebagai orang - dan juga sangat menakutkan."

Dame Maggie dikenal karena lidahnya yang tajam di layar maupun di luar layar selama kariernya yang beragam dan diakui yang berlangsung selama delapan dekade.

Dalam film Harry Potter, ia memerankan Profesor Minerva McGonagall yang pedas, terkenal karena topi penyihirnya yang runcing dan sikapnya yang tegas terhadap para penyihir muda di Hogwarts.

Sebagai penghormatan, Radcliffe berkata: "Ia adalah seorang yang sangat cerdas, memiliki lidah yang sangat tajam, dapat mengintimidasi dan memikat dalam sekejap dan, seperti yang akan dikatakan semua orang, sangat lucu."

"Saya akan selalu menganggap diri saya sangat beruntung bisa bekerja dengannya, dan menghabiskan waktu bersamanya di lokasi syuting."

"Kata legenda terlalu sering digunakan, tetapi jika itu berlaku untuk siapa pun di industri kami, maka itu berlaku untuknya. Terima kasih, Maggie."

Emma Watson berkata bahwa ia tidak begitu menghargai bahwa Hermione muda berbagi layar "dengan definisi kehebatan yang sebenarnya" hingga ia dewasa.

Dalam unggahannya di Instagram, ia mengenang sang bintang sebagai sosok yang "nyata, jujur, lucu, dan menghargai diri sendiri".

"Maggie, ada banyak profesor laki-laki dan demi Tuhan, Anda mampu bertahan."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terlibat dalam Downtown Abbey

Dalam drama populer ITV Downton Abbey, ia memerankan Violet Crawley, Dowager Countess of Grantham, matriark agung yang sangat piawai dalam membuat kalimat-kalimat pendek yang pedas selama enam seri acara tersebut.

Di tempat lain dalam kariernya, ia memenangkan dua Oscar - untuk The Prime of Miss Jean Brodie pada tahun 1970 dan California Suite pada tahun 1979. Ia memperoleh empat nominasi lainnya, dan menerima tujuh penghargaan Bafta.

Dalam sebuah pernyataan, Raja dan Ratu Inggris berkata: "Saat tirai ditutup untuk sebuah harta nasional, kami bergabung dengan semua orang di seluruh dunia untuk mengenang dengan kekaguman dan kasih sayang yang terdalam atas banyak penampilannya yang hebat, dan kehangatan serta kecerdasannya yang bersinar baik di luar maupun di atas panggung."

Hugh Bonneville, yang memerankan Earl of Grantham di Downton Abbey, berkata: “Siapa pun yang pernah beradu akting dengan Maggie akan mengakui ketajaman matanya, kecerdasannya, dan bakatnya yang luar biasa.

"Ia adalah legenda sejati generasinya dan untungnya akan terus hidup dalam begitu banyak penampilan layar lebar yang luar biasa."

 

3 dari 6 halaman

Tak ada yang seperti Maggie

Dame Maggie kembali memerankan karakternya dalam dua film Downton Abbey. Dalam Downton Abbey: A New Era yang dirilis tahun 2022, karakternya meninggal karena penyakit yang ia ungkapkan di akhir film tahun 2019.

Rekan mainnya, Dame Harriet Walter mengatakan kepada program PM di BBC Radio 4 bahwa ia ahli dalam komedi dan drama.

"Ia komedian sejati, tetapi saya juga pernah melihatnya memainkan beberapa peran yang sangat menyentuh hati, dalam, dan menyedihkan, yang merupakan hal yang sangat umum bagi seorang aktris seperti dirinya," katanya.

"Jika ia hanya sekadar lucu atau sekadar tragis, ia tidak akan memberikan kesan seperti itu." Michelle Dockery, yang memerankan cucu perempuan Dame Maggie di layar kaca, Lady Mary Crawley, mengatakan kepada BBC: "Tidak ada seorang pun yang seperti Maggie."

"Saya merasa sangat beruntung telah mengenal seorang pembangkang seperti dia. Dia akan sangat dirindukan dan pikiranku bersama keluarganya."

Lesley Nicol, yang memerankan juru masak Downton Abbey, Mrs Patmore, mengatakan kepada BBC Radio Ulster: "Kami adalah kelompok orang yang sangat dekat, jadi kami semua hancur karena mengingat dia tidak ada lagi."

Pencipta dan penulis Downton Abbey, Julian Fellowes, mengatakan kepada majalah Variety bahwa dia "menyenangkan, halus, berlapis-lapis, cerdas, lucu, dan menyayat hati".

 

4 dari 6 halaman

Mendapat nominasi Oscar

Downton mengikuti kesuksesan drama periode tahun 2002 Gosford Park, yang membuat Dame Maggie mendapatkan nominasi Oscar dan Bafta karena memerankan Dowager Countess of Trentham.

Dame Kristin Scott-Thomas, yang membintangi bersama Dame Maggie di Gosford Park, mengatakan bahwa dia "menganggap akting sangat serius tetapi melihat melalui omong kosong dan kemewahan".

"Dia benar-benar tidak ingin berurusan dengan itu," tambah Dame Kristin.

"Dia memiliki selera humor dan kecerdasan yang dapat membuatku tertawa terbahak-bahak. Dan dia tidak punya kesabaran dengan orang bodoh. Jadi, Anda harus sedikit berhati-hati. Saya benar-benar mengaguminya."

"Terakhir kali saya melihatnya, dia sangat marah karena sudah tua. 'Menjengkelkan', kurasa katanya. Sangat dicintai, sangat dikagumi, dan tak tergantikan."

Juru bicara National Theatre juga menyampaikan penghormatan, mengatakan kariernya "mencakup dunia teater, film, dan televisi yang tak tertandingi".

Memuji penampilan panggungnya, pernyataan itu berlanjut: "Ia akan selalu dikenang sebagai salah satu aktor terhebat yang pernah disaksikan negara ini."

BAFTA menambahkan bahwa ia adalah "legenda panggung dan layar lebar Inggris".

 

5 dari 6 halaman

Kabar kepergiannya diumumkan keluarga

Mengumumkan berita kematiannya "dengan kesedihan yang mendalam" pada hari Jumat, putra-putranya Toby Stephens dan Chris Larkin mengatakan ia "meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit pagi ini".

Mereka berkata: "Sebagai orang yang sangat tertutup, ia bersama teman-teman dan keluarga di akhir hayatnya. Ia meninggalkan dua putra dan lima cucu yang penuh kasih yang sangat terpukul atas kehilangan ibu dan nenek mereka yang luar biasa."

Mereka berterima kasih kepada "staf yang luar biasa di Rumah Sakit Chelsea dan Westminster atas perawatan dan kebaikan mereka yang tak henti-hentinya selama hari-hari terakhirnya".Mereka menambahkan: "Kami berterima kasih atas semua pesan dan dukungan Anda yang baik dan meminta Anda untuk menghormati privasi kami saat ini."

 

6 dari 6 halaman

Perjalanan Karier

Dame Maggie memulai kariernya pada tahun 1950-an dan dinominasikan untuk Oscar pertamanya karena memerankan Desdemona bersama Laurence Olivier dalam Othello karya Shakespeare pada tahun 1965.

Peran lain yang tak terlupakan dari aktris tersebut termasuk film Merchant Ivory tahun 1985 A Room With a View, yang membuatnya mendapatkan nominasi Oscar lainnya dan Bafta.Dia muncul sebagai seorang wanita Inggris yang tinggal di Italia tahun 1930-an dalam film Tea with Mussolini, yang dirilis pada tahun 1999; dan menjadi Ibu Pendeta yang tegas tetapi adil dalam dua film Sister Act.

Rekan main Sister Act Whoopi Goldberg menyebut Dame Maggie "seorang wanita hebat dan aktris yang brilian", menambahkan: "Saya masih tidak percaya saya cukup beruntung untuk bekerja dengan 'seorang yang unik'."

Rob Lowe, yang membintangi Dame Maggie dalam Suddenly, Last Summer tahun 1993, mengenang "pengalaman tak terlupakan bekerja dengannya".

"Berbagi dua adegan seperti dipasangkan dengan seekor singa," katanya. "Dia bisa memakan siapa saja hidup-hidup, dan sering melakukannya. Tapi dia lucu, dan menyenangkan. Dan tidak mentolerir orang bodoh."

Aktris kawakan itu juga memerankan wanita tua yang menghabiskan 15 tahun tinggal di dalam mobil van di luar rumah Alan Bennett dalam sebuah film adaptasi dari novel karya penulis The Lady in the Van pada tahun 2015.

Alex Jennings, yang memerankan Bennett, mengatakan kepada Radio 4 bahwa dia sosok yang "tidak takut" dan memuji "kemampuan teknisnya yang brilian sebagai seorang aktris".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.