Sukses

5 Manfaat Konsumsi Jambu Biji, Mengontrol Gula Darah hingga Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah jambu dapat membantu menurunkan risiko penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia seperti kanker, jantung, hipertensi, dan penyakit lainnya. Selain itu, buah ini juga dapat memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Buah jambu biji memiliki rasa yang manis, daging buah ini berwarna merah muda dengan dipenuhi oleh biji. Untuk mengonsumsi buah ini Anda dapat memakannya secara langsung setelah kulitnya di kupas. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi buah ini dengan cara diolah menjadi minuman jus.

Buah ini mengandung banyak senyawa dan vitamin yang dapat memberikan kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak sifat seperti anti peradangan, anti bakteri dan lainnya yang dapat melawan penyakit yang akan menyerang tubuh Anda.

Dilansir dari Health, Senin (30/09/2024) ditemukan beberapa khasiat dan manfaat bagi kesehatan yang dapat Anda peroleh jika Anda rutin mengonsumsi buah jambu sebagai berikut.

1. Mengontrol Gula Darah

Jambu biji digunakan sebagai obat tradisional untuk mengontrol gula darah. Penelitian mengatakan bahwa ekstrak daun buah jambu memiliki pengaruh terhadap sensitivitas insulin. Dengan mengonsumsi daun biji jambu dapat meningkatkan glukosa plasma puasa dan resistensi insulin.

Studi 2016 juga mengatakan bahwa buah jambu biji memiliki efek yang baik dalam menurunkan kadar gula darah. Kandungan pektin di dalamnya mampu menghambat penyerapan glukosa di usus. Buah ini tidak dapat dijadikan obat secara utuh, Anda tetap memerlukan obat resep dari dokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Kesehatan Kardiovakular

Daun jambu biji memiliki sifat anti-hipertensi. Hal ini menunjukan bahwa daun jambu biji memungkinkan memberikan efek terhadap tekanan darah yang berkaitan dengn sistem saraf simpatik. Sehingga, buah ini mampu membantu mengobati sakit hipertensi.

Selain itu, jambu biji juga dapat menurunkan risiko penyakit kolesterol. Kolesterol yang tinggi juga menjadi penyebab tubuh Anda mengalami sakit jantung. Untuk membantu mengobati sakit kardiovakular seperti hipertensi dan jantung Anda dapat menambahkan buah jambu biji sebagai makanan sehari-hari.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jambu biji mengandung vitamin C yang lebih banyak lima kali lipat dibandingkan dengan  buah jeruk. Berdasarkan penelitian jambu biji mengandung 125 miligram vitamin C yang baik bagi tubuh Anda. Ketika Anda mengonsumsi buah jambu setiap hari, Anda telah menjaga sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C yang merupakan antioksidan berperan dalam reaksi enzimatik dan fungsi seluler yang terlibat dalam sistem kekebalan tubuh. Tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara sendiri, Anda perlu memberikan asupan yang mengandung vitamin C seperti buah jambu. Kekebalan tubuh diperlukan bagi tubuh Anda untuk menangkal radikal bebas.

4 dari 5 halaman

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Buah ini memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah penyakit kanker menyerang tubuh. Hal ini terjadi karena buah jambu mengandung senyawa bioaktif di bagian daunnya. Buah jambu dapat menekan pertumbuhan sel kanker tanpa mempengaruhi sel normal.

Kandungan likopen di dalam buah ini dapat merangsang kematian sel kanker secara terprogram pada kanker payudara. Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat terapeutik sebagai program pengobatan kanker. Anda tidak dapat menjadikan buah jambu biji sebagai obat utama mengatasi penyait kanker, buah ini hanya dijadikan sebagai makanan membantu menurunkan gejala sakit kanker.

5 dari 5 halaman

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Untuk melancarkan sistem pencernaan Anda dapat mengonsumsi buah jambu. Buah ini menjadi pilihan makanan yang cocok untuk mengatasi penyakit pada sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena buah ini mengandung banyak serat yang mampu mengobati sakit pencernaan.

Ketika Anda rutin mengonsumsi buah jambu Anda telah mengambil tindakan memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, buah ini juga dapat meredaka gejala diare. Hal ini disebabkan oleh buah jambu biji yang memiliki sifat antibakteri, antisekresi, dan antiradang yang dapat menyehatkan usus Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.