Sukses

Ketahui Manfaat Susu untuk Kulit Wajah, Bisa Bikin Glowing

Susu bukan hanya minuman bergizi, tetapi juga mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam dunia perawatan kulit, susu telah lama dikenal sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat. Namun, apa sebenarnya yang membuat susu begitu populer dalam produk skincare? Apakah benar susu dapat membantu menjaga kecantikan dan kesehatan wajah? 

Susu bukan hanya minuman bergizi, tetapi juga mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi kulit. Beberapa nutrisi utama yang terdapat dalam susu meliputi:

  • Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan kulit, sebab berperan dalam merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit. Dengan meningkatnya produksi kolagen, kulit akan tampak lebih muda dan sehat.

Selain itu, vitamin A juga membantu mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, yang dapat mempercepat proses penuaan. Tidak hanya itu, vitamin ini juga membantu melindungi kulit dari berbagai penyakit dan dapat mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat.

  • Vitamin D

Vitamin D memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan kulit. Ia berfungsi untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari dan polusi.

Selain itu, vitamin D dapat mengurangi peradangan, yang sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah kulit seperti psoriasis atau eksim. Dengan mencegah penumpukan sel kulit mati, vitamin D membantu menjaga kulit tetap bersih dan bercahaya.

  • Asam Laktat

Asam laktat, yang ditemukan dalam susu, adalah salah satu alpha hydroxy acid (AHA) yang sangat dikenal dalam dunia kecantikan. Asam laktat berfungsi untuk meningkatkan pergantian sel kulit, membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel baru.

Selain itu, asam laktat juga dapat membantu mengencangkan kulit wajah dan mengurangi tampilan kerutan serta garis halus. Ini menjadikannya bahan yang efektif untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan tekstur wajah.

Meskipun masih dibutuhkan studi lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa manfaat susu untuk kulit wajah, seperti melansir dari Healthline, Selasa (1/10/2024):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat susu untuk kulit

Berikut beberapa manfaat susu untuk kulit yang perlu Anda ketahui:

1. Mencerahkan wajah

Susu sering dianggap sebagai bahan alami yang dapat membantu mencerahkan wajah. Salah satu komponen kunci yang berkontribusi pada manfaat ini adalah asam laktat.

Asam laktat merupakan salah satu jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang dikenal luas dalam dunia kecantikan. AHA adalah bahan eksfoliasi yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga mempercepat regenerasi sel kulit baru. Ini membuat kulit tampak lebih segar dan bercahaya.

3 dari 5 halaman

2. Meredakan kulit yang terbakar matahari

Kulit terbakar matahari adalah masalah umum yang bisa dialami siapa saja setelah terpapar sinar matahari terlalu lama.

Salah satu cara yang bisa Anda coba untuk meredakan rasa sakit dan kemerahan akibat terbakar matahari adalah dengan menggunakan susu dingin. Susu memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu meredakan iritasi pada kulit.

Walaupun belum terbukti keefektifannya, kompres dingin memang bisa meredakan sensasi terbakar pada kulit. Sebelum mencoba, pastikan terlebih dulu jika kulit Anda tidak sensitif atau alergi pada pemakaian susu secara topikal.

4 dari 5 halaman

3. Membersihkan kulit

Dalam upaya menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, banyak orang mencari cara alami untuk membersihkan wajah. Asam laktat, yang terdapat dalam susu, merupakan salah satu bentuk alpha hydroxy acid (AHA).

Penelitian menunjukkan bahwa asam laktat memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit mati dan pertumbuhan sel baru.

Meski demikian, belum ada bukti penelitian yang menunjukkan jika penggunaan susu lebih baik dibandingkan memakai sabun pembersih wajah.

5 dari 5 halaman

Efek samping penggunaan susu pada wajah

Jika Anda tertarik mencoba susu sebagai perawatan wajah, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, terutama jika kulit Anda tidak sensitif. Berikut adalah beberapa faktor yang harus Anda pikirkan sebelum menggunakan susu pada kulit wajah Anda.

Efek Samping

Meskipun susu memiliki banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa sekitar 65 persen populasi dunia tidak dapat mengonsumsi susu. Ini bisa menyebabkan berbagai masalah, baik pencernaan maupun kulit.

Mengaplikasikan susu ke wajah mungkin berisiko dan bisa memicu reaksi seperti peradangan, kemerahan, gatal-gatal dan ruam.

Jenis Susu yang Digunakan

Penting juga untuk mempertimbangkan jenis susu yang akan Anda gunakan. Meskipun susu mentah mungkin tampak menarik, Anda harus berhati-hati. Susu mentah masih mengandung bakteri, yang dapat berpindah ke kulit wajah Anda dan berpotensi menyebabkan masalah.

Disclaimer: Artikel ini ditulis ulang oleh redaksi dengan menggunakan Artificial Intelligence

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.