Sukses

5 Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan, Cegah Kanker Hingga Atasi Sembelit

Tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, buah lemon memiliki sifat antiperadangan dan antivirus sehingga dapat mencegah dan mengobati sakit tenggorokan, sariawan, hingga flu.

Liputan6.com, Jakarta - Buah lemon dikenal dengan rasa asamnya yang menyegarkan. Meskipun jarang dikonsumsi secara langsung, lemon sering digunakan sebagai pelengkap dan penyedap dalam berbagai hidangan.

Tak jarang, lemon juga dijadikan hiasan yang akhirnya hanya dibuang. Namun, tahukah Anda bahwa mengonsumsi lemon secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan?

Lemon kaya akan vitamin dan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit berbahaya. Salah satu manfaat utamanya adalah kemampuannya dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi lemon, Anda dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Selain itu, lemon juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam lemon dapat membantu mencerahkan kulit, mengencangkan, dan mencegah tanda-tanda penuaan.

Oleh karena itu, ketahui manfaat lemon bagi kesehatan tubuh, seperti dilansir dari Kennedy Club, Selasa (1/10/2024):

1. Mencegah Asam

Asam menyebabkan seseorang kesulitan bernapas. Hal ini terjadi karena paru-paru mengalami peradangan dan penyempitan. Untuk membantu mencegah serangan asma Anda dapat mengonsumsi buah lemon.

Buah lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi, serta baik untuk kesehatan paru-paru dan pernapasan. Selain itu, dengan mengonsumsi buah  lemon sistem kekebalan tubuh akan meningkat sehingga tubuh dapat mencegah faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya serangan asma.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mencegah Kanker

Kulit lemon memiliki kandungan senyawa d-limonene yang tinggi. Kandungan senyawa ini dipercaya memberikan efek positif terhadap sel kanker. Berdasarkan penelitian University of Arizona mengatakan bahwa kulit jeruk dapat menurunkan risiko sel kanker.

Hal ini dibuktikan dengan percobaan yang dilakukan kepada perempuan yang mengidap penyakit kanker payudara. Setelah dioperasi dan diberikan 2 gram limonene setiap hari, hasilnya menunjukkan penurunan ekspresi tumor sebesar 22%.

Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam buah lemon mampu membantu penyembuhan kanker.

3 dari 5 halaman

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda membutuhkan asupan makanan yang mengandung banyak vitamin C. Hal ini dilakukan karena tubuh tidak dapat menghasilkan vitamin C. Salah satu makanan yang dapat Anda konsumsi setiap harinya dan mengandung vitamin C adalah buah lemon.

Dengan mengonsumsi vitamin C, sistem kekebalan tubuhmu akan meningkat. Selain itu, vitamin C juga dapat menyerang asam nukleat, sel virus dan memusnahkan bakteri. Jika Anda rutin mengonsumsi buah ini, maka kecil kemungkinan Anda akan terserang penyakit flu.

4 dari 5 halaman

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit terjadi karena sistem pencernaan yaitu usus yang tidak bekerja dengan baik. Sembelit biasanya terjadi karena tubuh mengalami dehidrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan cairan yang dapat meminimalisir terjadinya sakit sembelit, salah satunya dengan mengonsumsi buah lemon.

Buah lemon dapat merangsang sekresi cairan lambung dan memperlancar sistem pencernaan tubuh. Lemon juga dapat meningkatkan gerakan peristaltik usus. Anda dapat mengonsumsi buah lemon dengan cara dibuat jus. Selain itu, minyak esensial lemon sering dijadikan sebagai obat alternatif untuk penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit. 

5 dari 5 halaman

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan dan Sariawan

Lemon dapat menyembuhkan sakit pada tenggorokan dan sariawan. Hal ini disebabkan oleh buah lemon yang memiliki sifat anti-virus dan antibakteri.

Sifat anti-virus pada buah lemon mampu memberikan kekuatan pada selaput lendir bagian hidung dan tenggorokan dari penyakit. Selain itu,  buah ini juga dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara internal.

Buah ini juga memiliki sifat antiperadangan. Dengan mengonsumsi buah lemon, Anda telah berupaya membantu tubuh untuk melawan infeksi saluran pernapasan dan sakit tenggorokan hingga amandel. Selain itu, buah ini juga ampuh untuk mempercepat pemulihan sariawan di bibir dan mulut Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.