Sukses

10 Minuman Sehat yang Bantu Kamu Tetap Fit Sepanjang Hari

Berikut ini daftar minuman sehat yang bantu kamu tetap fit sepanjang hari

Liputan6.com, Jakarta Selain asupan makanan yang bernutrisi, pilihan minuman sehat juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Minuman-minuman ini tak hanya membantu memenuhi kebutuhan cairan, tetapi juga bisa memberikan manfaat tambahan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung kesehatan jantung, hingga memperbaiki suasana hati.

Memilih minuman yang tepat menjadi langkah bijak untuk menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Di tengah gaya hidup modern yang penuh dengan pilihan makanan dan minuman cepat saji, kita perlu lebih selektif dalam mengonsumsi minuman yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik. 

Berikut ini adalah 10 rekomendasi minuman sehat yang bisa menjadi alternatif dalam menunjang keseharian kamu.

1. Air Putih

Tak diragukan lagi, air putih adalah sumber utama hidrasi bagi tubuh. Mengandung mineral esensial dan H2O yang membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang, konsumsi air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari sangat dianjurkan untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan fungsi organ.

2. Air Kelapa

Air kelapa merupakan pilihan yang tepat untuk mengembalikan kebugaran setelah beraktivitas. Kandungan potasiumnya yang tinggi dan kalorinya yang rendah menjadikannya minuman yang sangat baik untuk rehidrasi. Selain itu, air kelapa juga terkenal akan kemampuannya membantu proses detoksifikasi alami tubuh.

 

2 dari 4 halaman

3. Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai salah satu minuman dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Tanpa tambahan gula atau susu, teh hijau efektif membantu menetralisir racun dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, dan bahkan membakar lemak. Minuman ini juga dapat mendukung kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kronis.

4. Kopi Hitam

Minum kopi hitam tanpa tambahan gula atau susu dapat menjadi pilihan bebas kalori yang kaya akan antioksidan. Kopi hitam juga mampu meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan menjaga kesehatan fungsi otak. Selain itu, konsumsi kopi hitam secara moderat dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2.

5. Cokelat Panas

Terbuat dari kakao murni, minuman cokelat tak hanya lezat, tapi juga menyehatkan. Kandungan antioksidannya yang lebih tinggi dari teh hijau membuatnya baik untuk kesehatan jantung. Cokelat juga mampu memperbaiki suasana hati, terutama bagi kamu yang sedang mengalami menstruasi.

6. Susu

Susu merupakan salah satu sumber utama kalsium dan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Pilihan susu rendah lemak atau susu skim bisa menjadi alternatif yang lebih sehat, terutama bagi kamu yang ingin menjaga berat badan tanpa mengurangi asupan nutrisi penting.

 

3 dari 4 halaman

7. Jamu

Jamu adalah minuman herbal khas Indonesia yang terbuat dari berbagai rempah alami, seperti kunyit asam. Minuman ini tidak hanya segar, tetapi juga menyehatkan karena mampu meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi nyeri haid.

8. Perasan Air Lemon

Air lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi, menjadikannya minuman sehat untuk meningkatkan hidrasi, memperbaiki pencernaan, dan mendukung penurunan berat badan. Minuman ini juga membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.

9. Jus Buah dan Sayuran

Jus yang terbuat dari campuran buah dan sayuran segar adalah cara yang praktis untuk melengkapi kebutuhan serat dan vitamin harian. Jus ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat serta menambah asupan nutrisi penting bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

10. Protein Shake

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sementara itu, protein shake adalah minuman yang cocok bagi kamu yang ingin menambah massa otot atau menurunkan berat badan. Ketimbang harus makan belasan telur rebus setiap hari, ada cara enak lain yang bisa kamu coba.

Caranya dengan minum segelas Seolmi Whey Protein Isolate sebelum berolahraga atau sebagai pengganti sarapan pagi. Produk ini tersedia dalam dua varian rasa, yaitu Swiss Chocolate dan Japanese Strawberry yang sama nikmatnya. Kamu bisa mendapatkannya di e-commerce atau cek di akun Instagram-nya @seolmiofficial.