Sukses

Tidak Hanya Menambah Energi dan Stamina Tubuh, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Buah Kelapa Bagi Kesehatan

Buah kelapa dapat memberikan kesehatan bagi tubuh Anda yang mengonsumsinya. Anda akan menerima energi dan manambah stamina tubuh untuk menjalani aktivitas. Selain itu, buah ini juga dapat menyehatkan mulut Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Kelapa merupakan buah yang berasal dari pohon kelapa. Seluruh bagian dari pohon kelapa memiliki banyak manfaat bagi manusia. Baik untuk kerajinan tangan seperti anyaman pada daunnya hingga daging buah kelapa yang memberikan banyak manfaat.

Buah ini biasanya di jual pada area pantai, tetapi tidak menutup kemungkinan Anda dapat menemukan buah ini di sekitar Anda tinggal.

Buah ini cocok untuk menghilangkan rasa haus karena mampu menyegarkan tubuh Anda. Selain itu, buah kelapa juga biasanya diolah menjadi sebuah es kelapa yang digemari banyak orang.

Selain memberikan kesegaran, buah ini dapat memberikan kesehatan bagi tubuh Anda seperti memberikan energi dan stamina. Dilansir dari Good Housekeeping, Selasa (08/10/2024) terdapat beberapa manfaat kesehatan yang dapat Anda rasakan setelah mengonsumsi buah kelapa.  

1. Menambah Energi Tubuh

Saat Anda mengonsumsi buah kelapa besar, kemungkinan Anda akan menerima energi di tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan trigliserida yang merupakan lemak jenuh yang mengalami metabolisme dalam daging kelapa. Sehingga, memungkinkan tubuh Anda memperoleh energi yang diperlukan oleh tubuh.

Anda akan lebih siap untuk beraktivitas dan melakukan banyak hal selama seharian full. Selain itu, buah ini juga mampu menambah stamina tubuh Anda. Sehingga, tubuh Anda tidak mudah lelah dan lebih bersemangat dalam menjalani hari serta menurunkan risiko terjadinya stres.

2 dari 5 halaman

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Kelapa dengan segala fungsi di setiap bagian mampu memberikan kesehatan pada tulang. Kelapa kaya akan kandungan mangan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk  menjaga kesehatan tulang Anda. Daging kelapa memiliki 1,5 ons atau sekitar 30% kandungan mangan.

Hal ini memenuhi kebutuhan asupan mangan setiap orang selama satu hari. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung 113 miligram fosfor. Kandungan fosfor diperlukan oleh tulang Anda akan tetap kuat.

3 dari 5 halaman

3. Mengandung Banyak Serat

Kelapa kaya akan serat yang mampu memberikan kesehatan pada tubuh Anda. Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengelola gula dalam sistem tubuh. Selain itu, serat memiliki banyak fungsi seperti mengatur nafsu makan, menjaga kadar gula darah, dan sebagainya.

Untuk memperoleh serat Anda dapat mengonsumsi buah daging kelapa. Di dalam daging buah kelapa terdapat 7 gram serat dan airnya mengandung 1 gram setara dengan 1 cangkir gelas. Untuk mengonsumsi buah ini, Anda dapat mengambil daging dan airnya kemudian ditambahkan dengan es batu untuk meningkatkan kesegaran.

4 dari 5 halaman

4. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mengonsumsi kelapa dapat mencegah risiko penyakit Alzheimer. Kelapa mengandung asam lemak rantai sedang yang membentuk keton yaitu zat kimia pemecah lemak. Keton berfungsi untuk mengimbangi keberadaan hipometabolime glukosa otak sebagai tanda munculnya penyakit Alzheimer.

Untuk menurunkan risiko penyakit ini Anda dapat mengonsumsi buah daging kelapa secara rutin dengan takaran yang tidak berlebihan. Buah ini dapat meningkatkan fungsi kognitif Anda. Sehingga, otak Anda dapat bekerja dengan baik dalam mengingat maupun menerima dan menanggapi perintah.

5 dari 5 halaman

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Menurut penelitian Penn Medicine, minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan mulut. Anda dapat melakukan teknik coconut oil pulling dengan cara berkumur menggunakan minyak kelapa. Hal ini berfungsi untuk menghindari kerusakan pada gigi, menghindari gusi berdarah, dan menghilangkan bau mulut akibat bakteri.

Cara untuk melakukan hal tersebut yaitu dengan mengambil 1-2 sendok teh minyak kelapa, kemudian kumur selama 20 menit. Setelah itu, Anda dapat membuang bekas kumur-kumur itu dari mulut Anda. Lalu, sikat gigi Anda dengan pasta gigi. Anda dapat menjadikan ini sebagai perawatan tambahan untuk menjaga kesehatan mulut.