Sukses

Jangan Anggap Sepele, Ini 5 Penyebab Kuku Kaki Cantengan

Saat Anda mengalami cantengan pada bagian kuku kaki, Anda akan merasakan sakit dan nyeri. Hal ini membuat Anda tidak nyaman untuk berjalan.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda mengalami sakit dan infeksi pada bagian kaki? Saat kaki terasa sakit, tentu Anda akan sulit melakukan aktivitas untuk bergerak. Anda akan merasa seperti ada yang mengganjal.

Lebih parah lagi jika ternyata yang mengalami kesakitan adalah kaki bagian kuku Anda. Sakit yang biasanya terjadi pada bagian kuku sering disebut cantengan. Cantengan merupakan kondisi pola pertumbuhan kuku kaki yang tidak sesuai seperti biasanya atau tidak normal. Hal ini membuat kuku kaki Anda mengalami pertumbuhan ke dalam kulit.

Saat Anda mengalami cantengan pada bagian kuku kaki, Anda akan merasakan sakit dan nyeri. Hal ini membuat Anda tidak nyaman untuk berjalan.

Oleh karena itu, ketahui beberapa penyebab kuku kaki Anda mengalami cantengan seperti yang dilansir dari Nail Surgery Clincic, Selasa (8/10/2024):

1. Salah Gunting Kuku

Salah dalam melakukan gunting kuku dapat menyebabkan kaki mengalami cantengan. Hal ini menyebabkan kuku Anda mengalami pertumbuhan ke dalam. Selain itu, memotong kuku terlalu pendek dan membentuk bulat pada bagian ujung kuku juga dapat menyebabkan cantengan.

Hal ini mengakibatkan kulit di sekitarnya mengalami pelipatan di atas kuku. Akibatnya, kuku Anda menjadi tumpul ke dalam. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu memperhatikan cara memotong kuku yang baik.

Saat memotong kuku pastikan melakukan potongan secata lurus dan hindari melengkungkan ujung kuku serta pastikan panjang kuku Anda tidak menusuk bagian kulit.

2 dari 5 halaman

2. Menggunakan Sepatu Ketat

Sepatu digunakan oleh seseorang untuk melindungi bagian kaki. Namun, sebagai besar masalah pada kaki disebabkan oleh penggunaan sepatu yang salah. Seperti menggunakan sepatu yang terlalu ketat di kakimu.

Hal ini dapat menyebabkan kaki Anda mengalami cantengan. Sebab sepatu yang ketat menekan menekan jari kaki dan kuku Anda. Sehingga, kuku kaki Anda mengalami pertumbuhan ke dalam.

Ketika Anda menggunakan sepatu ketat, seperti jari kaki dan kuku kaki akan mengalami sakit dan iritasi. Untuk mengatasi hal tersebut, gunakan sepatu yang memiliki ruang yang cukup untuk jari dan kuku kaki Anda.

3 dari 5 halaman

3. Cedera

Salah satu penyebab kaki mengalami cantengan yaitu karena terjadinya cedera pada kuku kaki dan area sekitarnya. Hal ini yang menyebabkan kuku kaki mengalami pertumbuhan ke dalam. Jenis cedera yang menyebabkan kuku kaki mengalami cantengan biasanya seperti terantuk jari kaki.

Selain itu, saat Anda mengalami kejatuhan benda berat ke kaki, mungkin Anda akan merasa nyeri dan perih sedetik setelah mengalami kejatuhan, kemudian tidak merasa apa-apa lagi.

Namun, Anda perlu  memeriksanya untuk menghindari terjadinya cantengan. Sebab mengalami kejatuhan benda di kaki dapat menyebabkan perubahan pola pertumbuhan kuku seperti tidak normal.

4 dari 5 halaman

4. Genetik

Genetik atau keturunan menjadi salah satu faktor yang membuat kuku Anda mengalami cantengan. Hal ini dinamakan predisposisi genetik yaitu kecenderungan mengalami pertumbuhan kuku kaki ke dalam.

Jika orang tua Anda memiliki kecendrungan tersebut, maka besar kemungkinan Anda akan memiliki pola pertumbuhan kuku semacam itu.

Genetik dapat memengaruhi bentuk dan struktur kuku kaki seseorang. Sehingga, ini menjadi faktor yang rentan terhadap masalah cantengan kuku kaki.

Untuk mencegah dan mengurangi risiko cantengan Anda yang memiliki pola pertumbuhan kuku kaki ke dalam dapat melakukan cara yaitu dengan memotong kuku secara lurus dan lakukan secara teratur.

5 dari 5 halaman

5. Infeksi Jamur dan Bakteri

Infeksi dan jamur di kaki dapat memengaruhi pola pertumbuhan kuku yang baik. Jika dibiarkan dapat menyebabkan kuku kaki Anda mengalami pertumbuhan ke dalam. Hal ini juga menjadi salah satu penghambat pertumbuhan kuku kaki secara alami.

Kuku kaki Anda akan tumbuh dalam waktu yang lama dengan posisi yang tidak seharusnya. Anda dapat menjaga kebersihan kaki untuk mencegah jamur dan bakteri yang menginfeksi. Selain itu, mengobati dan mencegah tanda-tanda infeksi menjadi cara yang harus Anda lakukan untuk mencegah sakit cantengan.