Sukses

Studi: Berkreasi Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental, Tertarik Mencoba?

Ada banyak sekali manfaat menjadi kreatif bagi kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Aktivitas apa yang biasanya Anda lakukan saat akhir pekan tiba? Bisa jadi, Anda akan berkumpul bersama keluarga atau teman, membaca buku yang sudah lama tidak disentuh, berbelanja mingguan, olahraga atau bahkan mencoba beberapa kreativitas kesenian yang cukup menarik, misalnya seperti melukis, menjahit dan menyulam.

Apalagi saat ini, bisa jadi video orang-orang melakukan crafting menarik perhatian Anda dan Anda pun ingin melakukannya juga karena penasaran. Namun siapa sangka kalau hal ini rupanya menjadi hal yang cukup positif, lho.

Melansir dari Real Simple, Rabu (9/10/2024), ternyata, menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Frontiers of Public Health, melakukan aktivitas kerajinan tangan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda.

Dengan memeriksa lebih dari 7.000 orang dewasa di Inggris, studi tersebut mengeksplorasi bagaimana aktivitas kerajinan tangan memengaruhi berbagai penanda kesehatan.

Tentu saja, bukan rahasia lagi bahwa hobi kreatif seperti kerajinan tangan bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Namun sebelum studi ini, sebagian besar penelitian yang mengeksplorasi kerajinan tangan dan kesehatan melibatkan orang-orang dengan masalah kesehatan mental yang terdiagnosis.

Sementara itu, studi ilmiah lainnya telah meneliti jenis kerajinan tangan tertentu atau memiliki kelompok peserta yang lebih kecil. Studi terbaru ini tidak hanya memiliki ukuran sampel yang besar, tetapi juga berfokus pada populasi umum, yang menunjukkan bahwa menjadi kreatif bermanfaat bagi semua orang.

2 dari 4 halaman

Hubungan Antara Kerajinan Tangan dan Kesehatan Mental

Untuk memahami kaitan antara crafting dan kesejahteraan, para peneliti memberikan daftar kegiatan, lalu bertanya kepada peserta apakah mereka terlibat dalam setidaknya satu kegiatan tersebut dalam setahun terakhir.

Kegiatan tersebut meliputi seni rupa (seperti melukis, menggambar, dan membuat cetakan), fotografi, pembuatan film, seni digital, kerajinan tekstil (seperti menyulam dan merenda), pembuatan kayu, kaligrafi, tembikar, dan pembuatan perhiasan.

Bagi mereka yang tidak terlibat dalam kegiatan tersebut dalam 12 bulan terakhir, mereka memilih "tidak satu pun dari kegiatan tersebut."

Selanjutnya, para peneliti mengajukan pertanyaan kepada peserta tentang kesejahteraan mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa seni dan kerajinan tangan dikaitkan dengan tingkat kepuasan hidup, kebahagiaan, dan rasa bahwa hidup itu berharga yang lebih tinggi.

Hal ini mungkin memiliki manfaat yang mendalam bagi kesejahteraan secara umum, karena parameter ini telah dikaitkan dengan kesehatan dan umur panjang secara keseluruhan.

3 dari 4 halaman

Hasil penelitian

Apa sebenarnya dasar ilmiah di balik hubungan ini? Diperlukan lebih banyak penelitian, tetapi para peneliti menunjukkan bahwa berkreasi memungkinkan Anda untuk benar-benar tenggelam dalam aktivitas tersebut.

Hal ini membuka jalan bagi tingkat kepuasan, harga diri, dan ekspresi diri yang lebih tinggi, yang semuanya mendukung kualitas hidup. Penting untuk dicatat bahwa para peneliti juga mengajukan pertanyaan tentang kecemasan dan kesepian, tetapi tidak menemukan efek positif antara kerajinan tangan dan faktor-faktor ini.

Dengan kata lain, kerajinan tangan tidak dikaitkan dengan tingkat kecemasan dan kesepian yang lebih rendah—tetapi itu tidak berarti kerajinan tangan tidak akan membantu Anda dalam kedua hal tersebut. Menurut para peneliti, hasil ini mungkin disebabkan oleh sifat kerajinan tangan yang menyendiri.

Jadi mungkin ada baiknya melibatkan teman-teman untuk membuat aktivitas tersebut lebih memiliki efek sosial.

4 dari 4 halaman

Cara Kesenian untuk Meningkatkan Kesehatan Mental

Sekarang sudah jelas bukan kalau seni ternyata bisa bermanfaat bagi kesehatan mental. Apalagi, Anda tidak perlu menjadi seniman profesional untuk mendapatkan manfaat dari berkreasi.

Bahkan, Anda tidak perlu ahli dalam kerajinan tertentu. Kuncinya adalah terlibat dalam aktivitas tersebut dan menikmati pengalaman berkreasi, apa pun hasilnya.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, ketahuilah bahwa ada banyak sumber daya untuk perajin pemula. Lihat media sosial untuk video cara membuat kerajinan atau beli perlengkapan kerajinan, yang berisi semua perlengkapan dan petunjuk yang Anda butuhkan.

Mencari panduan lebih praktis? Pertimbangkan untuk mendaftar kelas kerajinan di studio tembikar, toko kain, atau perpustakaan setempat. Siapa tahu—Anda mungkin menemukan hobi favorit yang baru.