Sukses

Kenali Email Apnea, Kondisi di Mana Anda Tidak Sadar Alami Stres Saat Bekerja

Kondisi ini sering kali tidak disadari dan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan mental Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mulai bekerja, apa yang akan Anda lakukan pertama kali? Biasanya, yang dilakukan yaitu membuka laptop atau komputer kantor dan mulai mengecek email yang belum terbaca satu per satu.

Pada saat itu, Anda mungkin akan merasa cemas dan sedikit panik. Bagaimana tidak, rasanya ada beberapa masalah yang perlu segera diselesaikan, tugas yang mendekati deadline, serta pekerjaan lain di luar dari itu semua.

Kemudian, stres akibat bekerja tidak dapat disangkal. Lalu, kondisi yang dirasakan ini bisa menyebabkan Anda menahan napas sesaat karena sedang fokus sambil berpikir untuk membalas semuanya. Sayangnya, hal ini perlu diwaspadai oleh para pekerja.

Apakah Anda pernah mengalaminya? Jika iya, fenomena ini dikenal juga sebagai email apnea.

Melansir dari Bustle, Kamis (10/10/2024), menurut Christina Gibson, MD, dokter keluarga, terapis trauma, dan konselor Ayurveda, apnea adalah penghentian sementara pernapasan yang dapat terjadi tanpa disengaja saat Anda tidur, tetapi juga dapat terjadi tanpa disengaja di siang hari, seperti saat Anda fokus, cemas, atau terlalu banyak bekerja.

Sebuah studi tahun 2023, menunjukkan bahwa 80% orang menahan napas, bernapas pendek, atau mengubah pola pernapasan saat melihat email.

Bentuk apnea ini terutama merujuk pada email, karena email sangat memicu stres, tetapi juga dapat terjadi saat Anda menatap media sosial, mengirim pesan teks ke teman, dan lain-lain. Tentunya hal tersebut bisa mengganggu kondisi kesehatan Anda, termasuk pada kesehatan mental.

Oleh karenanya, berikut ini yang perlu diketahui tentang email apnea dan apa yang dapat Anda lakukan untuk bernapas normal kembali, menurut para ahli.

2 dari 4 halaman

Hal yang Perlu Diketahui tentang Email Apnea

Di lain waktu ketika Anda sedang membuka inbox, perhatikan napas Anda dan Anda mungkin menyadari bahwa Anda telah menahannya selama berjam-jam tanpa sengaja. Menurut Gibson, email apnea adalah kebiasaan yang dikembangkan sebagian orang untuk menjaga tubuh mereka tetap stabil saat mereka fokus pada suatu tugas.

Napas yang lebih pendek membuat Anda tetap diam, katanya, dan itu mungkin membuat Anda merasa seperti terkunci atau fokus pada suatu tugas. Email apnea juga bisa menjadi perpanjangan alami dari embusan napas panjang, yang merupakan sesuatu yang mungkin Anda keluarkan saat Anda merasa gelisah.

"Tarik napas Anda mengaktifkan sympathetic nervous system, atau nervous system of movement and action, sementara embusan napas Anda lebih didominasi oleh parasympathetic nervous system, atau sistem ‘rest and digest’," kata Gibson.

Saat Anda mencoba untuk menenangkan diri — terutama saat menanggapi email yang sangat menuntut — Anda mungkin mengembuskan napas untuk melepaskan kegelisahan dari tubuh Anda, dan kemudian Anda mungkin duduk di sana di dasar napas tanpa menghirup napas dengan benar lagi.

“Mengembuskan napas terlalu lama, hingga mencapai titik di mana Anda mengalami apnea, mungkin terjadi pada seseorang yang sedang mencoba menenangkan kegelisahannya atau yang terjebak [dalam kondisi membeku],” katanya.

Mungkin kedengarannya tidak masalah untuk bernapas sedikit lebih pendek saat Anda menanggapi pesan, tetapi pernapasan yang tidak tepat dapat memengaruhi tingkat stres Anda karena tubuh Anda tetap tegang, dan itu dapat menyebabkan masalah kesehatan terkait stres yang memengaruhi kesejahteraan Anda.

Itu juga lebih banyak merugikan daripada menguntungkan dalam hal fokus.

“Pernapasan pendek tidak melepaskan cukup karbon dioksida dari tubuh,” kata Gibson.

“Jika napas Anda sangat pendek hingga Anda mengalami hiperventilasi, karbon dioksida ini dapat menumpuk dan membuat Anda pusing dan bingung, dan itu jelas tidak optimal saat Anda membaca email yang penting," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Email Apnea

Gibson merekomendasikan untuk menerapkan beberapa "kebiasaan bernapas secara sadar" untuk dipraktikkan sepanjang hari.

"Jika pekerjaan merupakan sesuatu yang dapat membuat kewalahan, napas adalah salah satu dari banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengatur sistem saraf Anda," katanya.

Berikut adalah beberapa kiat yang bisa dilakukan:

1. Selalu mengecek diri sendiri

Mencegah email apnea dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan memeriksa diri sendiri saat bekerja untuk memastikan Anda menghirup dan mengembuskan napas dengan kecepatan yang stabil dan nyaman. Catatlah dalam pikiran Anda — atau atur pengatur waktu — untuk mengingatkan diri Anda agar bernapas secara alami, bahkan saat Anda sangat sibuk.

2. Perlu lebih banyak istirahat

Di TikTok, kreator dan guru yoga @pranayamarose menyarankan untuk menjauh dari layar Anda secara berkala sepanjang hari untuk meredakan ketegangan — dan untuk benar-benar beristirahat. Berjalan-jalan adalah cara yang baik untuk mengatasi kecemasan.

3. Pertahankan postur tubuh yang baik

Di TikTok, kreator @beingmethod membagikan pengobatan lain untuk email apnea, dan pengobatannya semudah duduk tegak. Saat Anda berada di meja kerja, pertahankan postur tubuh yang baik sebagai cara untuk tetap hadir di saat ini.

Rasakan diri Anda ditopang oleh kursi dan jaga kedua kaki tetap menapak lantai dengan kuat saat Anda membersihkan inbox, dan Anda akan merasa jauh lebih tidak stres di penghujung hari.

4 dari 4 halaman

4. Luangkan waktu untuk meditasi

Anda memeriksa inbox beberapa kali sehari, jadi mengapa tidak menggunakan waktu-waktu tersebut untuk secara sengaja berfokus pada napas Anda? Dengan begitu, Anda akan menangani pesan-pesan Anda dan memberi diri Anda waktu untuk menenangkan diri.

"Mendengarkan suara frekuensi rendah, pink noise, atau brown noise juga dapat menenangkan sistem saraf," kata Gibson, jadi putarlah beberapa suara di headphone Anda saat Anda membalas semua email yang masuk.

5. Embuskan napas yang lebih panjang

Merasa tegang? Berfokuslah untuk memperpanjang embusan napas Anda selama beberapa detik saat Anda mengembuskan napas. Menurut Gibson, embusan napas yang lebih panjang benar-benar membantu melepaskan ketegangan dari tubuh, asalkan Anda ingat untuk menarik napas kembali sepenuhnya.

"Bagi sebagian orang, meletakkan tangan di dada atau perut mereka mungkin juga menenangkan dan membantu mereka mengendalikan napas secara sadar jika napas tersebut ditahan secara tidak sadar," katanya.