Sukses

Siapa Sangka, Ada 7 Manfaat Belajar Bahasa Baru Bagi Kesehatan Mental

Meskipun terlihat sederhana, ternyata ada belajar bahasa asing bisa bermanfaat bagi kesehatan mentalmu. Tertarik mencobanya?

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hidup, rasanya kita pasti tertarik untuk mencoba hal-hal berbeda dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Misalnya belajar menjahit, mencoba untuk mendaki gunung, wall climbing, dan berbagai hal seru lainnya. Termasuk yang tidak boleh ketinggalan yaitu mendalami bahasa baru atau bahasa asing.

Awalnya mungkin hal itu terlihat sulit dan cukup menantang. Namun, setelah beberapa lama mencobanya, Anda mulai merasa nyaman dan percaya diri, Anda akan mulai merasakan manfaatnya.

Nah, mempelajari bahasa baru tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan pribadi atau profesional, lho. Percaya atau tidak ternyata hal ini juga bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.

Dilansir dari Calm Sage, Kamis (10/10/2024), ini dia manfaat belajar bahasa baru yang bisa dirasakan. Penasaran? Teruslah membaca artikel ini. Siapa tahu hal ini juga bisa memotivasi diri Anda.

1. Meningkatkan kesehatan otak

Penelitian menunjukkan bahwa mempelajari bahasa baru atau bahasa kedua meningkatkan ukuran otak. Ketika kita mulai mempelajari bahasa baru, otak kita mulai lebih fokus dan menyaring informasi yang tidak relevan.

Ini dapat membantu mengatasi gejala kecemasan, stres, depresi, dan masalah kesehatan mental umum lainnya.

Selain itu, belajar bahasa baru memberi lebih banyak fleksibilitas dan dapat dianggap sebagai latihan yang hebat. Penelitian menunjukkan bahwa memahami, mendengarkan, berbicara, atau menanggapi dalam bahasa Mandarin menyegarkan sel-sel otak kita yang meningkatkan kesehatan mental dan otak.

2 dari 4 halaman

2. Merangsang kreativitas

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mempelajari banyak bahasa sejak kecil mampu berprestasi lebih baik di sekolah. Mempelajari bahasa baru sejak awal meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, produktivitas, dan fleksibilitas yang lebih baik.

Hal ini membuka kemampuan kreatif pada orang dewasa dan anak-anak. Memahami, menerjemahkan, berbicara, atau menanggapi dalam bahasa baru juga membuka pintu kemampuan beradaptasi.

Meskipun multitasking terdengar sebagai hal yang negatif, tapi Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa mempelajari bahasa baru juga meningkatkan keterampilan multitasking.

Penelitian menunjukkan bahwa orang bilingual dapat bekerja lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak berbicara banyak bahasa.

Psikolog percaya bahwa orang bilingual atau multilingual mampu membuat pilihan yang cepat dan penuh perhatian saat berbicara karena mereka dapat beralih di antara bahasa. Hal ini juga mengurangi stres karena orang bilingual dapat menyelesaikan pekerjaan mereka dalam waktu yang lebih singkat.

3 dari 4 halaman

4. Menghilangkan hambatan budaya

Jika Anda ingin bekerja di luar negeri atau ingin memahami sejarah suatu negara, akan lebih baik jika mempelajari bahasa mereka, karena hal itu akan membantu Anda lebih memahami budaya mereka dengan empati yang besar. Membenamkan diri dalam bahasa baru juga dapat membantu Anda meningkatkan perspektif Anda.

Hal itu juga dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan koneksi (secara profesional atau pribadi) di negara baru dengan orang-orang baru. Mempelajari bahasa baru secara keseluruhan membuat Anda tetap tenggelam, terhubung, dan termotivasi di tempat baru.

5. Menambah hubungan sosial

Mempelajari bahasa baru membuka diri kita terhadap tantangan, orang, dan hubungan baru. Mempelajari bahasa baru dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan atau memperbaiki hubungan sosial.

Bahasa baru dapat membantu kita mengatasi kesepian atau keterasingan kronis. Penelitian menunjukkan bahwa berkomunikasi dengan orang lain yang berbeda bahasa dapat membantu Anda meningkatkan kemampuan mental dan sosial.

Selain itu, mempelajari bahasa baru membuka kemungkinan baru untuk bekerja di luar negeri dan mencapai tujuan Anda secara efektif.

4 dari 4 halaman

6. Mengeksplorasi kekuatan baru

Mempelajari bahasa baru menghilangkan hambatan budaya dan memahami masalah yang secara langsung menghasilkan pengembangan kepribadian baru. Bila orang dapat lebih memahami bahasa baru, mereka dapat lebih banyak membantu orang lain.

Misalnya, anggaplah Anda baru saja mendaftarkan diri ke kelas pembelajaran bahasa dan Anda diperkenalkan kepada pelajar baru, Anda dapat membantu mereka dengan berbagai cara.

Ini tidak hanya akan meningkatkan keterampilan bahasa Anda, tetapi juga meningkatkan keterampilan Anda. Anda juga akan dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dan koneksi Anda dengan cara ini.

7. Menaikkan rasa percaya diri

Mempelajari bahasa baru juga dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Bila Anda terus tertantang dan termotivasi dengan meningkatkan keterampilan Anda, Anda juga akan mengembangkan rasa percaya diri secara otomatis. Mempelajari bahasa baru dapat menjadi pelarian yang hebat dari situasi negatif dan penuh tekanan dalam hidup.

Memahami bahasa baru dan menanggapi bahasa tersebut juga akan meningkatkan harga diri Anda. Oleh karena itu, tingkatkan kemampuan Anda dan daftarkan diri Anda hari ini untuk mempelajari bahasa baru.