Sukses

5 Manfaat Menerapkan Mindfulness dalam Hidup, Salah Satunya Tidak Akan Mengalami Stres Berlebihan

Bagi Anda yang ingin menjalani hari dengan tenang tanpa diliputi rasa kecemasan dan stes berlebihan, menerapkan mindfulness dalam kehidupan adalah salah satu solusi terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda telah menerapkan mindfulness dalam hidup? Mindfulness merupakan perasaan kesadaran penuh terhadap situasi yang dihadapi saat ini. Mindfulness memungkinkan seseorang dapat berpikir positif dalam menghadapi situasi dan kondisi yang sekalipun tidak diharapkan.

Konsep mindfulness sendiri semacam memperhatikan sesuatu tanpa menghakimi. Pada dasarnya seseorang yang selalu menerapkan mindfulness setiap hari hanya akan memikirkan hari demi hari yang dijalaninya.

Mereka tidak memusingkan diri untuk memikirkan kembali hari kemarin atau bahkan menduga-duga hari kedepan akan seperti apa. Mereka akan membiarkan hidup berjalan sebagaimana mestinya. Mungkin bagi sebagian orang hal ini terlihat seperti bodo amat, tetapi tahukah Anda menerapkan mindfulness dapat memberikan banyak manfaat bagi diri Anda. Dilansir dari Bold Health, Jumat (11/10/2024), terdapat beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengurangi Risiko Stres

Mereka yang mampu menguasai diri dan tidak menghakimi keadaan akan lebih sulit mengalami stres. Menurut Asosiasi Psikologi Amerika, mindfulness dapat membantu meredakan perasaan cemas yang menyebabkan Anda stres. Hal ini dapat terjadi karena pikiran Anda jauh lebih tenang saat Anda mulai menerapkan mindfulness dalam diri.

Stres disebabkan oleh beberapa gejala seperti pola tidur yang buruk, rasa gelisah, sulit konsentrasi dan sebagainya. Jika Anda tidak bisa berpikir secara tenang dan tidak menerapkan mindfulness dalam situasi semacam itu, maka besar kemungkinan Anda akan merasa stres. Agar diri Anda tidak mengalami hal seperti itu, menerapkan hidup mindfulness adalah cara yang tepat untuk mengatasi stress berlebihan.

2 dari 5 halaman

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Menerapkan mindfulness dalam hidup juga mampu meningkatkan kesehatan kognitif Anda. Dengan kesadaran penuh Anda selalu berpikir jernih dan fleksibel. Selain itu, pola atau cara berpikir Anda akan selalu mengarah ke hal-hal yang positif.

Mindfulness juga membantu menjaga konsentrasi seseorang dalam menjalani aktivitas. Jika Anda menerapkan mindfulness dalam hidup maka besar kemungkinan kemampuan fokus Anda akan lebih tajam. Bahkan dapat bertahan hingga lama, meskipun ditemukan gangguan yang akan membuyarkan fokus Anda. Mindfulness juga dapat membuat fungsi otak Anda bekerja dengan baik.

3 dari 5 halaman

3. Hidup Lebih Sejahtera

Bagi orang-orang yang menerapkan mindfulness dalam hidup, lebih melihat hidup secara positif. Mereka akan menamnggap situasi dan kondisi tertentu dengan lebih tenang. Hal ini terjadi karena mereka memiliki kesadaran penuh tentang situasi yang dihadapi dan kemampuan yang mereka miliki.

Jika Anda telah menerapkan mindfulness dalam hidup, besar kemungkinan Anda akan lebih mudah menerima dan menghargai keadaan di hidup Anda. Selain itu, Anda tidak akan mudah merasa khawatir dan stres saat harus menghadapi situasi yang tidak diinginkan. Hal ini yang mendorong diri Anda untuk memperoleh hidup yang lebih sejahtera.

4 dari 5 halaman

4. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Berdasarkan Studi Pusat Nasional untuk Kesehatan Komplementer dan Integratif tahun 2016 bahwa mindfulness memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mindfulness dapat dijadikan sebagai bentuk meditasi diri yang dapat meningkatkan secara teratur. Menerapkan mindfulness juga dapat mengurangi masalah di pikiran Anda.

Berpikir secara berlebihan merupakan salah satu faktor seseorang terserang penyakit. Namun, jika Anda dapat mengendalikan pikiran dengan kesadaran penuh ke arah yang lebih positif, maka besar kemungkinan fisik Anda memperoleh kesehatan yang baik. Degan menerapkan mindfulness maka tubuh Anda lebih sulit terserang beberapa penyakit seperti sakit kepala, menurunnya sistem kekebalan akibat tekanan darah rendah dan perasaan gelisah berlebihan.

5 dari 5 halaman

5. Mampu Mengendalikan Emosi dan Mencegah Depresi

Menerapkan mindfulness dalam hidup juga dapat membantu diri Anda untuk dapat mengendalikan emosi. Bagi sebagian orang mengendalikan emosi adalah salah satu hal yang sulit. Orang-orang yang tidak memiliki kestabilan emosional akan lebih mudah marah. Namun, jika Anda menerapkan mindfulness maka Anda akan lebih mudah mengatur emosional.

Masalah emosional yang tidak stabil juga dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Untuk mencegah dan mengurangi risiko depresi Anda disarankan untuk menerapkan mindfulness dalam hidup. Hal ini mampu membantu Anda mengurangi gejala depresi akibat kesadaran penuh. Selain itu, mindfulness juga direkomendasikan sebagai obat terapi gejala depresi.