Sukses

5 Cara Alami Atasi Kram Perut Saat Menstruasi, Mudah dan Efektif

Bagi Anda yangmengalami kram perut saat menstruasi, Anda dapat melakukan beberapa cara alami untuk meredakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang dan selama menstruasi, banyak perempuan mengalami kram dan nyeri di perut. Ini adalah hal yang umum terjadi, disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh.

Perubahan ini dapat membuat perempuan merasa lemas dan kesulitan menjalani aktivitas sehari-hari. Bahkan, untuk bertahan dalam posisi duduk atau berdiri bisa terasa sangat sulit, dan tubuh seringkali ingin berbaring untuk meredakan rasa tidak nyaman.

Namun, untuk mengurangi rasa kram bahkan nyeri saat sedang menstruasi, Anda dapat melakukan beberapa cara yang dapat dipraktikkan dengan mudah. Dilansir dari Health Partners, Sabtu (12/10/2024), berikut cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengtasi kram perut saat menstruasi.

1. Minum Teh Herbal

Teh herbal merupakan salah satu obat alami yang dapat mengurangi rasa nyeri saat Anda menstruasi.  Teh herbal memiliki khasiat antiradang yang dapat mengurangi radang dan kembung. Selain itu, senyawa antispasmodic di dalamnya mampu mengurangi kejang otot di rahim yang menyebabkan kram.

Untuk mengatasi kembung di perut, Anda dapat minum teh kayu manis, lemon dandelion dan kembang sepatu. Jenis teh seperti teh olong, chamomile dan rasberi mampu membantu meredakan rasa kram saat menstruasi.

Sedangkan untuk mengatasi kembung dan keram, Anda dapat minum minuman seperti teh jahe, paper mint, dan teh hijau untuk meredakannya. Selain mengatasi kram di perut, minum teh herbal juga dapat mengurangi gejala stres dan mampu mengatasi insomnia.

2 dari 5 halaman

2. Minum Air Putih

Menjelang menstruasi atau pada saat menstruasi, perut akan terasa membengkak dan mengalami penambahan berat badan. Hal ini terjadi karena perut Anda mengalami kembung. Kembung merupakan salah satu gejala yang paling banyak dirasakan oleh perempuan pada saat mengalami menstruasi.

Namun, kembung saat menstruasi membuat perut Anda tidak nyaman, bahkan mengakibatkan kram hebat di perut. Untung mengatasi hal tersebut, Anda dapat minum air putih dengan rutin.

Meskipun minum banyak air putih dapat menyebabkan kembung, tetapi saat Anda mengalami menstruasi justru air putih dapat mengurangi kembung dan meredakan rasa sakit. Anda dapat minum air hangat sebanyak delapan gelas untuk mengatasi kembung dan kram saat sedang menstruasi.

3 dari 5 halaman

3. Makan Makanan Bersifat Antiradang

Untuk mengurangi kram saat menstruasi, Anda dapat mengonsumsi makanan yang memiliki sifat anti-inflamasi atau antiradang. Makanan yang memiliki sifat antiradang memiliki manfaat membantu memberikan kelancaran sirkulasi darah serta merelaksasi rahim. Sehingga, baik untuk meredakan kram di perut Anda.

Jenis makanan yang mengandung antiradang terdiri dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Rekomendasi buah antiradang yang dapat Anda konsumsi di antaranya nanas, tomat dan buah beri.

Sedangkan, untuk sayur-sayuran yang mengandung sifat antiradang seperti sayuran berdaun hijau, kacang kenari dan kacang almond. Selain itu, konsumsi rempah-rempah dan ikan berlemak juga mampu mengurangi peradangan sehingga tubuh Anda dapat menahan kram di perut setelah mengonsumsi makanan tersebut.

4 dari 5 halaman

4. Hindari Makan Camilan

Saat menjelang menstruasi atau pada saat menstruasi, Anda akan selalu ingin mengonsumsi makanan. Hal ini yang membuat Anda tidak membatasi makanan jenis apapun. Perlu diketahui bahwa beberapa jenis makanan dapat memperparah kram di perut, salah satunya adalah camilan.

Camilan seperti brownies atau kentang goreng dan makanan yang mengandung gula serta garam mampu meningkatkan peradangan yang menyebabkan perut Anda mengalami kram. Selain itu, makanan tersebut juga dapat menyebabkan nyeri otot.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda dapat mengurangi makanan yang mengandung banyak gula dan garam serta yang mengandung banyak lemak. Konsumsi buah dan sayuran segar baik untuk mengatasi rasa nyeri dan kram di perut saat menstruasi.

5 dari 5 halaman

5. Konsumsi Suplemen

Selain makanan dan minuman, Anda juga direkomendasikan untuk mengonsumsi suplemen yang dapat mengatasi gejala menstruasi.

Untuk mengurangi peradangan, Anda dapat mengonsumsi vitamin D yang mampu menyerap kalsium ke tubuh. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung omega-3, vitamin E, serta magnesium.

Ketiganya mampu membantu mengatasi nyeri saat menstruasi. Agar khasiatnya tidak hanya berlangsung sekali dua kali, mengonsumsi suplemen setiap hari dapat mengatasi kram dan nyeri saat menjelang menstruasi. Namun, Anda perlu melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen.