Sukses

5 Tanda Hubunganmu Tak Cukup Baik untuk Dipertahankan, Segera Lepaskan!

Jika pasanganmu sering melakukan manupulasi atau gaslighting kepadamu, sadari bahwa pasangamu tidak cukup baik untuk dipertahankan. Hal ini hanya akan menyebabkan dirimu mengalami tekanan batin.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebuah hubungan rasa saling menghargai dan mencintai adalah yang utama. Ketika keduanya saling memberi cinta yang setara, kemungkinan besar hubungan akan terus berjalan dan bertahan lama. Bahkan kamu akan merasa bahagia terus bersama dengan dirinya.

Namun, jika pasangan tidak memberikanmu cinta, perhatian, bahkan pengertian yang setara maka besar kemungkinan hubungan tersebut tidak berjalan dengan baik. Bahakan terkadang hal semacam ini dapat menyiksa satu pihak akibat sikap pasangan yang tidak sesuai dengan kebutuhan menjalin hubungan.

Terkadang kondisi semacam ini tidak disadari karena menganggap bahwa seiring berjalannya waktu pasangan dapat berubah menjadi lebih baik. Namun, tahukan kamu bahwa terus bertahan dengan pasangan seperti itu hanya akan membuat dirimu lelah secara batin. Dilansir dari Pure Wow, Jumat (18/10/2024) beberapa tanda yang harus kamu sadari bahwa hubunganmu dengan pasangan tidak cukup baik untuk dipertahankan dan melepaskannya menjadi pilihan terbaik.

1. Tidak Menjadi Diri Sendiri

Hubungan yang sehat adalah ketika keduanya menunjukkan sifat asli satu sama lain. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa cocok kamu dengan pasangan. Selain itu, sifat asli pasangan menjadi salah satu alasan hubungan dapat dipertahankan atau tidak.

Namun, jika kamu berusaha untuk mengubah diri baik sifat maupun penampilan sesuai dengan yang pasanganmu harapkan, itu artinya kamu tidak merasa percaya diri. Bahkan, secara tidak sadar kamu tidak menjadi dirimu sendiri saat bersama pasangan. Hal ini mendorong kamu untuk selalu berusaha menjadi apa yang mereka inginkan. Pada akhirnya kamu akan merasa tersiksa sendiri.

2 dari 5 halaman

2. Tidak Ada Timbal Balik yang Setara

Dalam menjalin hubungan yang diharapkan adalah rasa saling mengasihi, memberi, menyayangi satu sama lain. Namun, jika kamu dan pasangan jauh dari hal itu, maka ini menunjukkan bahwa kamu tidak cocok dengan dirinya. Hal ini dapat terjadi karena satu sama lain tidak saling memenuhi kebutuhan menjalin hubungan.

Selain itu, masalah ini juga dapat timbul karena hanya satu orang yang bersemangat dalam hubungan. Misalnya kamu selalu menanyakan kabar, menceritakan keadaan, dan lain sebagainya, tetapi pasanganmu tidak membalasnya. Hal ini yang membuat hubungan tampak membosankan bahkan membuat dirimu lelah sendiri menjalaninya.

3 dari 5 halaman

3. Sering Mengungkit

Masalah atau konflik dalam suatu hubungan adalah wajar. Sebagian orang mengatakan bahwa konflik mampu membuat hubungan bertahan lama. Hal ini akan terwujud jika konflik tersebut dapat terselesaikan dengan baik dan dapat saling memaafkan.

Jika kedapatan pasanganmu selalu mengungkit masalah tersebut dan terkesan selalu menyalahkan, maka hendaknya kamu membicarakan dan memperingatinya untuk tidak bersikap seperti itu. Namun, jika hal tersebut terus dilakukan, keluar dari hubungan tersebut adalah solusi terbaik. Kondisi semacam ini hanya membuat dirimu tidak nyaman sebab kamu mempertahankan hubungan yang salah.

4 dari 5 halaman

4. Pasangan Sering Melakukan Gaslighting

Gaslighting merupakan bentuk manipulasi yang dilakukan seseorang untuk mengontrol orang lain yang berdampak pada psikologis seseorang. Jika pasanganmu melakukan gaslighting, maka memutuskan hubungan adalah hal yang tepat. Namun, jika Anda terus ingin mempertahankan hubungan ini maka bersiaplah untuk menghadapi kendali yang dia lakukan terhadap dirimu.

Gaslighting memiliki banyak bentuk, seperti menolak untuk mendengar penjelasan dirimu terkait sesuatu yang membuat dirimu tidak nyaman dan mencoba mengalihkannya. Selain itu, meremehkan perasaanmu dan menganggapnya tidak penting adalah bentuk lain dari gaslighting. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus akan berdampak pada kesehatan mentalmu.

5 dari 5 halaman

5. Orang Lain Memberi Penilaian Tentang Hubunganmu

Orang-orang terdekat seperti sahabat dan keluarga tentu mengetahui sebagai kecil yang terlihat dari hubunganmu dan pasangan. Sehingga, mereka dapat melihat bagaimana proses dirimu dan pasangan. Kamu akan merasa senang jika orang-orang terdekatmu mengetahui dan mendukung hubungan kalian.

Namun, jika suatu saat ditemukan sahabatmu mengatakan bahwa pasanganmu terlihat buruk secara sikap saat bersama dengan dirimu. Maka coba untuk introspeksi diri dan sadari. Jika orang terdekat telah mengatakan hal itu, maka besar kemungkinan mereka memperhatikan hubunganmu tampak tidak baik-baik saja.