Sukses

Resmi Jadi Presiden-Wapres RI 2024-2029, Warganet Ucapkan Selamat Bekerja dan Semoga Amanah pada Prabowo dan Gibran

Resmi Jadi Presiden-Wapres RI 2024-2029, Warganet Ucapkan Selamat Bekerja dan Semoga Amanah pada Prabowo dan Gibran

Liputan6.com, Jakarta Pada pukul 10.31 WIB, Prabowo Subianto mengucapkan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Gibran Rakabuming Raka. Sebelumnya, keduanya dilantik di Gedung DPR-MPR.

Hal ini membuat keduanya resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Dalam sumpahnya, Prabowo berjanji untuk memegang teguh Undang-Undang Dasar.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Prabowo dan Gibran tak luput dari pantauan netizen. Tak hanya mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, netizen juga mengucapkan harapan mereka kepada Prabowo dan Gibran.

"Selamat kepada Pak Prabowo, Presiden Ke-8 Republik Indonesia. Semoga bisa menjaga kedaulatan ekonomi dan geopolitik NKRI, mengembalikan konstitusi yg hancur lebur, menegakkan hukum yg berkeadilan, mencerdaskan dan mensejahterakan rakyat," cuit seorang netizen di X atau Twitter.

"Saya mengucapkan selamat atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029, Bapak H. Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming. Semoga apa yang dicita-citakan demi mencapai Indonesia yang maju dapat diwujudkan pada masa pemerintahan ini," tulis netizen lainnya.

" Selamat bekerja kepada Bapak Presiden @prabowo dan Wakil Presiden @gibran_tweet semoga bisa membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia," ucap seorang netizen.

" Teruntuk pak Prabowo selamat bekerja dan mengabdi untuk masyarakat sebagai Presiden RI. Kami titipkan bangsa ini ke pundak Anda pak," doa seorang netizen.

"Selamat, Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka. Semoga tidak bertambah kasus pelanggaran HAM dan tidak miskin gagasan untuk Bangsa Indonesia ke depan!" tulis seorang warganet di Twitter.

2 dari 4 halaman

Pidato Perdana Presiden Prabowo: Targetkan Swasembada Pangan 4 Tahun

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029.

Dalam pidato perdananya sebagai Presiden, Prabowo menyatakan swasembada pangan menjadi salah satu target jangka pendek yang akan dia kerjakan.

"Indonesia harus swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Kita tidak boleh tergantung sumber makanan dari luar," tegas Prabowo di gedugn DPR RI, Minggu (20/10/2024).

"Saya sudah pelajari bersama pakar, saya yakin paling lambat 4-5 tahun kita akan swasembada pangan. Bahkan kita siap jadi lumbung pangan dunia," tambah Prabowo.

Tak Mau Tergantung Impor

Ambisi Prabowo ini muncul berdasarkan banyaknya masyarakat Indonesia masih kekurangan pangan. Di sisi lain, bahan pangan di Indonesia masih banyak yang tergantung dari impor.

"Dalam krisis, tidak ada yang mengizinkan barang mereka kita beli. Maka tidak ada jalan lain, dalam waktu sesingkat-singkatnya kita harus mencapai ketahanan pangan," tegas Prabowo.

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Prabowo: Kita Harus Berani Berantas Korupsi dengan Penegakan Hukum yang Tegas

Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato perdananya usai menjadi Presiden RI 2024-2029. Dalam pidatonya, dia menegaskan akan memberantas korupsi dengan memperbaiki sistem.

"Kita sudah katakan, kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi dengan perbaikan sistem dan penegakan hukum yang tegas, dengan digiltasi. Insya Allah kita akan bisa mengurasngi korupsi secara signifikan," kata Prabowo dalam pidatonya di Gedung DPR MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Prabowo menegaskan, pemberantasan korupsi harus diiringi dengan perilaku petinggi negara. Para pejabat, kata dia, harus memberikan contoh yang baik kepada rakyat untuk tidak melakukan tindak pidana korupsi. 

"Tapi ini harus kita lakukan seluruh unsur pimpinan harus memberi contoh. Ing ngarso sung tulodo. Ada pepatah mengatakan, kalau ikan menjadi busuk, busuknya dari kepala. Semua pejabat, pemimpin eselon, dan semua tingkatan harus memberi contoh menjalankan kepemimpinan pemerintahan yang sebersih bersihnya," kata dia.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Isu Palestina Disinggung dalam Pelantikan Presiden Prabowo Subianto dan Wapres Gibran Rakabuming Raka

Isu Palestina diangkat dalam acara pelantikan Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Ahmad Muzani.

 "Dalam hubungan internasional situasi global yang semakin kompleks, salah satu isu yang harus dilakukan dengan tepat yaitu perjuangan rakyat Palestina untuk mendapatkan kemerdekaan dan hak asasi mereka," kata Ahmad Muzani pada Minggu (20/10) yang kemudian disambut tepuk tangan berdiri dan teriakan Free Palestine oleh para hadirin.

"Kita semua tahu bahwa Palestina bukan masalah regional, tetapi juga persoalan kemanusiaan yang membutuhkan perhatian dan dukungan kita semua."

Ahmad Muzani mengatakan, sebagai bangsa yang menjunjung tinggi keadilan, Indonesia memiliki tanggung jawab moral yang terus mendukung hak masyarakat Palestina.

"Melalui diplomasi yang aktif, kita dapat memberikan suara pada mereka yang terpinggirkan, serta mendorong komunitas internasional untuk mendukung hak-hak rakyat Palestina," kata Ahmad Muzani.

Selengkapnya...