Sukses

Jenis Buah Ini Baik Dikonsumsi untuk Meningkatan Kesehatan Jantungmu

Buah berwarna-warni, lezat, dan dikaitkan dengan banyak manfaat seperti risiko penyakit jantung yang lebih rendah

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda suka makanan manis, Anda tahu bahwa menghentikan kebiasaan mengonsumsi permen untuk memuaskan keinginan bisa jadi sulit. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa gula bersifat adiktif, yang memicu pusat penghargaan di otak saat kita mengonsumsinya.

Meskipun tidak ada yang salah dengan menikmati permen dan makanan manis lainnya sesekali, mengonsumsi makanan olahan tinggi gula secara teratur dapat merusak kesehatan, termasuk jantung. Mengonsumsi jenis makanan ini secara teratur dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular dan kematian akibat penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi. 

Membiasakan diri mengonsumsi buah saat keinginan untuk mengonsumsi sesuatu yang manis muncul dapat menyelamatkan hidup Anda.

Seorang dokter jantung menjelaskan mengapa buah sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan membagikan buah yang ia konsumsi hampir setiap hari karena manfaatnya bagi kesehatan jantung.

Disarankan agar orang dewasa mengonsumsi antara 1,5 dan 2,5 cangkir buah sehari. Dr. Joel Kahn, MD, seorang ahli jantung holistik dan penulis The Whole Heart Solution mengatakan bahwa mengonsumsi buah setiap hari bermanfaat bagi seluruh tubuh. 

“Buah berwarna-warni, lezat, dan dikaitkan dengan banyak manfaat seperti risiko penyakit jantung yang lebih rendah, fungsi otak yang lebih baik, dan kesehatan seksual yang lebih baik. Buah adalah permen alami,” katanya.

 

2 dari 4 halaman

Banyak buah yang dapat melindungi jantungmu

Banyak penelitian ilmiah mendukung semua klaim ini. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa banyak buah (termasuk anggur, blueberry, delima, apel, dan alpukat) melindungi jantung, membantu mencegah penyakit kardiovaskular, dan bahkan membantu jantung pulih setelah operasi. Buah membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, dan meningkatkan kolesterol HDL yang “baik”.

Dalam hal kesehatan otak, penelitian ilmiah menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua yang mengonsumsi buah secara teratur memiliki fungsi kognitif yang lebih baik. Ini karena antioksidan dalam buah membantu meningkatkan aliran darah ke otak. 

Pernyataan Dr. Kahn tentang manfaat buah bagi kesehatan seksual juga memiliki bukti ilmiah. Mengonsumsi apel setiap hari telah dikaitkan dengan peningkatan pelumasan vagina.

 

3 dari 4 halaman

Jenis Buah Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Semua buah bermanfaat untuk kesehatan jantung, tetapi Dr. Kahn mengatakan ada beberapa buah yang sangat bermanfaat. "Stroberi terbukti dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung," katanya. 

Dr. Kahn mengatakan bahwa buah delima adalah buah lain yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa buah delima mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan membantu menurunkan kolesterol LDL jika dikonsumsi secara teratur.

Mengenai buah favoritnya untuk kesehatan jantung, Dr. Kahn mengatakan bahwa ia menyukai apel. Salah satu alasan mengapa ia sangat menyukainya adalah karena buah ini kaya akan serat, yang mendukung kesehatan usus. 

Ada hubungan langsung antara kesehatan usus dan kesehatan jantung; pola makan yang tinggi serat dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

"Apel kaya akan vitamin C yang sangat penting untuk kesehatan jantung dan kulit," kata Dr. Kahn, menyebutkan manfaat lain dari buah ini. 

"Apel juga mengandung banyak quercetin, yang sangat baik untuk kesehatan arteri dan sistem kekebalan tubuh," tambahnya. Dr. Kahn suka menikmati apel sebelum makan. "Saya justru makan lebih sedikit dan itu menguntungkan untuk nutrisi dan manajemen berat badan," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Mangga juga dapat bermanfaat bagi jantung

Meskipun manfaat apel untuk kesehatan jantung tidak dapat disangkal, Dr. Chauncey Crandall, MD, seorang ahli jantung di West Palm Beach, Florida, mengatakan ada buah lain yang menjadi favoritnya untuk kesehatan jantung: mangga. 

"Mangga merupakan sumber magnesium dan kalium yang baik, yang keduanya berhubungan dengan tekanan darah rendah," katanya.

Ini menunjukkan bahwa tidak hanya ada satu buah yang terbaik untuk kesehatan jantung; ruangan yang penuh dengan ahli jantung mungkin memiliki buah favorit yang berbeda yang mereka rekomendasikan! Yang terpenting adalah menyimpan buah yang benar-benar Anda sukai karena Anda akan lebih mungkin memakannya. Apa pun buah yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan manfaat bagi seluruh tubuh Anda, termasuk jantung Anda.