Sukses

Festival Jakarta Coffee Week 2024 Hadirkan Semangat Kolaborasi untuk Kemajuan Industri Kopi Tanah Air

Ajang tahunan Jakarta Coffee Week (Jacoweek) kembali hadir tahun ini dengan tajuk "Mandiri Presents Jakarta Coffee Week 2024"

Liputan6.com, Jakarta Ajang tahunan Jakarta Coffee Week (Jacoweek) kembali hadir tahun ini dengan tajuk "Mandiri Presents Jakarta Coffee Week 2024", yang akan berlangsung pada 1-3 November 2024 di Hall 5, ICE BSD City. Di tahun ke-9 penyelenggaraannya, Jacoweek 2024 mengusung tema "Celebration" sebagai bentuk apresiasi atas kemajuan pesat sektor kopi Indonesia, yang tak lepas dari kolaborasi berbagai pihak mulai dari petani, barista, hingga pecinta kopi yang telah mendukung industri kopi Tanah Air di kancah internasional.

Prestasi gemilang di sektor kopi kian terlihat tahun ini dengan meningkatnya popularitas kopi Indonesia di pasar dunia. Data Badan Pusat Statistik mencatat bahwa kopi robusta menjadi produk ekspor andalan Indonesia selama periode Januari hingga September 2024, khususnya kopi robusta mentah yang terus meningkat permintaannya di pasar internasional.

Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week, menjelaskan tentang visi besar Jacoweek, “Sejak awal diadakan, Jacoweek memiliki misi untuk menjadi platform yang mempertemukan komunitas, petani hingga pelaku industri kopi dan F&B, baik lokal maupun internasional. Tahun ini, ‘Celebration’ menjadi konsep yang kami bawa sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pihak yang bahu-membahu membangun komunitas kuat yang saling berkontribusi terhadap perkembangan industri kopi Indonesia.

Tepat 21 tahun lalu (2003), untuk pertama kalinya Indonesia mengikuti kejuaraan barista dunia dan kini juara utama kompetisi barista dunia dipegang oleh Indonesia. Inilah semangat selebrasi yang ingin kami bawa dan sebarkan untuk kemajuan kultur kopi spesialti Indonesia melalui perhelatan Jacoweek 2024,” ungkapnya.

Jacoweek kini tak hanya menjadi festival kopi biasa, namun sebuah platform strategis bagi pegiat industri kopi untuk menjalin kolaborasi. Dengan konsep one-stop shopping solution, pengunjung dapat merasakan pengalaman langsung dengan para pelaku industri kopi. Jacoweek 2024 mendapat dukungan penuh dari Bank Mandiri sebagai mitra perbankan resmi yang siap mendukung kesuksesan acara ini.

 

2 dari 3 halaman

Peluang bagi industri kopi Indonesia

Serlina Sari Wijaya, Senior Vice President Digital Marketing Group Bank Mandiri, turut mengungkapkan, “Bank Mandiri sepenuhnya mendukung perkembangan industri kopi di Indonesia. Dukungan ini tidak lepas dari gaya hidup masyarakat saat ini yang mengonsumsi kopi secara reguler. Sebagai mitra perbankan resmi Jacoweek 2024, kami memastikan pengunjung akan mendapatkan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah dan seamless selama penyelenggaraan acara.”

Serlina menambahkan bahwa Bank Mandiri berharap acara ini akan membuka peluang besar bagi industri kopi Indonesia yang memiliki potensi untuk terus tumbuh.

Selain menyajikan produk kopi terbaik, Jacoweek 2024 juga akan menghadirkan beragam kompetisi seperti Tarung Tiga, Nordic Roasting Challenge, hingga Jacoweek Cup of The Year. Kolaborasi dan eksibisi yang melibatkan lebih dari 168 brand kopi dan teh, baik lokal maupun internasional, siap menyajikan berbagai inovasi, termasuk sesi Coffee Bar experience yang memungkinkan pengunjung menikmati kopi dari coffee champion nasional maupun internasional.

 

3 dari 3 halaman

Antusiasme keberlanjutan Jacoweek

Daryanto Witarsa, Ketua Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), turut menyampaikan antusiasmenya atas keberlanjutan Jacoweek sebagai pionir pameran kopi di Indonesia.

“Sebagai salah satu pionir coffee exhibition di Indonesia, kami turut senang melihat Jacoweek konsisten diselenggarakan setiap tahunnya sebagai bentuk dukungan terhadap kemajuan industri kopi spesialti. Tema selebrasi yang dibawa sungguh menggambarkan antusias semua pelaku industri untuk memajukan dunia kopi Indonesia,” ungkap Daryanto.

Menurutnya, dengan akan hadirnya World of Coffee di Jakarta pada Mei 2025 mendatang, nama Indonesia diharapkan semakin bersinar dalam industri kopi dunia.

Bank Mandiri juga menghadirkan serangkaian program promosi khusus selama Jacoweek, termasuk promo upsize Rp1 di beberapa merchant seperti Anomali Kopi, Animo, dan Kyo Coffee. Nasabah Bank Mandiri bisa menikmati cashback hingga 50% dengan menggunakan QRIS Livin' by Mandiri, Mandiri Debit, Kredit, atau Livin’poin. Tiket masuk dapat dibeli seharga Rp35.000,- per pax dengan berbagai produk Bank Mandiri seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, dan QRIS Livin’.