Sukses

[Terima Kasih 2013] Ku Tinggalkan Status Mahasiswaku

2013 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Ada banyak hal di tahun ini yang harus segera ditinggalkan.

Citizen6, Malang: 2013 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Ada banyak hal di tahun ini yang harus segera ditinggalkan. Salah satunya adalah status sebagai mahasiswa.

Seperti baru kemarin saya merasakan menjadi mahasiswa baru di Universitas Brawijaya Malang. Dengan susah payah, mulai dari ujian SNMPTN hingga berakhir di meja sidang skripsi pada penghujung 2013 ini.
Awalnya, saya berpikir bahwa saya adalah orang yang paling cerdas karena berhasil mengalahkan ribuan pendaftar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit ini.

Hal ini telah membuat saya menjadi orang yang sombong. Tak jarang saya meremehkan teman-teman yang tidak berhasil lolos seleksi. Namun, kesombongan itu membuat saya lupa bahwa roda kehidupan tidak selamanya di atas. Ketika gagal meraih gelar sarjana dalam kurun waktu 4 tahun sesuai target, rasa malu, sesal, dan kecewa terus hadir pikiran saya. Ditambah sindiran sinis dari teman-teman yang dulu saya remehkan.

Dari situlah, saya mencoba untuk bangkit, terus berusaha, dan bertekad agar 2013 ini harus menjadi tahun terakhir untuk menyandang status mahasiswa dan pejuang skripsi. Akhirnya perjuangan saya pun selesai ketika dosen penguji dan pembimbing mengatakan,"Selamat Anda lulus ujian dan tidak mengulang."

Fase ini membuat saya semakin sadar bahwa hidup terus berjalan. Ada hal yang harus ditinggalkan untuk mengejar mimpi di depan. Satu hal yang saya sadari kini, bahwa saya memang bukanlah orang cerdas namun, saya hanyalah orang yang beruntung. Beruntung karena telah menyadari kesalahan dan menjadikannya pelajaran hidup yang sangat berharga. Bukankah orang beruntung mengalahkan orang yang cerdas sekalipun?

Terima kasih 2013 atas segala pelajaran, kenangan, dan rajutan mimpi untuk tahun-tahun berikutnya kelak. (mar)

Penulis
Eviera Paramita Sandi (@evieraaa)
Malang, evieraparamxxx@gmail.com


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com