Sukses

Pecinta Kopi, Berkumpulah di 'Minum Kopi'

Tingkat konsumsi masyarakat dunia terhadap kopi terus meningkat, sehingga membuat kopi menduduki rangking kedua

Citizen6, Jakarta: "Minum kopi" yaitu sebuah komunitas atau wadah yang berusaha menjadikan 'kedai kopi bersama' sebagai tempat dokumentasi informasi terkait kopi, menggali pengetahuan mengenai kopi, dan mengumpulkan orang-orang yang suka minum kopi.

Kopi tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Akhir-akhir ini berbagai kedai kopi bermunculan di berbagai tempat. Mengkonsumsi kopi telah menjadi gaya hidup tersendiri.

Terdapat banyak jenis kopi. Tempat tumbuhnya memiliki kontribusi yang penting terhadap cita rasa kopi tersebut, selain tentu saja pengolahan dan penyajiannya. Tempat-tempat penghasil kopi kualitas tinggi diantaranya Gayo (Aceh), Toraja, Wamena (Papua). Masing-masing mempunyai cita rasa khas yang berbeda-beda.

Puthut EA, Arys Aditya dan Purwoko Hendro Winarno founder komunitas "minum kopi" menjelaskan, kopi adalah sebuah kompleksitas yang mengagumkan. Indonesia memiliki sejarah kopi yang cukup panjang. Secara natural, kopi di Indonesia memiliki varian yang luar biasa banyak sehingga kami tergugah mendirikan komunitas kopi ini sebagai tempat bagi penikmat kopi.

Ada tiga poin terpenting dalam komunitas ini, memberikan informasi, memberi pengetahuan dan saling berbagi pengalaman. 'Minum Kopi' menjelaskan mengenai ketiga poin:
 
Minum kopi memberikan informasi tentang tempat yakni dari hulu sampai hilir yang menjadikan kopi sebagai komoditas. Bisa berupa perkebunan, tempat pengolahan kopi, pabrik bahkan warung atau kafe yang menyajikan kopi.

Memberi pengetahuan, bisa berupa teori, resensi, sejarah, dan apa saja yang menjadikan kopi sebagai objek pengetahuan. Sebab kopi sebagai komoditas ekonomi yang sudah cukup tua yang tentu saja sudah ada bangunan struktur pengetahuan yang menopangnya.

Sedangkan pengalaman merupakan intensitas seseorang secara personal terhadap kopi. Setiap orang boleh saja meminum kopi ditempat yang sama, tetapi pengalaman dari menikmati kopi pasti berbeda.

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:
Fingerboard, Main Skate dengan Jari

Dira Ratri, Illustrator Pemenang Kontes Wakai

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.