Sukses

Daftar Lima Aset Kripto Penting Selain Bitcoin (II)

Cryptocurrency yang dibuat setelah Bitcoin secara kolektif disebut altcoin atau alternative coin, dan dalam beberapa kasus sering disebut shitcoin.

Liputan6.com, Jakarta - Bitcoin tidak hanya menjadi trendsetter, tetapi secara de facto juga telah menjadi standar untuk cryptocurrency.

Bitcoin menginspirasi banyak pengikut dan membuat banyak koin-koin baru bermunculan. Sebelum masuk dalam daftar aset kripto penting selain Bitcoin, ada baiknya untuk memahami terlebih dulu apa itu Cryptocurrency. Cryptocurrency didefinisikan secara luas, adalah uang virtual atau digital yang berbentuk token atau koin.

Cryptocurrency umumnya dirancang untuk bebas dari manipulasi dan kontrol pemerintah, tetapi semakin populer, aspek dasar industri ini mendapat kecaman dan saat ini aset kripto bisa berpengaruh karena adanya regulasi tertentu.

Cryptocurrency yang dibuat setelah Bitcoin secara kolektif disebut altcoin atau alternative coin, dan dalam beberapa kasus sering disebut shitcoin.

Tidak sedikit altcoin yang bermunculan meniru Bitcoin atau bahkan memodifikasinya, namun tingkat keamanan yang dicapai jaringan Bitcoin sebagian besar belum terlihat oleh altcoin.

Meskipun begitu, beberapa kemunculan koin atau token baru memiliki berbagai keunikan lain yang tidak dimiliki Bitcoin, hal tersebut yang menjadi koin atau token ini menjadi pilihan lain yang cukup penting selain Bitcoin.

Dilansir dari Investopedia, Selasa (11/1/2022), berikut lima aset kripto penting selain Bitcoin:

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Ethereum (ETH)

Alternatif Bitcoin pertama dalam daftar yaitu Ethereum (ETH). ETH adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dibangun dan dijalankan tanpa downtime, penipuan, kontrol, atau gangguan dari pihak ketiga.

Aplikasi Ethereum dijalankan menggunakan blockchain miliknya sendiri. Pada tahun 2014, Ethereum meluncurkan presale untuk Ether, yang menerima respons luar biasa.

Pada Desember 2020, Ethereum mentransisikan algoritma konsensusnya dari proof of work (PoW) ke proof of stake (PoS). Langkah ini dimaksudkan untuk memungkinkan jaringan Ethereum berjalan sendiri dengan energi yang jauh lebih sedikit dan kecepatan transaksi yang lebih baik.

 

3 dari 6 halaman

Litecoin (LTC)

Litecoin (LTC), diluncurkan pada 2011, merupakan salah satu cryptocurrency pertama yang mengikuti jejak Bitcoin dan sering disebut sebagai perak untuk emas Bitcoin. LTC dibuat oleh Charlie Lee, lulusan MIT dan mantan Google insinyur.

Pada Januari 2022, Litecoin memiliki kapitalisasi pasar sebesar USD 9 miliar dan nilai per token sekitar USD 130, menjadikannya cryptocurrency terbesar ke-22 di dunia.

4 dari 6 halaman

Cardano (ADA)

Cardano (ADA) adalah cryptocurrency yang dibuat dengan pendekatan berbasis penelitian oleh para insinyur, matematikawan, dan pakar kriptografi. Proyek ini didirikan bersama oleh Charles Hoskinson, salah satu dari lima pendiri awal anggota Ethereum.

Setelah memiliki beberapa ketidaksepakatan dengan arah yang diambil Ethereum, dia pergi dan kemudian membantu menciptakan Cardano. Pada Januari 2022, Cardano memiliki kapitalisasi pasar terbesar ketujuh dengan USD 37 miliar, dan satu ADA diperdagangkan sekitar USD 1,15.

5 dari 6 halaman

Polkadot (DOT)

Polkadot (DOT) adalah cryptocurrency unik yang ditujukan untuk memberikan interoperabilitas di antara blockchain lainnya. Komponen inti Polkadot adalah rantai memungkinkan interoperabilitas berbagai jaringan

Polkadot dibuat oleh Gavin Wood, salah satu anggota lain dari pendiri inti proyek Ethereum yang memiliki pendapat berbeda tentang masa depan proyek. Pada Januari 2022, Polkadot memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$26 miliar, dan satu DOT diperdagangkan seharga USD 24,50.

6 dari 6 halaman

Bitcoin Cash (BCH)

Bitcoin Cash (BCH) memegang tempat penting dalam sejarah altcoin karena ini adalah salah satu bagian paling awal dan paling sukses dari Bitcoin asli.

BCH memulai hidupnya pada Agustus 2017 sebagai akibat dari salah satu perpecahan. Perdebatan yang mengarah pada pembentukan BCH berkaitan dengan masalah skalabilitas, jaringan Bitcoin memiliki batasan ukuran blok sebesar satu megabyte (MB). Kemudian, BCH meningkatkan ukuran blok dari satu MB menjadi delapan MB.

Pada Desember 2021, BCH memiliki kapitalisasi pasar sekitar USD 7 miliar dan nilai per token USD 372,19.

Â