Sukses

OpenSea, Marketplace NFT Terbesar di Dunia yang Terinspirasi dari CryptoKitties

OpenSea, yang juga merupakan salah satu startup blockchain telah mengumpulkan USD 300 juta atau Rp 4,3 triliun dalam modal ventura baru.

Liputan6.com, Jakarta - OpenSea merupakan marketplace NFT peer-to-peer pertama dan terbesar di dunia. Platform ini mendukung token ERC-1155 dan ERC-721. Adapun NFT atau aset digital yang ditawarkan di platform ini bisa berupa kartu perdagangan olahraga, musik, foto, video, nama domain, dan aset dalam game.

OpenSea, yang juga merupakan salah satu startup blockchain telah mengumpulkan USD 300 juta atau Rp 4,3 triliun dalam modal ventura baru. Hal tersebut menjadikannya salah satu perusahaan swasta paling berharga di kripto.

Dilansir dari situs resmi OpenSea, Kamis (13/1/2022), pada platform OpenSea terdapat NFT yang unik, terbukti langka, dapat diperdagangkan, dan dapat digunakan di berbagai aplikasi. 

Layaknya barang fisik, para pengguna OpenSea dapat melakukan apa pun dengan NFT yang dimilikinya seperti memberikannya kepada sesama pengguna di seluruh dunia, atau menjualnya di pasar terbuka.

Namun, tidak seperti barang fisik, NFT dibekali dengan semua kemampuan program barang digital, sehingga sebuah NFT hanya bisa dimiliki oleh satu orang. 

OpenSea didirikan pada 2017, hingga saat ini tercatat ada lebih dari 600 ribu orang telah bergabung di OpenSea. Selain itu, ada lebih dari 80 juta NFT yang dijual di OpenSea. Bahkan, volume transaksi di OpenSea telah mencapai USD 10 miliar, atau sekitar Rp 143 triliun. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Terinspirasi dari CryptoKitties

Melalui situs resminya, OpenSea menjelaskan mereka terinspirasi dari platform CryptoKitties. Pada awal kemunculannya, pada 2017, CryptoKitties terasa seperti mainan bagi banyak orang, tetapi ternyata itu mewakili perubahan dramatis dalam berinteraksi dengan barang-barang di dunia digital. 

Melihat kemunculan CryptoKitties yang menarik, pada tahun yang sama, OpenSea hadir dengan versi betanya dan menjadi pasar terbuka pertama untuk setiap token yang tidak dapat dipertukarkan di blockchain Ethereum.Â