Sukses

Pertukaran Kripto Kraken Tak Bakal Tutup Akun Pengguna Rusia

Menurut CEO Kraken larangan total tidak adil bagi rata-rata orang Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu pertukaran cryptocurrency terbesar di dunia tidak akan menutup akun Rusia kecuali jika Departemen Luar Negeri memerintahkannya untuk melakukannya, menurut CEO-nya.

CEO dan salah satu pendiri Kraken, Jesse Powell mengatakan perusahaan yang berbasis di San Francisco berada dalam persyaratan sanksi hukum dan bekerja sama dengan penegak hukum untuk memastikan akun yang diblokir tidak lolos dari celah. 

Tetapi menurutnya larangan total tidak adil bagi rata-rata orang Rusia, yang mungkin tidak mendukung invasi negara itu ke Ukraina.

"Ini adalah tindakan yang cukup ekstrem, dan ini jauh dari mematikan akses seseorang ke layanan streaming musik mereka, atau aplikasi berbagi foto mereka,” kata Powell, dikutip dari CNBC, Kamis (10/3/2022). 

"Mematikan akses keuangan seseorang adalah sesuatu yang kami anggap sangat serius,” lanjutnya. 

Amerika Serikat, Inggris dan Uni Eropa telah mengumumkan gelombang hukuman terhadap Rusia untuk menekan Presiden Vladimir Putin agar mundur dari serangan terhadap Ukraina

Visa, Mastercard, bank-bank besar, dan perusahaan lain seperti Nike dan Apple juga  telah berhenti berbisnis di Rusia.

Terlepas dari pembatasan, perusahaan pembayaran secara teknis masih diizinkan untuk beroperasi di sana, selama akun tersebut tidak muncul dalam daftar sanksi. 

Jika sekutu AS dan NATO melangkah lebih jauh dengan larangan di seluruh negeri, seperti yang ada di Korea Utara dan Iran, Powell mengatakan pertukaran itu akan melakukannya. 

"Di mana kami diharuskan melakukannya secara hukum, kami akan membekukan akun tersebut. Tapi sejauh sanksi individu, kami belum melihat bahwa bekerja dengan baik,” ujar Powell.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Desakan Pejabat Ukraina

Pejabat Ukraina telah mendesak industri untuk turun tangan. Wakil Perdana Menteri Mykhailo Fedorov mentweet permohonan ke semua bursa kripto utama untuk memblokir alamat mereka. 

Fedorov juga mengatakan penting untuk membekukan tidak hanya alamat yang terkait dengan politisi Rusia dan Belarusia, tetapi juga untuk sabotase. pengguna biasa.

Pesaing Kraken Binance, Coinbase dan FTX juga masih beroperasi di Rusia dan menurut perusahaan data Kakio, telah melihat lebih banyak aktivitas di Eropa Timur sejak konflik dimulai. 

Transaksi dalam rubel Rusia dan hryvnia Ukraina mencapai level tertinggi dalam beberapa bulan, menunjukkan peningkatan permintaan di tengah konflik, menurut data dari Kaiko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.