Sukses

Mengenal JST Coin Milik Ekosistem DeFi JUST

JST Coin adalah token yang memiliki berbagai fungsi di platform JUST.

Liputan6.com, Jakarta - JUST adalah ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) baru yang populer yang dibangun untuk blockchain TRON.

Rangkaian produk JUST sebagian besar berpusat di sekitar platform pinjaman stablecoin terdesentralisasi yang dikenal sebagai JustStable, seperti dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (10/3/2022). 

Platform ini diluncurkan pada Agustus 2020 setelah initial exchange offering (IEO) pada platform Poloniex LaunchBase awal tahun yang sama, tetapi token tata kelola asli platform (JST) telah beredar sejak Mei 2020.

Apa itu JST Coin?

Dalam ekosistem JUST terdapat dua token utilitas yaitu USDJ dan JUST (JST) atau JST Coin. USDJ adalah Stablecoin yang nilainya dipatok dengan nilai dolar AS (USD). Sedangkan JST Coin adalah token yang memiliki berbagai fungsi di platform JUST. 

Beberapa fungsi di antaranya yaitu membayar bunga, membantu memelihara platform dan berpartisipasi dalam tata kelolanya, membantu menetapkan parameter seperti suku bunga (biaya stabilitas) dan rasio agunan minimum.

Per Januari 2021, total ada 2,26 miliar JST yang beredar, dari pasokan maksimum 9,9 miliar. Ini mewakili 23 persen dari pasokan maksimum.

Token ini diperoleh dengan menyetor, meminjamkan, dan menyediakan likuiditas di JUST Network atau dengan menyelesaikan beberapa tindakan lain seperti dengan berpartisipasi dalam kampanye khusus.

Sebagai token TRC-20, JUST Network diamankan oleh blockchain TRON yang mendasarinya.

Tidak seperti platform lain yang menggunakan mekanisme konsensus proof-of-work (POW) energi intensif untuk menjaga integritas blockchain dan menangkal potensi serangan, TRON menggunakan sistem delegasi-bukti-of-stake (dPOS) yang hemat energi.

Pendiri JUST

Ekosistem JUST dikelola oleh JUST Foundation, yang mencakup individu dari Alibaba, Tencent, IBM, dan perusahaan internet kelas dunia lainnya. Sementara untuk tim analisis keuangan JUST berasal dari beberapa bank investasi global, menurut situs webnya.

Beberapa individu yang paling menonjol termasuk Terance F (ahli blockchain dan mantan karyawan Barclays dan IBM), Elvis Zhang (pengembang senior dan peneliti blockchain berpengalaman), C Wu (spesialis dalam dompet dan bursa), dan GL Kong (seorang ahli dompet dan bursa berpengalaman).

Nama lengkap dan profil sebagian besar tim JUST tidak dipublikasikan. Namun, tampaknya proyek tersebut tumpang tindih dengan tim pengembangan TRON, karena platform tersebut diumumkan oleh CEO dan pendiri TRON Justin Sun, dan telah menerima dukungan teknis dan keuangan dari TRON.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga JST Coin

Berdasarkan data Coinmarketcap, Kamis (10/3/2022), harga JST adalah Rp 756,25 dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 5.286.260.068.754.

JST naik 15,65 persen dalam 24 jam terakhir. Sedangkan untuk peringkat Coinmarketcap saat ini adalah 141 dengan kapitalisasi pasar Rp 5.520.969.990.972. Hingga saat ini telah terjadi peredaran suplai sebanyak 7.300.425.000 JST dari maksimal suplai 9,9 miliar JST.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.