Sukses

Anggota Kongres AS Minta EPA Selidiki Dampak Lingkungan Penambangan Kripto

Anggota parlemen mengatakan industri kripto yang “berkembang pesat” harus dipantau.

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Kongres DPR Amerika Serikat (AS) ingin Badan Perlindungan Lingkungan (EPA) melihat dampak lingkungan dari penambangan kripto, dengan alasan “keprihatinan serius” tentang polusi dan emisi gas rumah kaca.

Dua lusin legislator, yang dipimpin oleh Rep Jared Huffman (D-Calif.), mengirim surat kepada EPA meminta badan pengawas untuk memastikan perusahaan pertambangan mematuhi Clean Air Act dan Clean Water Act.

"Kami memiliki keprihatinan serius mengenai laporan bahwa fasilitas cryptocurrency di seluruh negeri mencemari komunitas dan memiliki kontribusi besar terhadap emisi gas rumah kaca,” bunyi surat itu, dikutip dari CNBC, ditulis Senin (6/6/2022). 

Anggota parlemen mengatakan industri kripto yang “berkembang pesat” harus dipantau, dan mengkritik token digital yang memerlukan sistem Proof of Work (PoW) untuk mengotorisasi transaksi, yang melibatkan penambang yang menggunakan komputer intensif daya untuk memecahkan teka-teki kompleks.

Surat itu mengeluhkan tentang "pertambangan server besar-besaran" yang digunakan dalam penambangan PoW, mengatakan penggunaan perangkat keras komputasi khusus menciptakan tantangan limbah elektronik utama.

“Jutaan perangkat dengan cepat menjadi usang, yang mengarah ke sejumlah besar limbah elektronik,” kata surat itu, mengutip perkiraan penambangan Bitcoin saja menghasilkan 30.700 ton limbah elektronik setiap tahun. 

“Industri harus bertanggung jawab atas limbah ini dan tidak disarankan untuk membuatnya,” lanjut isi surat itu.

Selain mengevaluasi perusahaan pertambangan untuk memastikan mereka mematuhi undang-undang lingkungan, surat tersebut meminta agar EPA terlibat dengan masyarakat di mana server penambangan berada saat meninjau izin untuk memastikan masyarakat tidak ditinggalkan dengan beban beracun yang terkait dengan teknologi ini. 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Microstrategy Tak Bakal Jual Cadangan Bitcoin

Sebelumnya, CEO dari perusahaan perangkat lunak yang terdaftar di Nasdaq, Microstrategy, Michael Saylor, membagikan pandangan Bitcoin-nya dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Finance Live.

Saylor masih bullish pada Bitcoin meskipun aksi jual baru-baru ini. Dia ditanya apakah ada target harga di mana Microstrategy akan mulai melikuidasi beberapa Bitcoin-nya. Seperti diketahui saat ini, perusahaan tersebut memegang 129.218 BTC.

"Tidak, kami berada di dalamnya untuk jangka panjang. Strategi kami adalah membeli bitcoin dan menahan bitcoin, jadi tidak ada target harga. Saya berharap kita akan membeli bitcoin di top lokal selamanya,” jawab Saylor, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis, 2 Juni 2022.

"Saya berharap bitcoin akan mencapai jutaan. Jadi, kami sangat sabar. Kami pikir ini adalah masa depan uang,” lanjut dia. 

CEO Microstrategy itu juga memberikan pendapatnya mengenai fenomena yang terjadi baru-baru ini pada kripto jaringan Terra, Luna coin dan Terra USD (UST). 

“Saya pikir kehancuran LUNA, UST ini, yang akan mempercepat regulasi stablecoin dan token keamanan, yang akan menjadi hal yang baik untuk industri ini,” ujar Saylor. 

“Seiring waktu, saya pikir ketika orang-orang terdidik dan mereka merasa lebih nyaman, saya pikir kami akan pulih dari penurunan ini,” ujar dia.

Saylor telah lama bullish pada bitcoin. Pada Februari  lalu, dia mengatakan ada bukti lebih banyak adopsi institusional. Kemudian pada November tahun lalu, dia mengatakan bitcoin akan muncul sebagai kelas aset senilai USD 100 triliun.

 

 

3 dari 4 halaman

FTC Sebut Kerugian Korban Penipuan Kripto Sentuh Rp 14,43 Triliun Sejak 2021

Sebelumnya, lebih dari dari 46.000 orang menyebutkan kehilangan lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,43 triliun (asumsi kurs Rp 14.438 per dolar AS) dalam bentuk kripto karena penipuan sejak awal 2021.

Hal itu berdasarkan laporan yang dirilis oleh Federal Trade Commission (FTC) pada Jumat, 3 Juni 2022. Kerugian tahun lalu hampir 60 kali lipat dari 2018, dengan kerugian individu rata-rata USD 2.600.

FTC mencatat cryptocurrency teratas yang orang sampaikan memakai membayar scammer adalah bitcoin sebesar 70 persen, tether sebesar 10 persen dan ether sebesar 9 persen. Salah satu fitur utama cryptocurrency seperti bitcoin adalah transfer pembayaran bersifat final dan tidak dapat dibatalkan.

Ini tidak selalu merupakan hal baik. Chargebacks,sejenis alat yang dirancang untuk melindungi konsumen memungkinkan konsumen untuk membatalkan transaksi jika klaim telah ditagih secara curang untuk barang atau layanan yang tidak mereka terima.

Hampir setengah orang yang melaporkan kehilangan kripto karena penipuan sejak 2021 mengatakan dimulai dengan semacam pesan di platform media sosial. Platform teratas yang disebutkan dalam pengaduan ini adalah Instagram 32 persen, Facebook sebesar 26 persen, WhatsApp 9 persen dan Telegram 7 persen.

Peluang investasi palsu sejauh ini merupakan jenis penipuan yang paling umum. Pada 2021, kerugian penipuan kripto sebesar USD 575 juta atau Rp 8,3 triliun juga dilaporkan ke FTC terkait peluang investasi.

Orang-orang melaporkan situs web dan aplikasi investasi akan membiarkan mereka melacka pertumbuhan kripto mereka, tetapi aplikasi itu palsu. Ketika mereka mencoba mengeluarkan uangnya, dan tidak bisa.

4 dari 4 halaman

Modus Penipuan

"Tidak ada bank atau otoritas terpusat lainnya untuk menandai transaksi mencurigakan dan berusaha menghentikan penipuan sebelum itu terjadi,” FTC memperingatkan dalam laporannya.

"Pertimbangan ini tidak unik untuk transaksi kripto, tetapi semuanya dimainkan oleh scammers,”

Penipuan asmara sumber kerugian penipuan kripto paling umum kedua. Diikuti penipuan peniruan identitas bisnis dan pemerintah, yang menurut FTC sering kali dapat dimulai dengan pesan palsu yang mengaku berasal dari perusahaan teknologi Amazon dan Microsoft.

Konsumen lebih muda lebih mungkin tertipu oleh penipuan kripto. FTC melaporkan orang berusia 20 tahun-49 tahun lebih dari tiga kali mungkin dari pada kelompok usia lebih tua untuk melaporkan kehilangan kripto karena scammer.

Untuk hindari scam, FTC mengatakan orang harus memahami investasi cryptocurrency tidak pernah menjamin pengembalian, menghindari pengaturan bisnis yang memerlukan pembelian kripto dan berhati-hati terhadap hal-hal romatis yang disertai dengan ajakan kripto.

Berita itu muncul setelah beberapa minggu yang penuh gejolak di pasar kripto. Stablecoin gagal yang dipatok dolar AS membantu menyeret seluruh kelas aset kripto, menghapus triliunan dolar dari kapitalisasi pasar sektor ini dan merusak kepercayaan investor dalam prosesnya.

Banyak investor institusi dan ritel rugi, dan sebagian besar tidak ada backstops dari FDIC, atau perlindungan asuransi konsumen lainnya.

Miliarder kripto Cameron dan Tyler Winklevoss baru-baru ini umumkan PHK di bursa kripto Gemini. Hal ini menunjukkan industri ini dalam fase kontraksi yang dikenal sebagai musim dingin kripto yang telah diperparah oleh gejolak makroekonomi dan geopolitik saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.