Sukses

46 Ribu Orang di AS Telah Tertipu Rp 14,4 Triliun Akibat Kripto

Jenis penipuan kripto yang paling umum adalah penipuan investasi.

Liputan6.com, Jakarta - Euforia seputar cryptocurrency pada 2021 tidak hanya membuat beberapa orang menjadi jutawan dan miliarder, tetapi memberikan kehancuran bagi banyak investor ritel.

Keadaan ini juga tidak cukup membaik hingga memasuki awal 2022 karena kejahatan dan penipuan kripto masih sering terjadi. Menurut laporan baru dari Federal Trade Commission (FTC), sejak awal 2021, sekitar 46.000 orang telah melaporkan kehilangan lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun dalam bentuk kripto karena penipuan, 

Cryptocurrency teratas yang paling banyak dimanfaatkan oleh para scammers adalah bitcoin (70 persen), stablecoin Tether (10 persen), dan Ether (9 persen) kripto terbesar kedua berdasarkan nilai pasar.

FTC mengklaim kripto telah menjadi metode umum yang mengkhawatirkan bagi scammers untuk mendapatkan uang orang.

"Kripto memiliki beberapa fitur yang menarik bagi scammers, yang dapat membantu menjelaskan mengapa kerugian yang dilaporkan pada tahun 2021 hampir enam puluh kali lipat dari tahun 2018," kata FTC, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (6/6/2022). 

“Pertama, tidak ada bank atau otoritas terpusat lainnya untuk menandai transaksi yang mencurigakan dan berusaha menghentikan penipuan sebelum itu terjadi. Kedua, ketika transfer kripto dilakukan, itu tidak dapat dibatalkan. Ketiga, masih orang masih asing dengan cara kerja kripto," sebut FTC. 

Berdasarkan laporan FTC, hampir separuh orang yang melaporkan kehilangan kripto karena penipuan sejak 2021 mengatakan semuanya dimulai dengan iklan, postingan, atau pesan di platform media sosial.

"Selama periode ini, hampir empat dari setiap sepuluh dolar yang dilaporkan hilang karena penipuan yang berasal dari media sosial hilang di kripto, jauh lebih banyak daripada metode pembayaran lainnya,” isi laporan FTC. 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Modus Investasi

Jenis penipuan kripto yang paling umum adalah penipuan investasi. Sejak 2021, USD 575 juta dari semua kerugian penipuan kripto yang dilaporkan ke FTC adalah tentang peluang investasi palsu.

“Cerita yang dibagikan orang-orang tentang penipuan ini menggambarkan badai yang sempurna, janji palsu tentang uang mudah dipasangkan dengan pemahaman dan pengalaman kripto yang terbatas,” kata laporan itu.

Penipu investasi mengklaim mereka dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan pengembalian besar bagi investor. Namun, 'investasi' kripto itu langsung masuk ke dompet para scammer.

Regulator mengatakan berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk menghindari kontra kripto. Pertama, hanya scammers yang akan menjamin keuntungan atau pengembalian besar. Tidak ada investasi cryptocurrency yang dijamin menghasilkan uang, apalagi uang besar.

Kedua, tidak ada yang sah akan meminta Anda untuk membeli cryptocurrency. Bukan untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk melindungi uang Anda. Itu penipuan. Ketiga, jangan pernah mencampurkan saran kencan online dan investasi. Jika pasangan dari kencan online ingin menunjukkan kepada Anda cara berinvestasi di kripto, atau meminta Anda mengirimi mereka kripto, itu penipuan.

3 dari 4 halaman

CEO Terraform Labs Do Kwon Hadapi Tuduhan Pencucian Uang Rp 69,4 Miliar

Sebelumnya, Do Kwon dan perusahaannya Terraform Labs tidak berhenti menjadi berita utama sejak kehancuran besar-besaran ekosistem Terra pada awal Mei 2022. Tuduhan yang ditujukan pada Kwon dan perusahaannya pun silih berganti. 

Tuduhan terbaru yang ditujukan kepada Do Kwon dan Terraform Labs adalah pencucian uang. Seperti yang dilaporkan oleh KBS News, perusahaan tersebut telah dituduh melakukan pencucian total USD 4,8 juta atau sekitar Rp 69,4 miliar melalui perusahaan cangkang Korea Selatan.

Perusahaan cangkang adalah sebuah perusahaan yang didirikan secara resmi dan terdaftar secara hukum dalam wilayah atau yurisdiksi tertentu, tetapi perusahaan tersebut tidak melakukan kegiatan apa pun.

Menurut mantan pengembang di Terraform Labs, yang berbicara dengan saluran berita lokal, majikan mereka sebelumnya memiliki koneksi dengan "Perusahaan K", yang dijalankan "dengan nama pinjaman oleh Terra". 

Berdasarkan apa yang dikatakan staf, ruang kerja itu juga diberi judul “Terra” dalam denah bangunan, tetapi kemudian dipindahkan.

Majalah itu juga mengungkapkan Layanan Pajak Nasional telah menemukan jumlah 6 miliar won senilai sekitar USD 4,8 yang dikirim dari Terraform Labs ke Perusahaan K, yang dicatat di bawah "pengeluaran lain."

Salah satu anggota Terra Research Forum yang populer di Twitter, dengan username FatMan dilaporkan melakukan beberapa penelitian dan mengkonfirmasi ada hubungan antara kedua entitas tersebut.

Tepatnya, pelapor ini memverifikasi hubungan antara Perusahaan K dan Kernel Labs, yang diduga dibuat oleh orang yang sama yang membuat Terraform Labs. FatMan, dalam serangkaian tweet pada 30 Mei, membagikan rincian tentang tuduhan pencucian uang.

“Karyawan dari perusahaan K memiliki tumpang tindih yang besar dengan karyawan dari Terra dan sering berbagi ruang yang sama. Keduanya didirikan pada tahun 2018. Sebagian besar karyawan perusahaan K adalah pengembang Terra. CEO Perusahaan K, Mo Kim, dengan keras membantah adanya afiliasi besar,” tulis cuitan pada utas Fatman, dikutip dari Times Tabloid, Senin (6/6/2022). 

“Mengapa ini menarik? Nah, otoritas pajak Korea melaporkan tahun lalu, Terra mengirim 6 miliar won (USD 4,8 juta) kepada CEO perusahaan K. Ini dilaporkan di pembukuan sebagai 'pengeluaran lain'. Secara hipotesis, jika keduanya adalah satu dan sama, ini akan mengindikasikan pencucian,” twit FatMan. 

4 dari 4 halaman

Dituding Melakukan Penipuan

Fatman juga menjelaskan KBS tidak mengungkapkan siapa perusahaan K itu, tetapi sementara itu, pejabat Pajak Korea diberitahukan Terraform Labs telah didenda karena penghindaran pajak setelah melihat transaksi mencurigakan ke Kernel Labs.

Ini bukan pertama kalinya FatMan, sumber kebocoran yang familiar di industri kripto, melakukan penyelidikan mendalam terhadap ekosistem. 

Pada akhir Mei, FatMan menuduh Do Kwon, melakukan penipuan yang dilakukan melalui Mirror Protocol (MIR), dengan maksud untuk menguntungkan Do Kwon dan VC, “sambil memanipulasi tata kelola dan mengacaukan ritel”. 

Sementara itu, runtuhnya Terra telah mengakibatkan Korea Selatan mengambil sikap yang lebih keras terhadap kripto dan membentuk “Komite Aset Digital” yang akan fokus pada regulasi kripto yang ketat. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.