Sukses

Pemerintah Buenos Aires Bakal Izinkan Warganya Bayar Pajak Pakai Kripto

Inisiatif ini merupakan bagian dari dorongan digitalisasi di Buenos Aires.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Buenos Aires, ibu kota Argentina, berencana mengizinkan warganya membayar pajak dengan mata uang kripto. Menurut media pengumuman itu dibuat oleh kepala pemerintah Buenos Aires, Horacio Rodriguez Larreta melalui panggilan Zoom baru-baru ini. 

Inisiatif ini merupakan bagian dari dorongan digitalisasi yang akan dilakukan kota ini untuk memperluas akses warga terhadap dokumen dan layanan pemerintah.

“Rencana ini, yang disebut Buenos Aires+, berusaha untuk menyederhanakan dan merampingkan hubungan dengan warga dan kota,” kata Larreta, dikutip dari Bitcoin.com, Senin (6/6/2022). 

Sekretaris Inovasi dan Transformasi Digital, Diego Fernandez menjelaskan pentingnya blockchain untuk dorongan digitalisasi ini (yang berusaha mengotomatiskan 70 persen formalitas selama tahun pertama implementasinya).

“Saya percaya bahwa teknologi blockchain akan memberi pemerintah kemungkinan untuk membuat semua tindakannya lebih transparan dan mendorong partisipasi warga secara lebih dalam,” ujar Fernandez. 

Proposal ini mirip dengan yang diajukan oleh pemerintah Rio de Janeiro pada Maret, yang juga mengumumkan akan menerima cryptocurrency sebagai pembayaran untuk beberapa jenis pajak mulai tahun depan.

Salah satu proyek utama yang ingin diselesaikan kota ini adalah penerapan sistem ID digital, yang memungkinkan warga menyederhanakan permintaan dokumen dan pembayaran yang dilakukan ke kota. 

Sistem ini juga berusaha agar dapat dioperasikan, artinya beberapa organisasi pemerintah dapat berinteraksi dengannya dengan cara yang berbeda.

Ini juga seolah-olah dapat membantu merampingkan tugas yang memakan waktu di antara kantor-kantor pemerintah yang berbeda, memberi warga kesempatan untuk mengelola semua tugas mereka dalam sistem yang sama.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

46 Ribu Orang di AS Telah Tertipu Rp 14,4 Triliun Akibat Kripto

Sebelumnya, euforia seputar cryptocurrency pada 2021 tidak hanya membuat beberapa orang menjadi jutawan dan miliarder, tetapi memberikan kehancuran bagi banyak investor ritel.

Keadaan ini juga tidak cukup membaik hingga memasuki awal 2022 karena kejahatan dan penipuan kripto masih sering terjadi. Menurut laporan baru dari Federal Trade Commission (FTC), sejak awal 2021, sekitar 46.000 orang telah melaporkan kehilangan lebih dari USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun dalam bentuk kripto karena penipuan, 

Cryptocurrency teratas yang paling banyak dimanfaatkan oleh para scammers adalah bitcoin (70 persen), stablecoin Tether (10 persen), dan Ether (9 persen) kripto terbesar kedua berdasarkan nilai pasar.

FTC mengklaim kripto telah menjadi metode umum yang mengkhawatirkan bagi scammers untuk mendapatkan uang orang.

"Kripto memiliki beberapa fitur yang menarik bagi scammers, yang dapat membantu menjelaskan mengapa kerugian yang dilaporkan pada tahun 2021 hampir enam puluh kali lipat dari tahun 2018," kata FTC, dikutip dari Yahoo Finance, Senin (6/6/2022). 

“Pertama, tidak ada bank atau otoritas terpusat lainnya untuk menandai transaksi yang mencurigakan dan berusaha menghentikan penipuan sebelum itu terjadi. Kedua, ketika transfer kripto dilakukan, itu tidak dapat dibatalkan. Ketiga, masih orang masih asing dengan cara kerja kripto," sebut FTC. 

Berdasarkan laporan FTC, hampir separuh orang yang melaporkan kehilangan kripto karena penipuan sejak 2021 mengatakan semuanya dimulai dengan iklan, postingan, atau pesan di platform media sosial.

"Selama periode ini, hampir empat dari setiap sepuluh dolar yang dilaporkan hilang karena penipuan yang berasal dari media sosial hilang di kripto, jauh lebih banyak daripada metode pembayaran lainnya,” isi laporan FTC. 

 

 

3 dari 4 halaman

Penipuan Investasi

Jenis penipuan kripto yang paling umum adalah penipuan investasi. Sejak 2021, USD 575 juta dari semua kerugian penipuan kripto yang dilaporkan ke FTC adalah tentang peluang investasi palsu.

“Cerita yang dibagikan orang-orang tentang penipuan ini menggambarkan badai yang sempurna, janji palsu tentang uang mudah dipasangkan dengan pemahaman dan pengalaman kripto yang terbatas,” kata laporan itu.

Penipu investasi mengklaim mereka dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan pengembalian besar bagi investor. Namun, 'investasi' kripto itu langsung masuk ke dompet para scammer.

Regulator mengatakan berikut adalah hal-hal yang perlu diketahui untuk menghindari kontra kripto. Pertama, hanya scammers yang akan menjamin keuntungan atau pengembalian besar. Tidak ada investasi cryptocurrency yang dijamin menghasilkan uang, apalagi uang besar.

Kedua, tidak ada yang sah akan meminta Anda untuk membeli cryptocurrency. Bukan untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk melindungi uang Anda. Itu penipuan. Ketiga, jangan pernah mencampurkan saran kencan online dan investasi. Jika pasangan dari kencan online ingin menunjukkan kepada Anda cara berinvestasi di kripto, atau meminta Anda mengirimi mereka kripto, itu penipuan.

4 dari 4 halaman

Microstrategy Tak Bakal Jual Cadangan Bitcoin

Sebelumnya, CEO dari perusahaan perangkat lunak yang terdaftar di Nasdaq, Microstrategy, Michael Saylor, membagikan pandangan Bitcoin-nya dalam sebuah wawancara dengan Yahoo Finance Live.

Saylor masih bullish pada Bitcoin meskipun aksi jual baru-baru ini. Dia ditanya apakah ada target harga di mana Microstrategy akan mulai melikuidasi beberapa Bitcoin-nya. Seperti diketahui saat ini, perusahaan tersebut memegang 129.218 BTC.

"Tidak, kami berada di dalamnya untuk jangka panjang. Strategi kami adalah membeli bitcoin dan menahan bitcoin, jadi tidak ada target harga. Saya berharap kita akan membeli bitcoin di top lokal selamanya,” jawab Saylor, dikutip dari Bitcoin.com, Kamis, 2 Juni 2022.

"Saya berharap bitcoin akan mencapai jutaan. Jadi, kami sangat sabar. Kami pikir ini adalah masa depan uang,” lanjut dia. 

CEO Microstrategy itu juga memberikan pendapatnya mengenai fenomena yang terjadi baru-baru ini pada kripto jaringan Terra, Luna coin dan Terra USD (UST). 

“Saya pikir kehancuran LUNA, UST ini, yang akan mempercepat regulasi stablecoin dan token keamanan, yang akan menjadi hal yang baik untuk industri ini,” ujar Saylor. 

“Seiring waktu, saya pikir ketika orang-orang terdidik dan mereka merasa lebih nyaman, saya pikir kami akan pulih dari penurunan ini,” ujar dia.

Saylor telah lama bullish pada bitcoin. Pada Februari  lalu, dia mengatakan ada bukti lebih banyak adopsi institusional. Kemudian pada November tahun lalu, dia mengatakan bitcoin akan muncul sebagai kelas aset senilai USD 100 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.