Sukses

Harga Kripto Hari Ini 4 Juli 2022: Ethereum dan XRP Pimpin Penguatan

Pada perdaganan Senin (4/7/2022) mayoritas kripto melemah, tetapi ETH dan XRP berhasil menguat.

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali pekan, harga Bitcoin dan mayoritas kripto jajaran teratas terpantau kembali melemah, Senin (4/7/2022). Hal tersebut membuat beberapa kripto utama teratas tertahan di zona merah.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Senin (4/7/2022) pagi, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) melemah tipis 0.05 persen persen dalam 24 jam dan 8,88 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.329 per koin atau setara Rp 289,4 juta (asumsi kurs Rp 14.975 per dolar AS). 

Ethereum (ETH) berhasil menguat pagi ini. Selama 24 jam terakhir, ETH naik tipis 0,52 persen, tetapi masih melemah 11,98 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.077 per koin. 

Kripto selanjutnya, Binance coin (BNB) kembali anjlok ke zona merah. Dalam 24 jam terakhir BNB melemah 2,19 persen dan 8,49 persen sepekan. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 219,51 per koin. 

Kemudian Cardano (ADA) pagi ini juga harus masih terkoreksi. Dalam satu hari terakhir ADA terkoreksi 1,21 persen dan 9,31 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4579 per koin.

Adapun Solana (SOL) kembali melemah pagi ini Sepanjang satu hari terakhir SOL turun 1,52 persen dan 17,89 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 33,45 per koin.

Di tengah kripto yang melemah, XRP berhasil menguat pagi ini, mengikuti jejak Ethereum. XRP naik tipis 0,84 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 12,38 persen dalam sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,3215 per koin. 

Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama melemah 0,80 persen. Dengan begitu membuat USDT berada di level USD 0,9991 dan USDC dihargai USD 1,00.

Sedangkan Binance USD (BUSD) melemah 1,08 persen dalam 24 jam terakhir yang membuat harganya turun sedikit ke level USD 0,9995.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto kembali menguat tipis pada hari ini yaitu di level USD 875,2 miliar dari sebelumnya di level USD 872,3 miliar.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bitcoin Alami Kuartal Terburuk, Ini Berbagai Sentimen yang Terjadi

Sebelumnya, Bitcoin baru saja mengalami kuartal terburuk sejak 2011 dan bulan terburuk dalam catatan. Cryptocurrency terbesar di dunia kehilangan sekitar 58 persen nilainya pada kuartal kedua 2022. Sekitar USD 1,2 triliun atau sekitar Rp 17.970 triliun telah dihapus dari seluruh pasar cryptocurrency.

Tak hanya Bitcoin, secara keseluruhan pasar kripto telah dilanda berbagai sentimen negatif sepanjang kuartal 2 2022. Dilansir dari CNBC, Minggu (3/7/2022), berikut adalah peristiwa sepanjang kuartal 2 2022 yang memberikan tekanan pada pasar kripto. 

1. Tekanan Ekonomi Makro

Selama kuartal tersebut, the Federal Reserve Amerika Serikat AS melakukan dua kenaikan suku bunga agresif untuk memerangi inflasi yang merajalela. Itu telah memicu kekhawatiran resesi di AS dan negara-negara lain.

Ini juga memukul saham, khususnya nama-nama teknologi pertumbuhan tinggi. Nasdaq Composite yang berbasis teknologi turun 22,4 persen untuk kuartal kedua, kinerja kuartalan terburuk sejak 2008.

Bitcoin telah berkorelasi erat dengan pergerakan harga indeks saham AS. Aksi jual saham telah membebani bitcoin dan pasar kripto karena investor membuang aset berisiko.

2. Runtuhnya Terra USD

Kasus besar pertama adalah runtuhnya algoritma stablecoin terra USD dan token saudaranya, LUNA yang mengirimkan gelombang kejutan ke seluruh industri. 

Stablecoin adalah jenis cryptocurrency yang biasanya dipatok ke aset dunia nyata. Terra USD, atau UST, seharusnya dipatok satu lawan satu dengan dolar AS. Beberapa stablecoin didukung oleh aset nyata seperti mata uang fiat atau obligasi pemerintah. Tetapi UST diatur oleh algoritma dan sistem kompleks pembakaran dan pencetakan koin.

Sistem itu gagal. Terra USD kehilangan pasak dolarnya dan menyebabkan kehancuran token Luna yang menjadi tidak berharga.

3 dari 4 halaman

Celsius Tangguhkan Penarikan

3. Celsius Tangguhkan Penarikan

Pemberi pinjaman kripto Celsius menghentikan penarikan untuk pelanggan pada Juni. Perusahaan menawarkan kepada pengguna hasil lebih dari 18 persen jika mereka menyetor cryptocurrency dengan Celsius. 

Itu kemudian meminjamkan uang itu kepada pemain di pasar kripto yang bersedia membayar suku bunga tinggi untuk meminjam uang. Tetapi kemerosotan harga menguji sistem itu. Celsius mengutip “kondisi pasar yang ekstrem” sebagai alasan untuk menghentikan penarikan.

4. Likuidasi Three Arrows Capital 

Three Arrows Capital adalah salah satu perusahaan dana lindung nilai paling menonjol yang berfokus pada investasi cryptocurrency. Perusahaan berusia satu dekade, juga dikenal sebagai 3AC, dimulai oleh Zhu Su dan Kyle Davies, dikenal dengan taruhan bullish yang sangat berpengaruh di pasar kripto.

3AC memiliki eksposur ke terra USD stablecoin algoritmik yang runtuh dan luna token saudara. Beberapa perusahaan pemberi pinjaman kripto yang berbasis di AS BlockFi dan Genesis melikuidasi beberapa posisi 3AC. 3AC telah meminjam dari BlockFi tetapi tidak dapat memenuhi margin call.

4 dari 4 halaman

Kasus CoinFlex

Margin call adalah situasi di mana investor harus melakukan lebih banyak dana untuk menghindari kerugian pada perdagangan yang dilakukan dengan uang pinjaman.

Kemudian 3AC gagal membayar pinjaman senilai lebih dari USD 660 juta dari Voyager Digital. Akibatnya, Three Arrows Capital jatuh ke tahap likuidasi perusahaan. 

5. Kasus CoinFlex dan Investor

Pertukaran kripto CoinFlex menghentikan penarikan pelanggan bulan lalu, dengan alasan “kondisi pasar ekstrem” dan akun pelanggan yang masuk ke ekuitas negatif. 

CoinFlex mengklaim salah satu pengguna, yang dituduhkan sebagai investor kripto profil tinggi Roger Ver, berutang USD 47 juta kepada perusahaan. Ver, yang memiliki julukan “Bitcoin Jesus” karena pandangan tentang industri ini di masa-masa awalnya, menyangkal ia berutang uang kepada CoinFlex.

CoinFlex mengeluarkan token baru yang disebut Recovery Value USD, atau rvUSD, untuk mengumpulkan USD 47 juta sehingga dapat melanjutkan penarikan, dan menawarkan tingkat bunga 20 persen bagi investor yang ingin membeli dan menahan koin digital.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.