Sukses

Pasar NFT Ini Catat Jumlah Penjualan Terbesar pada Oktober 2022

Pasar NFT terbesar dalam hal penjualan saat ini adalah Opensea.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah penurunan tren penjualan Non Fungible Token (NFT) secara global, beberapa pasar NFT ternama ini masih bisa mencatatkan jumlah penjualan yang cukup cemerlang.

Dilansir dari Bitcoin.com, Selasa (1/11/2022), pasar NFT terbesar dalam hal penjualan saat ini adalah Opensea, pasar itu mendekati kisaran USD 33 miliar atau sekitar Rp 515,4 triliun dari segi penjualan. 

Statistik dari dappradar, menunjukkan penjualan sebesar USD 33 miliar dilakukan oleh 2,34 juta pedagang. Pada 29 Oktober 2022, harga rata-rata yang dibayarkan untuk NFT melalui Opensea adalah sekitar USD 352.

Opensea diikuti oleh pasar NFT Axie Marketplace yang berhasil mencatatkan jumlah penjualan sebesar USD 4,26 miliar atau sekitar Rp 66,5 triliun. Harga rata-rata yang dibayarkan untuk NFT melalui Axie Marketplace adalah sekitar USD 171. 

Selanjutnya pasar NFT Magic Eden Solana telah memperoleh USD 1,83 miliar (Rp 28,5 triliun) dalam penjualan yang diselesaikan oleh 1,21 juta trader. Nilai rata-rata yang dibayarkan untuk NFT di Magic Eden pada 29 Oktober adalah USD 124.

Sedangkan untuk pasar NFT Looksrare telah melihat lebih sedikit pedagang, karena catatan menunjukkan hanya ada 107.636 perdagangan yang diselesaikan melalui pasar Looksrare. Namun, harga rata-rata yang dibayarkan untuk NFT jauh lebih besar karena penjualan NFT rata-rata adalah USD 6,59 ribu di Looksrare.

Secara keseluruhan pasar NFT Looksrare berhasil mencatatkan penjualan sebesar USD 1,62 miliar atau sekitar Rp 25,2 triliun. 

Data dari cryptoslam menunjukkan penjualan NFT di seluruh dunia selama 30 hari terakhir bertambah hingga USD 426 juta, turun 21,32 persen dari bulan sebelumnya. Dalam 30 hari terakhir tercatat sekitar 4.556.057 transaksi NFT di antara 510.859 pembeli NFT.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertama di Dunia, Sebuah Rumah Dijual sebagai NFT

Sebelumnya, Non Fungible Token (NFT) masih populer hingga saat ini meski nilainya berfluktuasi. Berbagai hal mulai dari video hingga sebuah Tweet telah dijual sebagai koleksi digital. Sekarang, koleksi digital ini mulai merambah ke industri properti.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat, 28 Oktober 2022, pertama kali nya di dunia, sebuah NFT dari rumah dunia nyata di Columbia, Carolina Selatan dijual seharga USD 175.000 atau sekitar Rp 2,7 miliar. 

Rumah ini memiliki tiga kamar tidur dan baru saja direnovasi, menampilkan ruang tamu besar dan area ruang makan lengkap dengan dapur bergaya dapur dan teras walkout.

Menurut keterangan di pasar NFT Roofstock onChain, penjual menuliskan Properti sewaan dijual di pasar NFT dengan mentransfer identitas Home onChain ke alamat Ethereum yang dimiliki oleh pembeli rumah, Adam Slipakoff.

Cara Kerja Kepemilikan Rumah NFT

Perusahaan yang ingin menjual rumah membuat NFT yang mewakili kepemilikan rumah. Siapa pun yang membeli NFT itu kemudian memiliki kepemilikan properti. Meskipun pembeliannya digital, kepemilikannya juga diakui di dunia nyata. Dalam arti lain, siapa pun yang memiliki NFT akan memiliki rumah fisik di dunia nyata.

Pembelian bersejarah ini menandai awal dari apa yang berpotensi menjadi masa depan real estat sebagai NFT, mungkin membuka pintu untuk melakukan pembelian kripto untuk real estat sebagai sumber pendanaan yang layak.

3 dari 4 halaman

Volume Penjualan Koleksi NFT Reddit Melonjak, Kalahkan Bored Ape

Sebelumnya, tiga koleksi Non Fungible Token (NFT) Reddit masuk dalam 10 proyek NFT teratas di OpenSea pada Selasa, 25 Oktober 2022. Hal ini menegaskan kembali daya tarik besar untuk aset digital yang belakangan ini tengah merosot.

Dilansir dari CoinDesk, Rabu (26/10/2022), menurut data dari pasar sekunder NFT OpenSea, koleksi NFT Reddit mengungguli proyek-proyek NFT blue chip populer selama beberapa jam terakhir. 

Spooky Season, serangkaian avatar yang dibuat oleh pengguna Reddit, saat ini memiliki volume perdagangan 538 ETH (Rp 11,8 miliar) menempatkannya tepat di belakang koleksi NFT yang berkuasa Bored Ape Yacht Club di 642 ETH (Rp 14,1 miliar). 

Menurut OpenSea, koleksi NFT Spooky Season mengalami peningkatan 121 persen selama 24 jam terakhir.

Proyek Reddit lainnya, termasuk koleksi avatar The Senses x Reddit dan Foustlings x Reddit, juga masuk ke 10 posisi teratas pada Selasa pagi, bergabung dengan jajaran NFT  Ringers oleh Dmitri Cherniak dan Chromie Squiggles.

Menurut data dari platform data blockchain Dune analytics, Reddit NFT telah meraup lebih dari USD 6,5 juta total volume penjualan hingga saat ini.

Reddit membuka pasar NFT pada Juli, merilis avatar gambar profil (PFP) berbasis Polygon berdasarkan logo jejaring sosial. Pekan lalu, platform tersebut melaporkan pengguna telah membuka 2,5 juta dompet di dalam pasar sejak dirilis.

Pengguna Reddit dengan nama, TheRedditAvatarWhale, mengklaim telah menghabiskan USD 50.000 untuk avatar Reddit, menulis dalam posting Reddit pada Selasa daya tarik mengumpulkan NFT Reddit adalah bagaimana mereka "menyederhanakan" proses pengumpulan NFT untuk audiens yang lebih utama.

4 dari 4 halaman

Apple Perbarui Aturan Kripto dan NFT di App Store

Sebelumnya, perusahaan teknologi global, Apple telah mengklarifikasi aturan App Store tentang NFT dan pertukaran mata uang kripto, menandai pertama kalinya aturan khusus yang ditujukan untuk NFT.

Aturan baru mengkonfirmasi bagaimana pembelian NFT akan dikenakan pajak serta terkait penggunaan NFT pada platform. Apple juga mengklarifikasi aturan tentang kapan aplikasi pertukaran kripto dapat terdaftar di App Store.

Dilansir dari Cointelegraph, Rabu (26/10/2022), pembaruan yang terbit pada 24 Oktober 2022 memungkinkan pembelian NFT dalam aplikasi, tetapi melarang NFT yang diperoleh di tempat lain untuk digunakan selain hanya untuk dilihat.

Ini juga memungkinkan platform NFT menggunakan pembelian dalam aplikasi untuk menjual dan menjual layanan yang terkait dengan NFT seperti mencetak, mendaftar, dan mentransfer.

Namun, Apple juga melipatgandakan "pajak Apple" NFT yang menggabungkan pembelian NFT dalam aplikasi ke tingkat komisi standar 30 persen untuk semua pembelian dengan memastikan semua pembelian NFT dilakukan dalam aplikasi.

Platform NFT, Magic Eden mengatakan telah menghapus layanannya dari App Store setelah mengetahui kebijakan tersebut dan pasar NFT lainnya telah mengurangi fungsionalitas aplikasi mereka dengan pengguna hanya dapat menelusuri dan melihat NFT yang mereka miliki.

Pedoman Apple juga telah mengesampingkan penggunaan kripto untuk pembelian dalam aplikasi, hanya mengizinkan pembelian mata uang fiat dengan metode pembayaran yang valid seperti kartu debit atau kredit.

Pedoman baru tidak membuat perubahan pada kebijakan Apple yang ada tentang aplikasi perdagangan cryptocurrency seperti yang diajukan oleh bursa kripto Binance dan Coinbase di mana perdagangan tidak perlu dikenakan pajak Apple 30 persen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.