Sukses

G20 Ingin Bangun Konsensus Kebijakan Aset Kripto

Diskusi tersebut muncul setelah runtuhnya pertukaran cryptocurrency FTX.

Liputan6.com, Jakarta Negara-negara Kelompok 20 (G20) berusaha membangun konsensus kebijakan tentang aset kripto untuk menginformasikan peraturan global yang lebih baik. Hal ini disampaikan sekretaris urusan ekonomi federal India Ajay Seth pada Rabu (14/12/2022).

India, yang saat ini memegang kepresidenan G20, menjadi tuan rumah pertemuan pertama deputi keuangan dan bank sentral kelompok itu pada 13-15 Desember di Bengaluru.

Implikasi aset kripto terhadap ekonomi, kebijakan moneter, dan sektor perbankan harus dipelajari untuk menginformasikan konsensus ini, kata Seth pada konferensi pers di hari kedua forum.

“Regulasi harus mengalir dari pandangan kebijakan yang diambil. Padahal, salah satu prioritas yang telah diletakkan di atas meja adalah membantu negara-negara membangun konsensus untuk pendekatan kebijakan terhadap aset kripto,” kata Seth, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (15/12/2022).

Diskusi tersebut muncul setelah runtuhnya pertukaran cryptocurrency FTX, yang menyebabkan seruan untuk pengawasan pasar kripto yang lebih baik.

FTX, hedge fund Alameda Research dan lusinan afiliasinya mengajukan kebangkrutan AS bulan lalu setelah platform perdagangan mengalami penarikan dana yang terburu-buru dan kesepakatan penyelamatan gagal.

Pembicaraan di Bengaluru juga mencakup antara lain pengelolaan kerentanan utang global, pembiayaan untuk aksi iklim dan tujuan pembangunan berkelanjutan, memperkuat bank pembangunan multilateral.

India, ekonomi terbesar ketiga di dunia dan negara terpadat kedua, mengambil alih kepresidenan G20 untuk pertama kalinya awal bulan ini, menggantikan Indonesia.

Pengelompokan tersebut terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa, dan secara total mewakili sekitar 85 persen dari PDB dunia.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.