Sukses

Koleksi NFT Donald Trump Ludes Terjual Kurang dari Satu Hari

Penjualan tersebut bernilai hampir USD 4,5 jut (Rp 70,2 miliar), dengan masing-masing NFT dijual seharga USD 99.

Liputan6.com, Jakarta - Koleksi NFT pertama dari mantan Presiden AS, Donald Trump terjual habis kurang dari sehari setelah mulai dijual, penjualan tersebut bernilai hampir USD 4,5 jut (Rp 70,2 miliar).

Pengusaha yang berubah menjadi politisi itu, meluncurkan "kartu perdagangan digital Trump" pada Kamis dalam sebuah video pengumuman. Video dibuka dengan gambar animasi Trump yang mengenakan pakaian pahlawan super yang menembakkan sinar laser dari matanya. 

"Ini adalah Donald Trump, semoga presiden favorit Anda sepanjang masa, lebih baik dari Lincoln, lebih baik dari Washington," kata Trump dalam video tersebut, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (17/12/2022).

Bagi para pembeli koleksi NFT akan mendapatkan kepemilikan atas salinan digital tertentu dari gambar tersebut. Namun, seperti kebanyakan seni digital, gambarnya mudah disalin dan dapat ditampilkan oleh siapa saja, bukan hanya pembeli NFT.

NFT seharga USD 99 (Rp 1,5 juta), yang digambarkan Trump sebagai berkaitan dengan kehidupan dan karirnya, secara digital mewakili mantan presiden itu sebagai astronot, pengemudi mobil balap, koboi, dan pahlawan super.

Beberapa desain unik, sementara yang lain ada dalam edisi hingga 20, menurut collectTrumpCards.com, situs web yang menjual aset digital tersebut. 

Hadiah lain yang ditawarkan pada pembeli adalah panggilan telepon atau panggilan Zoom dengan Trump, tamasya golf, dan jam koktail di Mar-a-Lago serta makan malam di Miami, menurut CollectTrumpCards.com. 

Membeli setidaknya 45 NFT juga memberikan hak kepada pemegangnya untuk mendapatkan "tiket terjamin untuk menghadiri Makan Malam Gala bersama Trump di Florida Selatan," kata situs tersebut.

45.000 NFT telah terjual habis pada Jumat pagi, menurut situs tersebut. Dengan USD 99 masing-masing, hasilnya mencapai USD 4,46 juta. Kartu tersebut sekarang diperdagangkan di pasar NFT OpenSea, dengan harga mulai dari USD 1.200. Pencipta barang koleksi, artis Clark Mitchell, akan menerima 10 persen dari setiap penjualan berikutnya.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donald Trump Luncurkan Koleksi Kartu NFT

Sebelumnya, mantan presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump, mengumumkan peluncuran kartu perdagangan Non Fungible Token (NFT) barunya pada 15 Desember 2022. 

Trump mengungkapkan peluncuran koleksi NFT ini melalui akun Truth Social-nya dan mantan presiden itu memberi tahu penggemar NFT tersebut akan menjadi hadiah Natal yang luar biasa.

Koleksi NFT dapat dilihat di collecttrumpcards.com dan menurut portal web, kartu perdagangan NFT Trump dicetak menggunakan blockchain Polygon. Alasan Trump memanfaatkan Polygon adalah karena jaringan tersebut menggambarkan dirinya ramah lingkungan dan netral karbon, yang menjadikannya lebih baik bagi lingkungan. 

Pengumuman besar. Koleksi resmi Kartu Perdagangan Digital Donald Trump saya ada di sini. Kartu edisi terbatas ini menampilkan ART luar biasa dalam hidup dan karier saya. Kumpulkan semua Trump Digital Trading Cards favorit Anda, sangat mirip dengan kartu baseball, tapi mudah-mudahan jauh lebih menarik,” tulis Trump, dikutip dari Bitcoin.com, Jumat (16/12/2022).

Menurut situs webnya, dengan membeli kartu NFT Trump, pembeli secara otomatis mengikuti undian yang menampilkan berbagai hadiah. Misalnya, seorang pemenang dapat menghabiskan malam yang tak terlupakan di Miami untuk makan malam eksklusif yang diselenggarakan oleh Trump. 

Mereka juga dapat menikmati pertemuan pribadi yang tak terlupakan dengan Donald Trump di Mar-A-Lago, atau bergabung dengan Donald di lapangan untuk sebuah golf eksklusif 1 jam. Namun, situs tersebut juga mengatakan tidak diperlukan pembelian untuk mengikuti kontes. 

 

3 dari 4 halaman

Bikin Marah Pendukung Kripto

Pengumuman pengumpulan NFT Trump membuat marah banyak pendukung cryptocurrency, karena banyak orang berkomentar tentang usaha terbaru Trump melalui media sosial.

Situs web Trump juga mengatakan kartu tersebut hanya dimaksudkan sebagai barang koleksi untuk kesenangan individu saja, bukan untuk sarana investasi. Selain itu, siapa pun yang membeli 45 kartu NFT Trump "dijamin" tiket untuk menghadiri Makan Malam Gala dengan Trump di Florida Selatan dan orang tersebut akan mendapatkan 45 entri undian. 

Satu-satunya hal yang diperlukan untuk membeli kartu NFT Trump adalah alamat email, dan orang dapat membeli dengan kartu kredit utama atau kripto. Wrapped ethereum (WETH) disebutkan sebagai mata uang kripto yang diterima yang dapat dimanfaatkan orang untuk membeli Trump NFT.

 

4 dari 4 halaman

Demi Kurangi Risiko, Inggris Bakal Atur NFT

Sebelumnya, Anggota parlemen Inggris ingin mendengar pendapat publik tentang pengaturan Non Fungible Token (NFT) yang mereka khawatirkan sering dinilai terlalu tinggi dan berpotensi menjadi gelembung yang siap meletus suatu saat.

Komite Digital, Budaya, Media dan Olahraga (DCMS) yang terdiri dari anggota dari berbagai partai politik meluncurkan penyelidikan pada Kamis tentang operasi, risiko dan manfaat NFT, aset digital pada blockchain yang mewakili kepemilikan barang virtual atau fisik.

NFT telah mengumpulkan perhatian dari dukungan selebriti, sementara popularitas dunia maya yang memungkinkan orang untuk membeli dan menjual token ini, yang diduga hanya memompa nilainya. 

Pada akhir Maret 2021, penjualan NFT global mencapai USD 17 miliar atau sekitar Rp 267,5 triliun menurut sebuah laporan. Padahal, penjualan NFT mingguan telah turun lebih dari 90 persen dari Agustus 2021 hingga Maret 2022.

Sekarang anggota Parlemen Inggris khawatir spekulasi NFT mungkin menjadi "gelembung." Contoh yang diangkat oleh komite adalah NFT dari tweet pertama Jack Dorsey yang awalnya dijual seharga USD 2,9 juta tetapi ketika didaftar ulang di lelang, tawaran tertingginya hanya USD 280.

"Sekarang pasar berbelok liar, dan ada kekhawatiran gelembung mungkin pecah, kita perlu memahami risiko, manfaat, dan persyaratan peraturan dari teknologi inovatif ini," kata ketua Komite DCMS, Julian Knight, MP, dikutip dari CoinDesk, Senin (7/11/2022).

Inggris terus maju dengan rencananya untuk mengatur sektor kripto. Baru-baru ini menambahkan amandemen yang akan mengakui kripto sebagai aktivitas yang diatur dan akan memastikan iklan perusahaan yang tidak sepenuhnya berwenang untuk beroperasi di negara tersebut dapat dibatasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.