Sukses

Regulator AS Peringatkan Risiko Koneksi Kripto dan Lembaga Keuangan Tradisional

Janet Yellen mengatakan aktivitas aset kripto dapat menimbulkan risiko pada sistem keuangan.

Liputan6.com, Jakarta - Regulator keuangan Amerika Serikat (AS) khawatir tentang prospek hubungan yang lebih dalam antara perusahaan aset digital kripto dan lembaga keuangan tradisional. 

Meskipun begitu, Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan AS mengatakan pada Jumat, 16 Desember 2022, interkoneksi antara perusahaan kripto dan lembaga keuangan tradisional sejauh ini masih terbatas. 

Namun, keterikatan dapat meningkat dengan cepat dan membahayakan sistem yang lebih luas, mereka memperingatkan dalam laporan tahunan. Para pejabat AS telah lama mengkhawatirkan ancaman yang membayangi dari industri aset digital yang sebagian besar beroperasi di wilayah abu-abu peraturan. 

Ikatan ini dapat menguat, misalnya melalui bank yang memegang aset cadangan yang mendukung apa yang disebut kripto stablecoin. Token tersebut berfungsi sebagai kunci masuk dan keluar jalan antara kripto dan keuangan arus utama.

Masalah terlihat semakin jelas tahun ini di tengah gejolak pasar, kebangkrutan pemberi pinjaman kripto, dan, yang terbaru, runtuhnya bursa raksasa FTX

Menteri Keuangan AS, Janet Yellen mengatakan, aktivitas aset kripto dapat menimbulkan risiko pada sistem keuangan AS jika interkoneksinya dengan sistem keuangan tradisional atau skala keseluruhannya tumbuh tanpa kepatuhan atau dipasangkan dengan peraturan yang sesuai.

“Perkembangan pasar kripto baru-baru ini telah menunjukkan pentingnya Kongres dan regulator bertindak berdasarkan rekomendasi laporan tersebut,” kata Yellen dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu, 17 Desember 2022.

Volatilitas baru-baru ini di pasar aset digital telah memukul banyak investor kripto dengan keras, dengan beberapa kehilangan seluruh tabungan hidup mereka. Namun, lembaga keuangan tradisional sebagian besar telah diisolasi dari masalah tersebut karena kerangka peraturan saat ini dan terbatasnya skala aktivitas kripto.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

2 dari 4 halaman

Terkuak, Manajemen Buruk Jadi Penyebab Kebangkrutan FTX

Sebelumnya, CEO baru FTX, John Jay Ray III  mengatakan kepada anggota parlemen Amerika Serikat (AS), praktik manajemen yang buruk dan pemimpin yang tidak berpengalaman menyebabkan kebangkrutan FTX. 

Hal itu diungkapkan Ray pada Selasa, 13 Desember 2022, tak lama setelah regulator AS menuduh pendiri FTX, Sam Bankman-Fried (SBF) menipu investor. 

"Kehancuran grup FTX tampaknya berasal dari konsentrasi kendali mutlak di tangan sekelompok kecil individu yang sangat tidak berpengalaman dan tidak canggih," kata John Ray, dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (17/12/2022). 

Ray juga mengatakan hampir tidak ada perbedaan antara operasional FTX dan Alameda Research, firma perdagangan kripto Bankman-Fried, yang mempertahankan hubungan dekat dengan pertukarannya.

"Saya belum pernah melihat kurangnya pencatatan sama sekali, sama sekali tidak ada kontrol internal apa pun," kata Ray kepada Komite Layanan Keuangan DPR AS.

Ray terkejut mengetahui FTX menggunakan Quickbooks, perangkat lunak yang ditujukan untuk bisnis kecil dan menengah  untuk akuntansi dan menyetujui faktur melalui pesan Slack.

Ditanya mengapa dia bersaksi, dirinya tidak percaya laporan keuangan yang diaudit dapat diandalkan, Ray berkata, telah kehilangan USD 8 miliar uang pelanggan. Jadi menurut definisinya dia tidak mempercayai selembar kertas pun di FTX.

 

3 dari 4 halaman

Proses Panjang

"Diperlukan waktu berminggu-minggu, mungkin berbulan-bulan, untuk mengamankan semua aset grup. Pada akhirnya, kami tidak akan dapat memulihkan semua kerugian di sini,” kata Ray, mengingatkan ini akan menjadi proses yang panjang.

Bankman-Fried ditangkap Senin malam di Bahama dan muncul di hadapan hakim pada Selasa. Jaksa federal AS pada Selasa menuduh dia melakukan penipuan dan melanggar undang-undang dana kampanye. Mantan CEO bursa juga menghadapi biaya tambahan oleh regulator AS.

Kejaksaan Agung Bahama memperkirakan Sam Bankman-Fried akan diekstradisi ke Amerika Serikat.

Selama sidang pada Selasa, Bankman-Fried mengindikasikan kepada hakim di Bahama bahwa dia akan melawan ekstradisi, menurut seorang saksi Reuters.

Ray mengatakan FTX akan bekerja sama dalam menyerahkan informasi kepada pihak berwenang dan bahwa dia telah membagikan beberapa temuan penyelidikan internalnya atas keruntuhan perusahaan dengan Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dan jaksa federal.

4 dari 4 halaman

Partai Demokrat AS Bakal Kembalikan Sumbangan dari Mantan CEO FTX Sam Bankman-Fried

Sebelumnya, tiga kelompok kampanye teratas Partai Demokrat AS sedang bersiap untuk mengembalikan lebih dari USD 1,1 juta (Rp 17,1 miliar) yang telah mereka terima dari mantan CEO FTX, Sam Bankman-Fried.

Dalam sebuah pernyataan, pada Jumat, 16 Desember 2022 Komite Nasional Demokrat mengatakan pihaknya menyisihkan USD 815.000 dalam dana yang diterima dari Bankman-Fried sehubungan dengan "potensi pelanggaran keuangan kampanye" yang dilakukan oleh miliarder tersebut.

Komite Kampanye Senator Demokrat juga mengatakan telah menyisihkan USD 103.000, dan Komite Kampanye Kongres Demokrat, yang mengawasi bagian kampanye partai untuk DPR, mengatakan akan menyisihkan USD 250.000.

Ketiga kelompok tersebut mengatakan mereka sedang menunggu panduan tentang apa yang harus dilakukan dengan uang yang diberikan, litigasi yang sedang berlangsung. 

Bankman-Fried, pendiri pertukaran kripto FTX, ditangkap di Bahama pada Senin setelah jaksa penuntut AS menuduh pria berusia 30 tahun itu menyalahgunakan miliaran dolar dan melanggar undang-undang kampanye dalam apa yang digambarkan sebagai salah satu penipuan keuangan terbesar di Amerika.

Jaksa mengatakan, Bankman-Fried telah terlibat dalam skema untuk menipu pelanggan FTX dengan menyalahgunakan simpanan mereka untuk membayar pengeluaran dan utang serta melakukan investasi atas nama dana lindung nilai kripto miliknya, Alameda Research LLC. 

Mereka menuduh Bankman-Fried menggunakan uang yang dicuri untuk menghasilkan "puluhan juta dolar dalam sumbangan kampanye".

Bankman-Fried, yang mengumpulkan kekayaan senilai lebih dari USD 20 miliar, adalah salah satu penyumbang politik terbesar selama siklus pemilu paruh waktu. Pengungkapan pemilu federal menunjukkan dia memberikan sekitar USD 40 juta untuk sebagian besar kelompok dan kampanye yang berpihak pada partai Demokrat.