Sukses

Harga Kripto Hari Ini 8 Januari 2023: Cardano Pimpin Penguatan

Mayoritas gerak harga kripto beragam pada perdagangan Minggu sore, 8 Januari 2023. Sementara itu, bitcoin naik tipis.

Liputan6.com, Jakarta - Harga kripto jajaran teratas cenderung bergerak beragam pada perdagangan Minggu (8/1/2023). Memasuki akhir pekan ini, harga bitcoin bergerak di zona hijau.

Berdasarkan data Coinmarketcap, Minggu, 8 Januari 2023, harga kripto dengan kapitasasi pasar terbesar bitcoin (BTC) naik tipis 0,03 persen dalam 24 jam terakhir.

Namun, selama sepekan terakhir, harga bitcoin naik 2,42 persen. Saat ini, harga bitcoin berada di posisi USD 16.942,11 atau sekitar Rp 264,73 juta (asumsi kurs rupiah 15.626 per dolar AS).

Harga ethereum (ETH) bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir. Harga ethereum melemah tipis 0,14 persen. Namun, selama sepekan terakhir, harga ethereum menguat 5,65 persen. Kini, harga ethereum (ETH) berada di posisi USD 1.263,72 atau sekitar Rp 19,73 juta.

Harga binance coin (BNB) naik tipis 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BNB bertambah 6,95 persen. Saat ini, harga BNB bergerak di kisaran USD 261,27.

Sementara itu, harga cardano (ADA) melompat 3,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga cardano melesat 15,66 persen. Saat ini, harga cardano berada di posisi USD 0,2838.

Sementara itu, harga dogecoin (DOGE)  terpangkas 0,68 persen selama 24 jam terakhir. Namun, harga dogecoin naik 3,23 persen. Saat ini, harga dogecoin menguat 3,22 persen. Kini, harga dogecoin berada di posisi USD 0,07184.

Harga polygon (MATIC)  naik 0,08 persen dalam 24 jam terakhir. Akan tetapi, selama sepekan terakhir, harga polygon bertambah 6,23 persen. Harga polygon kini berada di posisi USD 0,8024.

Stablecoin seperti tether (USDT) naik tipis 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga tether bertambah 0,04 persen. Kini, harga tether berada di posisi USD 0,9999.

Di sisi lain, harga USD Coin (USDC) berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga USDC susut 0,02 persen. Saat ini, harga USDC berada di posisi USD 0,9999.

Harga binance USD (BUSD) menguat 0,02 persen dalam 24 jam terakhir. Selama sepekan terakhir, harga BUSD berada di zona merah. Harga BUSD kini berada di posisi USD 1,00.

Kapitalisasi pasar kripto global naik 0,11 persen menjadi USD 824,71 miliar dalam 24 jam terakhir.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rawan Peretasan, Rp 60,97 Triliun Raib dari Pasar Kripto Sepanjang 2022

Sebelumnya, Immunefi, platform layanan bug dan keamanan untuk ekosistem Web3, menerbitkan laporan yang mengungkapkan bahwa industri crypto kehilangan total USD 3,9 miliar atau setara Rp 60,97 triliun (kurs Rp 15.633 per USD) pada 2022.

Menurut laporan yang dirilis pada 6 Januari, peretasan ditemukan sebagai penyebab utama kerugian mencapai 95,6 persen dari total kerugian.

Sisanya 4,4 persen berupa penipuan dan semacamnya. Immunefi juga menemukan bahwa keuangan terdesentralisasi (decentralized finance/DeFi) adalah sektor yang paling disasar, mengalami kerugian 80,5 persen, dibandingkan dengan keuangan terpusat (centralized finance/CeFi) yang mengalami kerugian 19,5 persen.

“DeFi telah menderita total kerugian sebesar USD 3.180.023.103 pada 2022, dari 155 insiden. Angka ini mewakili peningkatan 56,2 persen dibandingkan 2021, ketika DeFi kehilangan USD 2.036.015.896 dari 107 insiden,” tulis laporan tersebut, dikutip dari Cointelegraph, Sabtu (7/1/2023).

Kripto BNB dan Ethereum adalah rantai yang paling disasar. Pada kuartal IV tahun lalu, industri menderita kerugian sekitar USD 1,6 miliar, di mana DeFi menjadi target utama di 57,6 persen dan CeFi 42,4 persen.

“Dengan mengidentifikasi dan menangani kerentanan secara proaktif, kami dapat melindungi komunitas dari bahaya dan membangun kepercayaan di lapangan. Saat kami membuat industri lebih aman, semua hal lainnya dapat berkembang,” kata CEO Immunefi, Mitchell Amador.

3 dari 4 halaman

Apotik di Ukraina Kini Terima Pembayaran Kripto

Sebelumnya, Jaringan ritel Apotek di Ukraina, ANC telah menerima pembayaran kripto untuk membeli berbagai produk seperti obat-obatan dan barang-barang lainnya.

Opsi pembayaran baru ini sudah dapat diakses sejak Selasa (3/1/2023), perusahaan mengklaim telah menjadi jaringan apotek pertama di Eropa yang menawarkan pembayaran kripto. 

"Mulai 3 Januari, Anda dapat menikmati pembayaran instan saat membeli produk farmasi. Dimungkinkan untuk membayar pesanan dengan cryptocurrency di Anc,” isi pengumuman perusahaan, dikutip dari Bitcoin, Jumat (6/1/2023). 

Transaksi dengan kripto akan diproses melalui Binance Pay, sistem pembayaran yang dikembangkan oleh bursa aset digital terbesar di dunia berdasarkan volume perdagangan. 

Ini memungkinkan pengguna dan bisnis di seluruh dunia untuk membelanjakan, mengirim, dan menerima lebih dari 70 mata uang digital seperti bitcoin.

Untuk memanfaatkan layanan ini, pelanggan harus mengunduh dan menginstal aplikasi Binance, pergi ke situs web ANC, melakukan pemesanan dan membayar tagihan menggunakan Binance Pay. Kemudian mereka dapat menerima produk atau mengambilnya di salah satu toko jaringan.

ANC mengoperasikan jaringan apotek dengan nama mereknya dan menyatukan beberapa rantai Ukraina lainnya seperti Blagodiya dan Kopiyka. ANC memiliki toko di lebih dari 130 kota di Ukraina dengan lebih dari 7 juta pelanggan setiap tahunnya. 

Dalam beberapa tahun terakhir, Ukraina memantapkan dirinya sebagai pemimpin regional dalam adopsi kripto.

Sejak Rusia meluncurkan invasinya pada akhir Februari, pemerintah negara itu dan organisasi sukarelawan mengandalkan sumbangan mata uang kripto untuk mendanai inisiatif pertahanan dan kemanusiaan, yang juga didukung oleh industri. 

4 dari 4 halaman

Senator AS Tegaskan Bitcoin Adalah Komoditas Bukan Mata Uang

Sebelumnya, Senator AS John Boozman mengungkapkan, meskipun disebut mata uang kripto, Bitcoin tetap dianggap sebuah komoditas bukan mata uang. Dia menekankan, pertukaran di mana komoditas diperdagangkan, termasuk bitcoin, harus diatur oleh Commodity Futures Trading Commission (CFTC).

“Bitcoin, meskipun mata uang kripto, itu tetap adalah komoditas. Ini adalah komoditas di mata pengadilan federal dan pendapat ketua Securities and Exchange Commission (SEC). Tidak ada perselisihan tentang ini,” kata Boozman dalam sebuah sidang, dikutip dari Bitcoin.com, Selasa (6/12/2022).

Menyebut keruntuhan FTX mengejutkan, sang senator berkata laporan publik menunjukkan kurangnya manajemen risiko, konflik kepentingan, dan penyalahgunaan dana pelanggan. 

Senator Boozman melanjutkan untuk berbicara tentang regulasi kripto dan memberdayakan Commodity Futures Trading Commission (CFTC) sebagai pengatur utama pasar spot kripto. 

“CFTC secara konsisten menunjukkan kesediaannya untuk melindungi konsumen melalui tindakan penegakan hukum terhadap aktor jahat,” lanjut Senator Boozman.

Boozman yakin CFTC adalah agensi yang tepat untuk peran regulasi yang diperluas di pasar spot komoditas digital.

Pada Agustus 2022, Boozman dan beberapa senator memperkenalkan Undang-Undang Perlindungan Konsumen Komoditas Digital (DCCPA) untuk memberdayakan CFTC dengan yurisdiksi eksklusif atas pasar spot komoditas digital. 

Dua RUU lainnya telah diperkenalkan di Kongres tahun ini untuk menjadikan regulator derivatif sebagai pengawas utama untuk sektor kripto.

Sementara bitcoin adalah komoditas, Ketua SEC Gary Gensler berulang kali mengatakan sebagian besar token kripto lainnya adalah sekuritas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.