Sukses

Perusahaan Pasar NFT SuperRare Berhentikan 30 Persen Pegawai

Pemotongan staf membantu "memperbaiki" perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar Non Fungible Token (NFT) SuperRare telah mengurangi stafnya sebesar 30 persen, CEO perusahaan, John Crain mengumumkan pada Jumat, 6 Januari 2023. Perusahaan menyerah pada kesulitan selama musim dingin kripto yang berkepanjangan yang telah membekukan banyak sektor pasar.

Dalam pernyataan yang diposting di Twitter, Crain mengatakan perusahaan melihat pertumbuhan yang cepat ketika pasar NFT sebelumnya sedang booming dan banyak pihak yang terlibat. 

"Selama bull run baru-baru ini, kami tumbuh seiring dengan pasar. Dalam beberapa bulan terakhir, menjadi jelas pertumbuhan agresif ini tidak berkelanjutan. Kami mengambil alih, dan saya bertanggung jawab penuh atas kesalahan ini,” kata Crain dalam pengumumannya, dikutip dari CoinDesk, Senin (9/1/2023).

Crain mengatakan, pemotongan stafnya membantu "memperbaiki" perusahaan dan memastikan SuperRare dapat terus melayani komunitas seniman dan kolektor.

SuperRare bergabung dengan semakin banyak perusahaan kripto yang telah melakukan perampingan untuk tetap bertahan di tengah kondisi pasar yang bergejolak. 

Sejak April 2022, beberapa pertukaran kripto global mengurangi jumlah karyawan mereka, dengan Coinbase memberhentikan 1.1000 karyawan pada Juni. Tak lama kemudian, pasar NFT teratas OpenSea memberhentikan sekitar 20 persen stafnya.

Perampingan ini diikuti oleh perusahaan lain seperti broker kripto, perusahaan perdagangan, perusahaan pemrosesan pembayaran, hingga studio game berbasis Web3.

Pada November 2022, Meta Platforms (META) perusahaan yang saat ini fokus pada pengembangan metaverse telah memangkas lebih dari 11.000 staf, diperkirakan 13 persen dari tenaga kerjanya di seluruh divisi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proyek Pemerintah, China Bakal Luncurkan Platform Perdagangan NFT

Sebelumnya, Otoritas China sedang bersiap untuk meluncurkan platform yang dikendalikan negara yang memungkinkan perdagangan Non Fungible Token (NFT) dan aset digital lainnya. Inisiatif ini merupakan proyek bersama antara organisasi pemerintah dan perusahaan swasta.

"Platform Perdagangan Aset Digital China, dibangun dalam kemitraan oleh China Technology Exchange, China Cultural Relics Exchange Center, dan Huaban Digital Copyright Service Center Co. Limited, akan diluncurkan pada 1 Januari 2023,” laporan oleh Sina Finance, dikutip dari Bitcoin.com, Minggu (1/1/2023). 

Pasar akan beroperasi di bawah lisensi China Digital Exchange, yang didirikan oleh Kementerian Sains dan Teknologi, Kantor Kekayaan Intelektual Negara, Akademi Ilmu Pengetahuan China, dan pemerintah kota Beijing.

Pertukaran memfasilitasi pembelian dan penjualan hak kekayaan intelektual, ilmu pengetahuan, dan teknologi di China. Ini akan menyediakan infrastruktur dasar untuk platform perdagangan baru, mengambil tanggung jawab untuk memproses transaksi dan menerapkan mekanisme penyelesaian.

"Pasar baru akan mematuhi peraturan yang berlaku dan menyediakan layanan perdagangan untuk koleksi digital dan hak cipta digital," ujar Presiden Huaban Yin Tao. 

Karena China telah menindak aktivitas terkait kripto, istilah "koleksi digital" sering lebih disukai oleh outlet media dan perusahaan daripada "NFT" untuk menghindari asosiasi dengan cryptocurrency.

3 dari 4 halaman

Hadapi Ketidakpastian

Ketua bersama Komite Blockchain dari Asosiasi Industri Komunikasi China, Yu Jianing berkomentar dalam hal pengawasan dan kepatuhan, pasar ini menghadapi beberapa ketidakpastian dan risiko kepatuhan yang lebih besar, tetapi kebijakan hukum dan peraturan akan ditingkatkan secara bertahap.

Larangan penjualan kembali barang koleksi digital yang diberlakukan oleh regulator Tiongkok untuk membatasi spekulasi pasar dengan aset-aset ini dilaporkan menjadi alasan di balik keputusan Tencent untuk menutup platform NFT-nya, Huanhe. Berita tentang langkah tersebut keluar pada Juli, hanya setahun setelah peluncurannya.

Pada Juni, aplikasi media sosial populer Wechat, juga dioperasikan oleh raksasa teknologi China, mengumumkan niatnya untuk melarang akun publik memfasilitasi perdagangan sekunder token yang tidak dapat dipertukarkan. Segera setelah itu, aplikasi Tencent News berhenti menjual NFT

4 dari 4 halaman

Bank HSBC Daftarkan Merek Dagang Terkait Kripto dan Metaverse

Sebelumnya, raksasa perbankan, HSBC telah mengajukan dua aplikasi merek dagang terkait kripto untuk nama dan logonya di United States Patent and Trademark Office (USPTO). 

Dilansir dari Bitcoin.com, Kamis (29/12/2022), seorang pengacara merek dagang berlisensi USPTO, Mike Kondoudis mencatat dalam sebuah cuitan pada Jumat, 23 Desember 2022 aplikasi merek dagang HSBC menunjukkan rencana bank untuk sejumlah produk dan layanan digital.

Aplikasi merek dagang terkait kripto diajukan pada 15 Desember, nomor serinya adalah 97718803 dan 97718583. Bank menggambarkan berbagai produk dan layanan dalam aplikasinya, termasuk mengirim, menerima, mengonversi, dan menyimpan mata uang digital.

Aplikasi merek dagang juga merinci beberapa produk dan layanan terkait metaverse, seperti memfasilitasi transaksi pembayaran yang aman melalui sarana elektronik di metaverse, menyediakan layanan perbankan di metaverse.

Selain itu HSBC akan menyediakan pemrosesan kartu kredit virtual, kartu debit virtual, kartu prabayar virtual, dan transaksi kartu pembayaran virtual di metaverse. Bank juga menyertakan sejumlah layanan NFT, seperti file digital yang dapat diunduh yang diautentikasi oleh Non Fungible Token (NFT).

HSBC bergabung dengan metaverse dengan bermitra dengan platform game virtual blockchain The Sandbox pada Maret 2022. Namun, CEO Grup HSBC, Noel Quinn, sebelumnya mengatakan pada September kripto tidak ada di masa depan bank.

Semakin banyak perusahaan besar dan lembaga jasa keuangan telah mengajukan aplikasi merek dagang yang mencakup berbagai produk dan layanan mata uang digital dan metaverse. 

Misalnya, Visa, Paypal, dan Western Union mengajukan aplikasi merek dagang terkait kripto pada Oktober. Bulan lalu, JPMorgan Chase diberikan merek dagang dompet yang mencakup berbagai mata uang virtual dan layanan pembayaran.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)
    Non-Fungible Token atau NFT adalah berkas digital yang identitas dan kepemilikannya unik diverifikasi pada rantai blok (buku besar digital)

    NFT

  • Aset kripto digunakan sebagai investasi komoditi yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka.

    Kripto

  • SuperRare

  • OpenSea