Sukses

Profil Perusahaan Kripto Genesis Capital yang Alami Kebangkrutan

Genesis Global Capital ajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di New York.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan pinjaman kripto Genesis Global Capital atau dikenal Genesis Trading ajukan perlindungan kebangkrutan Bab 11 di New York pada Jumat, 20 Januari 2023. Genesis menjadi salah satu pemain besar di industri kripto dan menjadi perusahaan kripto terbaru yang alami kebangkrutan. 

Dilansir dari Yahoo Finance, Senin (23/1/2023) Genesis adalah anak perusahaan dari Digital Currency Group, konglomerat kripto yang didirikan oleh Barry Silbert pada 2015. Manajemen dari Silbert dan masalah di Genesis baru-baru ini membawanya ke dalam konflik dengan dua eksekutif kripto terkemuka lainnya, Cameron dan Tyler Winklevoss, yang menjalankan pertukaran kripto Gemini.

Perusahaan meluncurkan bisnis pinjaman bebas pada Maret 2018. Pada kuartal keempat tahun itu, perusahaan telah menghasilkan USD 500 juta atau setara Rp 7,5 triliun pinjaman untuk periode tersebut.

Tepat tiga tahun kemudian, pada puncak kripto sedang tren, pinjaman kripto yang diterima Genesis meledak menjadi USD 50 miliar atau setara Rp 753 triliun (asumsi kurs Rp 15.042 per dolar AS) untuk kuartal tersebut dan USD 131 miliar atau setara Rp 1.073 triliun untuk sepanjang 2021.

Pada Juni tahun lalu, tren kripto mulai mereda, dengan total nilai pasar kripto turun lebih dari setengahnya dalam hitungan minggu setelah dana lindung nilai kripto utama  seperti Genesis, Three Arrows Capital alami kebangkrutan.

Setahun yang lalu, Genesis dan sekelompok perusahaan pemberi pinjaman besar lainnya menarik jutaan pelanggan dengan janji mereka dapat menyimpan kepemilikan kripto mereka dan mendapatkan pengembalian setinggi langit. 

Namun, pengajuan kebangkrutan Genesis menjadikannya pemberi pinjaman kripto besar keempat yang gagal sejak musim semi lalu, ketika penurunan di pasar aset digital membuat harga anjlok. 

 

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menderita Akibat Ledakan FTX

Pemberi pinjaman besar lainnya yang gulung tikar termasuk Celsius Network dan Voyager Digital, yang pelanggannya kehilangan simpanan miliaran dolar.

Genesis bertahan lebih lama, tetapi menderita akibat ledakan FTX. Pada bulan November, Genesis mengatakan membekukan penarikan, mengutip “kekacauan pasar” yang disebabkan oleh kebangkrutan bisnis Mr. Bankman-Fried.

Pengajuan ke pengadilan kebangkrutan di Distrik Selatan New York mencakup tiga entitas: Genesis Global Holdco dan dua anak perusahaannya, Genesis Global Capital dan Genesis Asia Pacific.

Pada pertengahan Agustus, CEO Genesis saat itu Michael Moros mengundurkan diri karena perusahaan memberhentikan 20 persen stafnya sebagai bagian dari reorganisasi yang sebagian dimaksudkan untuk merombak praktik manajemen risikonya.

Tiga bulan kemudian, Genesis menangguhkan penebusan pinjaman dan, dengan CEO interim baru Derar Islim mengatakan permintaan penarikan yang tidak normal setelah runtuhnya FTX.

Penutupan itu memaksa pertukaran kripto Gemini untuk menangguhkan program pinjamannya sendiri, Earn, yang menjadi mitra Genesis. Sekitar 340.000 pelanggan Gemini Earn sekarang menjadi kreditor Genesis.

3 dari 4 halaman

Perusahaan Pinjaman Kripto Genesis PHK 30 Persen Karyawan

Sebelumnya, perusahaan pemberi pinjaman kripto, Genesis memotong 30 persen stafnya dalam putaran PHK terbaru, kata perusahaan Kamis, 5 Januari 2023. Putaran terakhir PHK ini terjadi dua bulan setelah perusahaan membekukan penarikan pelanggan.

Dilansir dari Yahoo Finance, Jumat (6/1/2023), genesis adalah perusahaan layanan keuangan kripto dengan bisnis perdagangan, peminjaman, pembuatan pasar, dan kustodian yang dimiliki oleh Digital Currency Group (DCG).

DCG juga memiliki Grayscale, sponsor kepercayaan bitcoin terbesar di dunia, GBTC, serta outlet media kripto, Coindesk, dan pemodal penambangan kripto, Foundry. Genesis sendiri mengalami beberapa pukulan besar selama gejolak pasar kripto sepanjang 2022.

Perusahaan mengalami kerugian USD 2,4 miliar (Rp 37,5 triliun) setelah mitra peminjam utama Three Arrows Capital gagal memenuhi margin call atas pinjamannya mulai 16 Juni;.

Three Arrows secara resmi mengajukan kebangkrutan pada 2 Juli. Kemudian, pada Agustus, perusahaan juga mengumumkan pengunduran diri CEO dan PHK 20 persen tenaga kerjanya. Baru-baru ini, Genesis menghilangkan penarikan pinjaman pelanggan pada November.

Perusahaan itu juga dikenal sebagai pemberi pinjaman yang signifikan untuk Alameda Research, bagian perdagangan dari platform kripto FTX yang bangkrut.

Sejak Genesis menghentikan penarikan, CEO perusahaan induknya DCG, Barry Silbert,,mengatakan sedang mencari dana antara USD 500 juta (Rp 7,8 triliun) dan USD 1 miliar (Rp 15,6 triliun) untuk perusahaan tersebut.

4 dari 4 halaman

Pertukaran Kripto Quidax PHK 20 Persen Karyawan

Sebelumnya, pertukaran cryptocurrency Nigeria, Quidax, dilaporkan telah memberhentikan 20 persen pegawainya, mengklaim penurunan ekonomi global menjadi penyebabnya. 

Pertukaran bersikeras PHK tidak terkait dengan gejolak yang dipicu oleh keruntuhan FTX di pasar kripto dan Quidax sendiri tidak memiliki hubungan dengan FTX. 

Sebelum penurunan ekonomi global, Quidax, yang mensponsori acara televisi realitas terbesar di Nigeria, Big Brother Naija, memiliki prospek yang lebih baik. Menurut sebuah laporan oleh Nairametrics, pertukaran kripto bahkan membuat beberapa rencana dan proyeksi pertumbuhan.

Paket Pesangon untuk Pekerja yang Diberhentikan

Namun, perlambatan ekonomi di China, Amerika Serikat, dan kawasan zona euro berarti proyeksi pertumbuhan harus direvisi ke bawah, menurut laporan pertukaran kripto. 

“Mengikuti penurunan ekonomi di seluruh dunia, kami harus membuat beberapa keputusan sulit di Quidax. Kami harus mengucapkan selamat tinggal kepada 20 persen pegawai. Kami sangat menghargai orang-orang kami dan ini bukanlah keputusan yang mudah untuk dibuat,” kata perusahaan dikutip dari Bitcoin.com, Kamis (1/12/2022).

Selain memberikan paket pesangon kepada karyawan yang terkena dampak, Quidax mengatakan akan menghubungkan mereka ke jaringan perusahaan dan pendiri dalam ruang fintech.

Sementara itu, pertukaran meyakinkan pelanggannya bahwa dana mereka tidak hanya aman tetapi juga diasuransikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.