Sukses

Brasil Siapkan Keputusan Baru untuk Klarifikasi Aturan Kripto

Kementerian Keuangan Brasil sedang siapkan keputusan untuk isi kekosongan yang tidak diselesaikan dalam Undang-Undang Kripto sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Brasil sedang bersiap untuk mengeluarkan keputusan untuk mengisi ruang kosong yang dibiarkan terbuka oleh persetujuan undang-undang cryptocurrency baru-baru ini. Dokumen tersebut, disiapkan oleh Kementerian Keuangan yang akan menetapkan area pengawasan dan tanggung jawab Bank Sentral Brazil dan regulator sekuritas nasional (CVM).

Melansir Bitcoin, ditulis Sabtu (19/2/2023), anggota pemerintah Brasil bekerja untuk memperpanjang aturan mata uang kripto yang ditetapkan oleh undang-undang mata uang kripto yang disetujui pada 21 Desember oleh Presiden Jair Bolsonaro.  

Menurut laporan dari outlet lokal, Kementerian Keuangan sedang mengerjakan sebuah keputusan untuk mengisi kekosongan yang tidak diselesaikan oleh rumusan umum undang-undang tersebut. Dokumen tersebut harus ditinjau oleh pembantu eksekutif Presiden Luis Inacio "Lula" Da Silva sebelum mendapatkan sanksi.

Dokumen tersebut disiapkan oleh Gabriel Galipolo selaku sekretaris eksekutif Kementerian Keuangan, dan oleh sekretaris reformasi ekonomi, Marcos Pinto, dengan bantuan teknisi dari Bank Sentral Brasil dan regulator sekuritas nasional. Keputusan ini akan membagi tanggung jawab pengawasan cryptocurrency antara kedua institusi ini serta memberi mereka item yang jelas dan area pasar yang harus diperhatikan.

Dokumen baru tersebut akan memberikan tugas kepada Bank Sentral Brasil untuk mengatur dan mengawasi perilaku pertukaran mata uang kripto di Brasil, menempatkan fokus khusus pada pemeriksaan yang mereka lakukan karena kepatuhan terhadap aturan yang dijelaskan dalam undang-undang. Penyedia layanan aset virtual (VASP) akan menerima peraturan yang serupa dengan yang dimiliki bank saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Baru

Sementara itu, definisi baru akan menempatkan regulator sekuritas Brasil di atas sekuritas yang dipatok, menganalisis apakah setiap aset yang dipatok merupakan sekuritas. Organisasi akan membentuk divisi baru yang didedikasikan untuk tugas ini, pengawasan aset digital.

Langkah ini konsisten dengan pernyataan Expedito Netto, mantan pelapor hukum, mengenai masa depan undang-undang tersebut dan revisi yang diumumkan oleh pemerintah Luis Inacio “Lula” Da Silva alias Presiden Brasil saat ini, pada Januari.

Masalah segregasi aset akan menjadi topik penting lain yang akan coba dimasukkan pemerintah ke dalam ketetapan ini. Subjek, yang menyiratkan bahwa bursa harus memisahkan asetnya dari aset milik penggunanya, diusulkan saat RUU tersebut masih dalam pembahasan. Namun, itu gagal menjadi bagian dari dokumen hukum final karena perbedaan pendapat di Kongres.

3 dari 5 halaman

Sempat Melambung ke Harga Tertinggi 6 Bulan, Bitcoin Gagal Reli Lagi

Sebelumnya, pasar kripto masih dalam tingkat volatilitas yang tinggi dalam beberapa hari terakhir. Ini terlihat dari harga Bitcoin yang seketika mampu naik hampir 10 persen pada 15 Februari dan 2 persen lainnya pada 16 Februari, dengan altcoin mengikuti.

Namun, seketika market kripto berbalik arah. Bitcoin dan altcoin lainnya kembali mengalami penurunan pada Kamis (16/2/2023) malam. 

Bitcoin yang sempat berhasil tembus harga tertinggi dalam 6 bulan terakhir yakni, USD 25.000 atau setara Rp 379,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.191 per dolar AS), harus mengakui sentimen bearish lebih besar sehingga menekan harga kembali untuk koreksi.

Tim riset Tokocrypto, dalam analisis hariannya mengatakan, momentum kenaikan harga Bitcoin datang berkat data ekonomi makro yang menguntungkan dan beberapa pergerakan whale yang mencolok untuk akumulasi. 

“Sentimen utama kenaikan harga BTC ada pada data penjualan ritel Amerika Serikat (AS) yang meningkat 3 persen di Januari 2023, menjadi USD 697 miliar,” kata tim riset dikutip Jumat (17/2/2023). 

Angka tersebut lebih tinggi dari estimasi analis sebesar 2 persen. Meningkatnya data penjualan ritel menunjukkan adanya permintaan yang sehat untuk penjualan dan pembelian barang dan jasa. 

“Ini Menunjukan ekonomi AS yang mulai pulih dan bisa menjadi indikator kebijakan The Fed mendatang untuk lebih tenang,” jelas mereka.

Kesenangan investor kripto harus terhenti, ketika data producer price index (PPI) AS Januari rilis pada Kamis. Baik saham dan kripto langsung tergelincir merespons lonjakan tak terduga pada PPI Januari sebesar 0,7 persen (MoM). Sementara ekonom yang disurvei oleh Dow Jones memperkirakan kenaikan 0,4 persen. 

4 dari 5 halaman

Investor Realisasikan Keuntungan

Meroketnya data PPI tersebut menunjukkan kebijakan moneter The Fed belum berhasil menjinakkan kenaikan harga, sehingga dikhawatirkan belum membuat mereka berpikir untuk menurunkan suku bunga AS. 

Di samping itu, telah banyak investor yang terburu-buru untuk melakukan taking profit atas kenaikan harga yang signifikan pada pekan ini.

Meski begitu, secara keseluruhan kondisi pasar kripto saat ini masih mendapat respon positif investor, terlihat dari BItcoin Fear and Greed Index yang tetap berada di kategori Greed, namun levelnya sedikit menurun dari 62 ke 61 pada Kamis pagi. Ini menunjukan bahwa kepercayaan diri pelaku pasar kripto meningkat terhadap kondisi pasar saat ini.

5 dari 5 halaman

Peras Penambang Kripto, Dua Pria di Rusia Terancam Penjara 15 Tahun

Sebelumnya, Pengadilan Kirovsky di Rusia akan segera mengadili dua pria atas serangan mereka terhadap penduduk lain di kota Siberia yang mencari nafkah dengan menambang cryptocurrency. 

Dilansir dari Bitcoin.com, Jumat (17/2/2023), mereka memeras koin korban senilai lebih dari USD 4,8 juta atau setara Rp 72,7 miliar (asumsi kurs Rp 15.165 per dolar AS). Kejahatan tersebut terjadi pada Oktober 2021. 

Pelaku menyerang penambang cryptocurrency tersebut saat hendak meninggalkan rumahnya. Salah satu dari mereka mengancamnya dengan benda yang menyerupai pistol dan membawanya kembali ke dalam apartemennya.

Kemudian, komplotannya masuk dan keduanya memaksa korban untuk masuk ke akunnya di bursa kripto dan mentransfer 86 BTC dari dompet yang berisi 90 BTC. Tidak jelas mengapa mereka memutuskan untuk tidak menarik seluruh saldo.

Penegak hukum Rusia berhasil melacak dan menahan salah satu tersangka di St. Petersburg. Dia sejak itu mengaku bersalah dan mengembalikan Bitcoin yang diambil menggunakan fiat atau mata uang asli. 

Kantor kejaksaan daerah telah mendakwa para penyerang dengan "perampokan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam skala besar" di bawah KUHP Federasi Rusia. Mereka menghadapi hukuman 15 tahun penjara.

Serangan terhadap orang yang memiliki dan mendapatkan mata uang kripto telah meningkat di Rusia. Pada Juli 2021, perampok bersenjata menjarah sebuah ladang pertambangan besar di dekat Moskow, mencuri lusinan kartu video yang digunakan untuk mencetak mata uang digital. Kemudian tahun lalu, USD 1 juta tether diambil dari seorang pedagang kripto di ibu kota Rusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.